Tips Aman Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Tanpa Ke Bengkel


Seiring berkembangnya kemajuan otomotif saat ini banyak yang beralih memakai ban tubeless lantaran lebih awet serta mempermudah motor bermanufer dijalan. Kelebihan lain adalah ban tidak mudah kempes meskipun terkena paku, ranjau atau benda tajam lainya jadi membuat semakin nyaman berkendara tanpa rasa takut akan kempes ditengah jalan.


Meskipun awet dan tahan lama tak sedikit orang yang tahu bagaimana cara merawatnya agar ban terhindar dari bocor halus. Salah satu karyawan tempat pengisian angin nitrogen menyatakan ". Biar lebih awet perawatan ringan layaknya membersihkan krikil yang menempel pada alur ban selalu menjaga tekanan ban."

Anda bisa melakukan perawatan seperti melakukan pengecekan tekanan angin setiap motor akan digunakan serta gunakanlah angin nitogen. Mengapa harus angin nitrogen ?? Berbeda dengan angin kompresor yang terdapat kandungan air yang dapat mengendap didalam ban angin nitrogen ini sudah disaring sehingga udara yang masuk tanpa uap air.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor 

Angin nitrogen ini lebih dingin yang membuat suhu didalam ban tetap setabil meskipun motor menempuh jarak yang jauh dengan suhu aspal yang panas. Tak hanya itu angin nitrogen juga lebih awet sehingga anda tak perlu bolak balik sekedar memompa ban. " Tutur seorang karyawan pengisian nitrogen.

Namun anda tak perlu cemas dengan momok ban kempes/bocor ditengah jalan, dengan kemajuan teknologi dunia otomotif saat ini telah ditemukan cairan tubeless anti bocor yang tak perlu membongakar atau membakar ban dengan merekatkan karet penambal atau dengan menusukkan paku untuk menutup lubang bocor tersebut.

 Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel


Sejak maraknya penggunaan ban jenis tubless cairan anti bocor ini memang menjadi andalan para baiker bagaimana tidak jika ban tertancap pakau atau cairan ini dengan cepat langsung menutup lubang paku tersebut alhasil angin pun tidak berkurang tanpa harus perlu mendorong motor sampai ke tukang tambal ban terdekat.

Memang cairan anti bocor ini sangat ampuh untuk mengatasi ban tubeless bocor halus, namun agar dapat sempurna menutup lubang bocor pilihlah cairan yangmemiliki kadar air yang sudah disesuaikan kandungan lem serta karetnya. Sehingga dapat dengan cepat menambal kembali ban yang telah bocor.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen 

Jika dipikir dengan logika memanglah aneh cairan kok bisa menambal ban bocor. Namun rasa penasaran tersebut terbayar setelah saya mencobanya sendiri bahwa cairan tersebut memang terbukti dapat menambal ban yang bocor secara langsung yang menambah rasa aman saat pergi dimalam hari.

Jika ingin mencobanya juga anda cukup membeli satu botol cairan anti bocor seharga 30rb untuk cara memakainyapun tergolong sangat mudah bisa dilakukan sendiri dengan cacatan dirumah memiliki alat pompa angin sendiri.

Pertama-tama sebelum digunakan buang semua angin didalam ban dengan cara membuka pentilnya. Kocok cairanya, potong ujung botol dan pasang selang kecil kemudian masukkan ke dalam ban melalui lubang penting.

Setelah semua cairan masuk ke dalam pasang kembali pentil dan tinggal melakukan pengisian angin. yang saya tikankan disini adalah pasang kembali penutup pentilnya. Sepele sih namun penggunaan tutup pentil dapat menjaga angin pada ban tidak merembes keluar dan dapat terhindar dari operasi zebra. Sebaiknya gunakanlah tutup pentil yang didalamnya ada karet yang dapat meredam jika angin akan keluar.

Kesumpulan dari artikel ini adalah untuk cara mengatsi ban tubeless bocor halus adalah dengan menggunakan cairan anti bocor seharga 30rb. Dan satu hal lagi cairan ini dapat bertahan sampai masa pakai ban jadi sangat hemat dan menguntungkan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel