Cara Ajaib Mengembalikan Elastisitas Karet Wiper

Cara mengembalikan elastisitas karet wiper - Tak sedikit pengendara yang mengabaikan keberadaan wiper mobil. Padahal memiliki peran penting yakni untuk menyingkirkan air hujan mapun debu atau kotoran yang menghalangi pandangan pada permukaan kaca, baik depan maupun belakang. Tentu dimusim hujan seperti kita bergantung akan sikat kaca ini.

Selain faktor usia penyebab karet wiper cepat mengeras justru diakibatkan oleh si pengendara ini sendiri. Dimana saat musim kemarau yang sengaja menjemur kendaraan yang berhadapan langsung dengan panas matahari tentu kaca mobil akan terasa panas. Pada saat itulah proses pengerasan wiper terjadi, seperti yang kita tahu karet bila dijemur terus menerus sifat elastisitas nya akan menghilang.

Baca juga Dampak Buruk Menggunakan Odol Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil 

Kondisi wiper yang rusak bila dipakasikan/digunakan jusru membuat kerusakan pada kaca, diaman muncul baret-baret halus diaman cukup menggangu pemandangan saat mengenai sorotan matahari atau cahaya lampu dari mobil lainya. 

Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ?? 

Karet wiper yang surak ditandai dengan warnanya yang telah usang dan sedikit mengkilap, bahkan bila ditekan terasa keras atau tidak lentur. Sebaiknya jika kondisinya sudah seperti ini anda perlu menggantinya. Atau dalam kondisi mendesak anda bisa mengembalikan kelenturan karet wiper, namun bersifat sementara. 

 

Cara Mengembalikan Elastisitas Karet Wiper yang Keras

Kerasnya karet wiper disebabkan diaman jamur serta kerak yang tumbuh subur pada wiper, jadi agar kembalikanya anda perlu memberkan/menghilangkan kotoran yang menepel secara menyeluruh.

Untuk menghilangkanya anda cukup pakai bantu kunci/kontak mobil itu sendiri. Caranya cukup simpel ya guys, tinggal kita kerok pakai kunci mobil dengan gerakan searah. Dari atas ke bawah atau sebaliknya dari bawah ketas, bila dilakukan dengan asal justru memper parah masalah anda.

Ulangi tahap ini berulang kali hingga ke elastisitas karet kembali. Selain pakai kontak agan juga bisa mengamplasnya pakai ukuran 240 secara berulang.  Yang perlu saya garis bawahi disini adalah jangan gunakan detergen untuk mencucinya, penggunaan sabun justru membuat karet jadi getas.

Cara Melembutkan Karet Wiper yang Keras Dengan Air Cuka

Cuka putih merupakan salah satu bumbu dapur dipakai untuk memberi rasa asam pada makanan, biasanya cuka banyak kita jumpai di warung baso atau mie ayam. Selain menambah raa sedap masakan cuku memiliki sejuta manfaat yang beranekaragam khsuusnya untuk kesehatan. Selebihnya bisa kita manfaatkan buat melembutkan wiper yang kaku. Penasaran bagaimana caranya ? Simak penjelasanya dibawah ini.

Baca juga Cara Mempoles mobil Dirumah Dengan Tangan Atau Mesin 

Caranya rendam wiper dengan air cuka(tidak perlu dicampur air) tunggu beberapa saat agar bereaksi. Selanjutny bisa kita gosok berulang dengan spons pencuci piring dengan gerakan searah, jika masih keras tidak ada salahnya untuk merendam kembali.

Cara diatas hanya bersifat sementara lo masbro, sebaiknya agar Sapuan wiper bersih seketika anda dapat menggantinya dengan yang baru. Toh pihak nasmoco sudah menyarankan bila sudah berusia 3 tahun lebih karet wiper perlu diremejakan.

Demikain pembahasan kali seputar cara mengembalikan elastisitas karet wiper yang keras. Semoga artikel tadi dapat membantu anda khususnya saat musim hujan seperti saat ini. Tetap safety saat berkendara dan patuhi rambu lalulintas dan terimakasih atas kunjungannya.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas