5 Cara Ampuh Menghilangkan Cipratan Aspal Yang Menempel Pada Bodi Mobil


Cara menghilangkan cipratan aspal pada body mobil - Noda aspal merupakan salah satu noda yang banyak dikeluhkan terutama pada mobil warna putih. Bukannya tanpa alasan noda aspla yang menempel pada bodi mobil pastinya akan menggurangi kebersihan dari mobil tersebut.


Cipratan aspal ini sering terjadi pada saat musim hujan, karena saat hujan aspal akan ikut terkikis. Selain itu bekas aspal juga dapat terjadi ketika kita melewati jalan yang baru diaspal(belum kering). Biasanya noda aspal berberbentuk bintik-bintik hitam yang sering menempel pada bagian sisi bawah mobil seperti bagain reisplang dan dumper. Namun tidak menutup kemungkinan cipratan aspal juga bisa menempel pada bagian lainya.

Sekilas noda aspal akan tersamarkan oleh kotoran dan debu, namun ketika mobil dicuci noda aspal tersebut akan semakin terlihat. Dan perlu anda ketahui bekas aspal tidak bisa hilang atau laru dengan air cucian maupun dengan air sabun.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat dan Kerak Pada Velg Mobil

Namun jangan khawatir, noda aspal masih bisa kita hilangkan sendiri tanpa harus membayar jasa salaon atau bengkel. Setidaknya ada 5 cara menghilangkan aspal pada bodi mobil dan cara ini sangatlah sederhana atau simpel tanpa harus membeli cairan khusus penghilang aspal.

1. Menggunakan Kompon

Selain fungsi utamanya untuk mengkilapkan dan mempoles bodi mobil, kompon putih juga ampuh kita gunakan untuk menghilangkan aspal yang menempel pada mobil. Berikut adalah cara menghilangkan bekas aspal pada bodi mobil menggunakan kompon :
  • Pertama oleskan kompon secara merata pada permukaan aspal, tunggu beberapa saat agar kompon beraksi.
  • Kemudian gosok menggunakan kain yang bersih dan halus. Agar noda aspakl cepat menghilang, gosok dengan memberi tekanan dan ganti lap yang baru jika lap yang kita gunakan sudah kotor.
  • Jika diperlukan ulangi ke 2 tahap diatas hingga cipratan aspal menghilang.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan obat pengkilap untuk menghiangkan sisa kompon yang masih menempel pada permukaan cat.
2. Menggunakan Bensin

Cara yang ke 2 adalah dengan menggunakan bensin, cara ini tergolong lebih cepat karena noda aspal akan cepat larut bila terkena bensin ketimbang menggunakan kompon. Berikut adalah cara menghilangkan aspal menggunakan bensin.
  • Siapkan bensin secukupnya, kemudian oleskan bensin menggunakan kain dan tunggu beberapa saat agar noda aspal melarut.
  • Tahap ke dua adalah gosok menggunakan kain yang bersih dan halus hingga bekas aspal menghilang.
  • Jika noda aspal masih membandel anda bisa mengoleskan bensin kembali.
  • Dan tahap terakhir adalah mengoleskan obat pengkilap untuk menghilangkan bekas bensin yang masih menempel pada permukaan cat.
  • Karena bensin bersifat cepat menguap oleskan kembali bensin jika sudah kering,
3. Menggunakan Solar

Ya selain fungsi utamanya sebagai bahan bakar diesel, solar juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas aspal yang menganggu penampilan mobil kita. Berikut adalah cara menghilangkan cipratan aspal pada body mobil :
  • Agar noda aspal cepat menghilang anda harus membersihkan permukaan cat dari kotoran dan debu terutama pada bagian bodi yang terkena aspal.
  • Oleskan solar secukpnya dan tunggu beberapa saat agar solar meresap pada aspal.
  • Kemdian hilangkan noda aspal dengan cara menggosknya menggunakan kain yang bersih dan halus. Gosol dengan memberikan tekanan agar noda aspal cepat menghilang.
  • Dan langkah terakhir adalah dengan mengoleskan kit obat pengkilap
4. Menggunakan Minyak Tanah 

Cara menghilangkan bekas aspal pada body mobil yang ke 4 adalah dengan menggunakan minyak tanah. Berikut adalah cara menghilangkan bekas aspal menggunakan minyak tanah :
  • Oleskan minyak tanah secara merata pada permukaan aspal yang menempel, tunggu beberapa saat.
  • Setalah aspal mulai melarut gosok menggunakan kain yang bersih dan halus. Ulangi tahap ini beberapa kali hingga noda aspal yang menempel hilang.
  • Jika masih sulit untuk dihilangkan anda bisa mengoleskan minayk tanah kembali.
  • Terakhir oleskan obat pengkilap.
5. Menggunakan Minyak Kayu Putih 

Selain dengan menggunakan ke 4 cara diatas anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai penghilang noda aspal. Berikut adalah cara menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan bekas aspal.
  • Oleskan minyak kayu putih secukupnya dan tunggu beberpa saat agar minyak kayu putih beraksi.
  • Kemdian gosok menggunakan lap yang bersih dan halus. Lakukan tahap ini berulang kali hingga noda aspal yang menempel pada bodi mobil menghilang.
  • Untuk tahap terakhir oleskan obat pengkilap untuk menghilangkan sisa-sisa aspal dan minyak kayu putih yang masih menempel. Selain itu obat pengkilap juga akan mengkilapkan permukaan cat kembali.
Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Bagaimana ? Cukup mudah dan praktis bukan tips diatas, dan pastinya ke 5 cara diatas aman kita gunakan karena tidak merusak lapisan cat mobil anda. Selain itu, kelima tips diatas juga bisa kita gunakan untuk mrnghilangkan noda aspal yang menempel pada velg mobil anda.

Demikain tips tentang cara menghilangkan cipratan aspal pada body mobil yang cukup menganggu. Alangkah baiknya agar mobil tidak terkena noda aspal hindari melewati jalanan yang baru selesai di aspal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel