Perbedaan Cat Hitam Solid vs Hitam Metalik, Kinclong Mana ??


Perbedaan cat hitam solid vs hitam metalik, kinclong mana - Hallo dulur.. Dalam dunia body repair tentu tak luput yang namanya cat, dimana berfungsi sebagai pelapis untuk menambah nilai estetika sekaligus sebagai anti karat sebuah benda yang memiliki beragam warna. Dari yang gelap hingga warna-warna terang layaknya candy tone, bungklon atau yang lebih mewah seperti putih mutiara pear white.

Bila berfikir lebih jauh cat memiliki kareakter yang berbeda atau tidak dapat di sama ratakan terutama saat proses pelarutan dengan tinner atau saat diaplikasikan. Meski banyak pilihan sebetulnya dibagi 3 tipe yakni solid, metalik atau pear white, untuk ke 3 nya memiliki plus minus yang saling melengkapi baik segi harga atau kecantikan warna yang dipancarkan. 


Beberapa warna favorid yang sampai banyak banyak diminati adalah warna hitam. Bila dibandingan dengan yang lain cat hitam lebih mudah perawatanya bila dibandingan dengan warna putih yang rentan kuning. Bila kita perhatikan mobil warna hitam tingkat glossy yang diancarkan lebih kuat layaknya kaca, sehingga menambah kesan mewah. Mobil dinasnya pak jokowi aja warna merah...

Perbedaan cat hitam solid vs hitam metalik

Sepintas jika agan perhatikan tidak ada perbedaan cat cukup mencolok ya masbro. Hanya saja hitam metalik memiliki gritir atau butiran halus beraneka warna yang menyatu dengan cat. Griter semakin jelas terlihat bila terpapar panas matahari atau terkena sorot lampu diwaktu malam. 

Baca juga Cara Mempoles mobil Dirumah Dengan Tangan Atau Mesin

Ya.. Warna hitam metalik lebih cenderung mengkilap ditambah taburan griter mempercantik serta menambah kesan mewah tampilanya. Ini bisa kita jumpai pada mobil kelas medium seperti toyota fortuner, pajero sport, Avanza, Inova, Suzuki Ertiga,dan lainya.

Sedangkan cat hitam solid lebih cenderung polos tanda ada butiran griter. Bisa dikatakan hitam solid merupakan warna lama yang sampaki sekaran masih dipertahankan pada pabrikan. Seperti pada mobil kelas premium Agya, Brio, Calya, Sigya, Grand Max, atau Datsun Go.

Bila dibandingan cat hitam solid lebih mudah diaplikaskan meski masih pemula tanpa resiko warnanya akan terbalik.

Dari segi harga pun cenderunglebih murah. Untuk 1 kg hanya 60-130rb jenis NC, sedangkan untuk PU/bakar 200-300rb bahkan lebih pada merk tertentu.

Cara Mengecat Warna Metalik


Nah bila saat ini agan pengen ganti warna hitam metalik sebetulnya tidak begitu rumit ya proses repairnya. Hanya membtuhkan cat dasar hitam doff keseluruh body mobil, setelah mengering 30-40 menit bisa diamplas dengan ukuran 1500 hingga mendapatkan permukaan yang halus. 

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Untuk mixing cat inti/akhir gunakan thinner super sebagai pelarutnya, untuk hasil maksimal agan bisa mencampurkan sedikit thiner PU.

Saat disemprotkan atur ridme ayunan spraygun mulai dari atas kebawah secara tipis namun merata. Tips ini dipakai untuk menghindari cat terbalik, serta dilakukan saat cuaca lagi panas.
 


Meski dilakukan diluar ruangan bila memakai cat oven/PU dan didukung dengan penggunakan clear Coat berkualitas hasil yang kita dapat pun tak kalah dengan pekerjaan bengkel resmi sekelas Nasmoco.

Cara merawat cat mobil warna hitam agar senantiasa kinclong


Untuk menjaga senantiasa kinclong memberi sentuhan penting dilakukan. Secara cat hitam membuat partikel debu rentan menempel bila dibanding dengan warna lain. Proses poles bisa dilakukan bila sudah buram dan banyak jamur atau bercak air yang menutupi permukaan cat. Agar tidak merusak struktur lapisan cat pakailah obat poles berkualitas. Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah

Saat musim hujan saat ini menjaga kebersihanya juga penting dilakukan, pasalnya warnanya yang gelap bila timbul water spot yang mengering akan jelas terlihat terutama pada sisi kap mesin. Jadi untuk menghindarinya segera keringkan setelah kehujanan atau saat dicuci.

Demikanlah ulasan terkait perbedaan cat hitam solid vs hitam metalik semoga setelah membaca artikel dapat membantu anda menentukan mana yang lebih bagus, terima kasih sudah berkunjung dan jangan takut mencoba hal baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas