4 Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubless Sering Kurang Angin


Ban tubless mobil  sering kurang angin - Selain fungsinya sebagai sistem pengerak, fungsi lain pada ban mobiladalah sebagai penopang beban kendraan baik pada posisi kosong maupun ada penumpangnya. Tentu agar ban tersebut kuat didalamnya harus ada tekanan angin yang kuat agar ban dapat berpudar dengan sempurna tanpa takut mengalami kerusakan pada velg seperti penyok atau lainya.


Ban tubless merupakan ban yang paling direkomendasi untuk kendaran anda. Dengan alasan tidak mudah bocor meskipun terkena paku jadi tidak ada rasa was-was ketika berpergian terutama saat malam hari.  Namun terkadang ada hal yang membuat binggung ban tubless mobil sering kurang angin padahal kembangan ban tersebut masih tebal atau tergolong baru.

Kejadain serupa ini juga pernah saya alami sendiri pada mobil Toyota Agya, gimana tidak jengkel ban sudah saya isi angin dengan kencang namun berselang 3 minggu angin sering cepat kurang. Bertahan beberapa bulan mobil pun langsung tak bawa ke tukang tambal ban pingir jalan. Betapa terkecujut nya setelah dicek pakai air busa ban tidak ada yang mengeluarkan glembung sekecilpun.

Baca  juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban

Karena tidak ada yang bocor mobil pun saya bawa pulang dan masih berfikir ban sering kurang angin tapi dicek kok ngak ada yang bocor yaa.. karena rasa penasaran belum terjawab mobil pun saya bawa ke tukang tambal ban lainya dan dicek kembali dengan air sabun.

Penyebab ban mobil mas yang sering kempes ini di sebabkan adanya kotoran yang terperangkap di pinggir velg. Tutur pak tukang tambak ban".

Tu lihat bagian pingar saya kasih air busa mengeluarkan gelembung kecil semua. Tutur lagi pak tukang tambal ban".

Paman tersebut juga menjelaskan beberapa penyebab serta cara mengatasi ban tubless yang cepat kempes.

  • Penyebab Pertama

Penyebab pertama ini lah yang terjadi pada mobil saya yakni terperangkapnya pasir serta debu halus pada bagian pinggir velg bagian dalamnya. Mengapa pasir bisa ada disini ? Ini disebababkan kuranya menjaga kebersihan ban serta velg. sebaiknya setalah mobil melewati kubangan lumpur tau air sebaiknya setelah selesai digunakan semprotkan air pada ban terutama bagian sela velg antara ban agar bila ada kotoran yang nyangkut bersih dan tidak masuk kebagian dalam.

    Baca juga Cara Ampuh membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam 

    Butiran debu yang ada disela velg membuat udara dapat merembes keluar karena ban terganjal olehnya. Untuk menghilangkan biang kotoran ini anda perlu melepas ban dari velg terlebih dahulu. kemudian amplas sisi velg atau bagian pingirnya dengan amplas nomor 400. Amplas semua kedua sisi pingir velg hingga tidak ada kotoran yang menempel.

    Biar memudahkan taap diatas anda bisa mengamplasnya dengan air, setelah selesai keringkan dan pasang ban kembali. jangan sampai rotation ban nya kebalik lo sob. Anda pun bisa memasang ban kembali ke mobil dan masalah anda pun sudah selesai.

    • Penyebab Kedua

    Penyebab ban mobil sering kempes tapi tidak bocor juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada pentil. Sama halnya dengan sparepat lainya pentil juga memiliki usia pakai. Jadi penting untuk melakukan pengecekan kondisi komonen pengisi angin ini secara berkala. Untuk mengeceknya anda bisa mengoleskan air sabun pada area pentil, jika mengeluarkan gelembung-gelembung berarti udara merembes keluar melalu pentil tersebut.

    Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah

    Angin didalam ban bisa keluar bila karet penjepit pelek bagian luar dan dalam sudah getas atau rusak. Untuk mengatasi hal inianda tingal menggantinya dengan yang baru. Sukur-sukur bisa nganti sendiri biar tambah hemat. hehee

    • Penyebab Ketiga

    Penyebab selanjutnya terjadi karena pori-pori ban sudah terlihat. Hal ini bisa saja terjadi bila kembang ban sudah mulai menepis. Pori-pori ini sangatlah kecil jadi tidak membuat ban langsung kempes. Butuh waktu 2 -3 minggu tekanan ban akan berkurang.

    Sebenarnya untuk mengatasi hal ini sangatalah mudah tingal menggunakan cairan ban tubless saja yang sekarang banyak beredar dipasaran mulai harga 30rb.an. Cara menggunakan cairan tubless pun tergolong mudah dengan memotong ujung botolnya. Kemudian buang semua angin didalam ban, buka pentilnya dan masukan cairan anti bocor ini sampai habis setelah selesai anda bisa mengisi angin kembali dengan memasang pentil terlebih dahulu.

    • Penyebab ke Kempat 


    Penyebab ke empat ini bisa saja disebabkan krikil atau batu kecil yang menjalip di alur ban. Krikil ysng menempel pada ban memang tergolong sepele. Namun jangan salah, krikil yang menyalip pada ban bisa menyebabkan ban mobil bocor halus pasalnya ketikan ban berputar krikil tersebut dalam menyelinap atau menembus permukaan ban dan berimbas pada tekanan ban yang semakin berkurang.

    Untuk mengindari ban tubless mobil sering kurang angin sebaiknya cek kondisi ban seminggu sekali karena seperti yang sudah di singgung diatas fungsi ban sangatlah vitas jika sistem pengerak ini kempes tentu mobil tidak bisa berjalan.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel