Penyebab dan Cara Mengecek Busi Mobil Hidup atau Mati

Cara Mengecek Busi Mobil Hidup atau Mati - Keberadaan mobil tentu membantu mobilitas sehai-hari, tak pedulu cuaca panas ataupun hujan bahkan mampu menerjang banjur sekalipun. Dapat dikatakan kendaraan roda empat ini sebagai rumah kedua, tak heran beberapa driver berlomba-lomba memodifikasinya supaya nyaman saat dikendarai terutama saat menempuh jarak ratusan kilometer.

Untuk menjaga agar senantiasai siap dipakai kapan pun penting untuk melakukan service serata teratur, terlebih jika mobil lawas 90.an yang butuh perawatan ekstra. Atau setidaknya menyematkan waktu untuk mengecek volume oli dan air radiator agar tidak mengalami overheat saat mesin dalam kondisi panas.

Pegecekan kondisi busi juga tak kalah penting, ya meski ukuranya cukup kecil sebesar ibu jari keberadaanya sangat vital sebagai penyalur ada listrik ke komponen mesin. Umunya terdapat 4 busi pada mesin, namun ada yang tiga bahkan lebih mengikuti kapasitas mesin. Jika salah satu rusak atau mati mesin tidak mampu bekerja secara normal sehingga mobil berjalan seperti pincang sebelah.

Cara Mengecek Busi Mobil Hidup atau mati

Keberadaan busi cukup berpengaruh pada nyala tidaknya mesin mobil. Untuk mengetahui normaltidaknya kondsi busi dapat dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut 


 

  • Buka kap atau jok mobil, tergantung letak mesin di depan atau belakang.
  • Nyalakan mesin dan stel gas untuk menaikan rpm.
  • Perhatikan saat busi dicabut, bila masih normal ditandai dengan rmp mesin dapat berubah. Sedangkan dalam kondisi mati tidak berefek, rpm tidak berubah. Jika perubahan mungkin hanya sedikit.
  • Bandingkan busi yang sudah dicabut dengan busi lainya untuk mengetes kenormalanya.
  • Bila busi terindik mati, agan dapat membersihkanya terlebih dahulu atau menggantinya. Untuk jangka pemakaian lebih lama sebaiknya ganti dengan yang baru sesui standarnya.
  • Bila sudah diganti namun mesin masih terindikasi mati, sebaiknya cek kondisi kabel busi biasanya ada berapa kabel yang putus. Jika masalah bersumber dari kabel bau tidak mau anda mengganti dengan kabel baru. 
Yang perlu diwaspadai saat melakukan pengecekan busi adalah anda harus berhati-hati saat pencabutan kabel busi. Karena teganggan listrik yang dihasilkan lumayan besar, cukup membuat anda kaget saat mengenainya. Maka dari itu bagi pemula sangat disarankan pakai sarung tangan berbahan plastik yang tidak bisa menghantarkan listrik ke kulit. Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Ciri-Ciri Busi mobil Akan Mati dan Cara Memperbaikinya.

Sebetulnya untuk mengenali busi akan rusak atau mati ada beberapa ciri khusus yang dapat diihat dengan mudah. Adapun tanda-tandanya akannkami jelaskan sebagai berikut.
  • Berwarna merah kemerahan atau kekuning-kuningan, ini menandakan mesin mengalami hawa paas berlebih. Masalah ini bisa timpbul bila sistem pendingin mengalami keruskan.
  • Berwarna kecoklatan yang menandakan busi mendekati masa pensiunya, sehingga sudah saatnya untuk diganti.
  • Timbulnya kerak atau gosong pada ujung busi menandakan terjadi masalah pada sistem pengaturan bahan bakar. Untuk mengeceknya kembali cek perantarai listrik dengan memberi aliran bensin.
  •  Adanya kerak di kepala busi, ciri ini menunjukan settingan bahan bakar yang buruk yang berakibat kebocoran pada bagian sill klep. Alhasil saat mesin berputar oli akan keluar dan mengenai ujung busi.
  • Busi yang meleleh menandakan kondisi elektroda yang melelehatau gosong akibat kebocoran mesin atau permasalahan pada kompresi yang mana oli turut terbakar saat mesin berputar. 
  • Busi basah berasal dari sisa pelumas yang  menempel pada kepala busi dan elektroda. Oleh karena itu periksa ritme atau timing pengapianya. Selain itu perbaiki juga konsumsi bahan bakarnya. Untuk menjaga busi tetap bersih nan awet sebaiknya beralih ke pertamaxdimana pembakaranya lebih sempurna.
3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati


Sudah ganti baru tapi busi cepat mati ? Kondisi ini bisa menandakan terjadi masalah pada komponen mesin. Sebelum mengganti busi kembali sebaiknya cari tahu apa penyebab busi gampang mati. Untuk mengetahuinya simak penjelasan dibawah ini.


Terjadi konslet dijalur pengapian

Penyebab umum penyebab busi mobil adalah terjadinya koslet pada jalur pengapian. misal contohkondisi karet pelindung busi yang kuarnya sobek dan bocor menyebabkan aliran listrik yang seharusnya masuk ke busi menjadi lansung menusi ke bodi mesin.
 

Beberapa jalur pegapian yang mengalami koslet berdampak langsung dengan kinerja busi yang membuat busi cepat mati. Oleh karena itu sebelum diganti baru periksa seluruh jalur pengapian.

Masuknya oli ke ruang mesin.

Bila masuk ke ruang mesin oli akan menghalangi busi untuk memercikkan api secara sempurna. Kondisi ini membuat aliran listri daru busi terganggu bahkan dalam jangka panjang merusak komponen lain seperti power transistornya atau pada koil.

Oli dapat masuk ke dalam mesin melalui celah dinding silinder yang sudah aus, sehingga ring oli tidak mampu mencegah oli merembes ke dalam ruang mesin. Dinding silinder yang aus ditandai dengan keluarnya asapputih kebiru biruan dari knalpot dan tercium seperti oli terbakar.

Terlalu banyak bensin pada raung mesin

Banyaknya jumlah bensin yang masuk ke ruang mesin membuat permukaan busiselalu basah sehingga akan sulit memercikkan api.

Ini sering ditemukan pada mobil yang masih pakai sistem karburator. namun tidak emnutup kemungkinan terjadi sistem EFI pada kedaraan terbaru. Bila injektor sudah kotor bensin yang disemprotkan tidak lagi keluar berbentuk kabut spray.

Oke itu tadi sedikit penjelasan penyebab dan cara mengecek busi mobil hidup atau mati. Jika terdeteksi sejak dini tentu semakin aman dan nyamandalam berkedaraa tanpa rasa was-was mengalami mogok.Semoga cukup membantu dan terimakasih sudah mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas