Penyebab dan Cara Menghilangkan Cat Yang Keriting

Penyebab dan cara menghilangkan cat yang keriting - Hallo dulur... Bagi yang sudah berpengalaman tentu akan terasa mudah saat melakukan pengecatan ulang baik pada mobil dan motor keduanya sama. Namun mesku duah memiliki jam tinggi terkadang menemukan masalah yang tiba-tiba muncul, salah satu kendala yang kerap muncul adalah cat lama beraksi dan menjadi keriput.

Kejadian semacam ini tentu sangatlah menjengkelkan, jika dibiarkan begitu saja tanpa diatasi terlebih dahulu, retakan cat retak seribu dan keriting akan semakin parah. Tentu ini akan mengurangi nilai sebuah estetika dari pengecatan terutama pada mobil pribadi yang dituntut hasil sempurna. 

Sebetulnya cat yang bisa kering ini tidak disebabkan pengunnan bahan ya, baik pada pemakaian thinner atau jenis cat yang dipakai. Cat mengkerut ini kerap kali muncul saat objek sudah pernah dicat ulang dengan kualitas burut, sehingga saat kita timpa cat baru sangat rawan beraksi jika tidak hati-hati.

Untuk mengetahui apakah sudah pernah dicat ulang atau tidak kita bisa mengetahuinya dengan ciri-ciri warnanya yang cenderung kusam/pucat dan hasil semprotanya lebih kasar meski dan perhatikan pada sisi samping. Bila pernah dicat ulang akan timbul bintik-bintik kecil meski hanya beberapa diatas permukaan clear coat.

Jika sudah pernah dicat ulang alangkah baiknya anda melapisinya dengan epoxy primer terlebih dahulu, sehingga cat lama tidak akan beraksi bila kita timpa kembali.

Cara menghilangkan dan mengatasi cat mobil yang keriting 

Sebetulnya sangat mudah iya untuk menghilangkan cat yang keriting, yakni kita perlu menunggunya hingga kering keras dan bisa diamplas dengan ukuran 400 bekas atau 1500 hingga permukaaanya halus saat diraba tangan. Jika ada permukaan yang rusak gunakan dempul odol atau spot putty untuk meratakanya.

Jika sudah kita bisa menimpanya kembali, namun dengan takaran cat dan thinner dibuat sedikit kental. Trik ini bertujuan agar cat cepat nutup, biar tidak kembali mengkerut jeda pengecatan perlu diperhatikan.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Agar keriting tidak muncul kembali semprotkan cat secara tipis terlebih dahulu kemudian tunggu hingga kering untuk menimpanya kembali. Ulangi langkah ini hingga bekas keriting hilang dan permukaanya terlihat halus.

Jika masih keriting tunggu cat kering dan amplas kemudian cat kembali, begitu seterusnya hingga keriput pada cat hilang. Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Kesimpulan

Jadi kunci keberhasilan mengatasi cat yang keriputadalah kesabaran saat proses mengecat. Memang semua proses ngecat jika dilakukan langsung tebal ada dua masalah yang kerap muncul yakni timbul cat keriting dan meleleh. Teknik ini berlakuk baik pakai cat pylox maupun kompresor.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Idealnya proses pengecatan memanga dilakukan secara tipis-tipis dengan jarak spray gun antara 15cm, dan memberi jeda setidaknya 5 menit. Jika menggunakan jenis cat pu bisa lebih cepat karena cepat menguap meski tanpa mesin oven sekalipun.

Agar cepat mengering sebaiknya gunakan jenis thinner super dan tinner PU untuk campuran clear coatnya.

Demikianlah penjelasan langsung dari kami penyebab dan cara menghilangkan cat yang keriting pada mobil dan motor. Kuncinya hanyaa satu yakni kesabaraan dan teknik pengecatan steep by steep perlu dilakukan dengan baik, pekerjaan bila dilakukan secara tergesa-gesa tentu hasilnya akan kurang baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas