Perbedaan Wax, Nano Coating dan Ceramic Coating

Perbedaan wax nano coating dan ceramic coating - Hallo dulur ... Untuk menjaga kilau dari cat mobil atau motor bukanlah perkara mudah terutama jika pernah dicat ulang. Cat bawaan pabrik saja tidak sampai dua tahun warnanya semakin kusam dan kehilangan efek glossy jika minim perawatan terutama pada warna hitam dan putih yang rentan menguning jika sekedar dicuci saja saat kotor.

Banyak faktor yang jadi penyebab mengapa cat mobil cepat kusam bahkan cepat pudar pada beberapa sisi. Jika sudah pernah dicat ulang bila memakai bahan kurang berkualitas tentu efek glossy tidak bertahan lama, bahkan tidak sampai satu tahun sudah terlihat pucat. Selebihnya akibat tumpukan jamur bercak air yang menebal dan menutupi lapisan teratas clear coat.

Sebetulnya ada beberapa treedment yang bisa kita lakukan agar mobil senantiasa kinclong meski selalu terpapar panas matahari sekalipun. Kita bisa melakukan beberapa perawatan yakni dengan melakukan proses waxing atau yang lebih populer saat ini nano ceramic coating dimana mampu memberi efek glossy yang mampu bertahan meski sudah dicuci dengan air sabun sekalipun.

Perbedaan wax, nano coating dan ceramic coating untuk perawatan mobil dan motor

Mungkin kita tidak asing lagi dari ketiga treedment perawatan mobil tadi, dimana saat ini banyak berterbaran jasa coating mobil yang kualitasnya lebih baik dibandingan proses poles dengan kompon putih. Perawatan dengan cara dipoles hanya bersifat sesaat dan bila ditumbuhi jamur akan kembali kusam, jadi dibutuhkan lapisan khusus untuk mempertahankan/melindungi agar mengkilap lebih lama.

Wax atau Waxing merupakan jenis perawatan mobil dimana memberi lapisan permukaan clear coat setelah dilakukan proses pemolesan.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Waxing hanya bersifat memberi lapisan pada cat sehingga mampu memberi efek glossy dan terlihat kilap basah setelah dipoles. Hanya saja ketahanya tidak akan lama dan rentan hilang saat terkena air sabun. Jadi agar tetap awet wax dapat diaplikasikan 2 kali dalam sebulan saat habis dicuci.

Nano Coating memberi proteksi lebih ke permukaan clear coat karena melapisi hingga ke partikel berukuran nano.

Dengan memberi lapisan nano coating efek glossy pada cat bertahan lebih lama dan tidak akan hilang meski dicuci berulang dengan air sabun dan memberi efek layaknya daun talas sehingga air akan langsung jatuh kebawah tanpa meninggalkan bekas yang menjadi penyebab timbulnya jamur.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Namun penggunaan nano caoting ini sebetulnya sangat bahaya untuk lingkungan dan manusia. Kandungan kimia berukuran nano bisa jadi racun yang berbahaya apabila masuk kedalam tubuh terutama bagi yang mengaplikasikanya itu sendiri.

Jadi sebaiknya saat melakukan proses nano coating lakukan ditempat tertutup dan lindungi diri kita dengan memakai masker khusus zat kimia dan sarung tangan khusus saat mengaplikasikanya.

Sementara Ceramic Coating memberi perlindungan yang lebih sempurna dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan dengan kandungan keramik khusus. Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Perawatan Ceramic caoting memberi proteksi yang paling baik ketimbang dua perawatan tadi dengan efek glossy mampu bertahan 2 sampai 5 tahunan. Namun jenis ini butuh perawatan khusus dengan biaya yang tidaklah murah.

Nah, itulah berbedaan wax, nano coating dan ceramic coating buat perawatan mobil dan motor anda. Dengan membaca sedikit ulasan tadi tentu anda sudah tahu jenis merawatan mana yang cocok buat kendaraan anda. Sekian dan terimakasih kunjungnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas