Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Bisa Mengisi Angin

Cara memperbaiki kompresor tidak bisa mengisi angin - Untuk menjaganya agar berfungsi dengan semestinya, merawat kompresor penting dilakukan setidaknya sebulan sekali. Perawatan yang bisa kita lakukan diantaranya memperhatikan ketersediaan volume oli yang letaknya dibagian bawah kipas/blower. Untuk melihat jumlah oli bisa melihat indikator kaca yang menempel pada dinding blower.

Yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan area mesin kompresor. Biasakan untuk membersihkanya setelah digunakan atau setidaknya seminggu sekali, terutama padaa bagian filter/saringan. Karena bagian tersebut semua residu kotoran terhenti dan berkumpul, jika semakin menumpuk tentu menghambat udara yang tersedot ke dalam. Maka bersihkanlah sesering mungkin atau jika rusak tidak ada salahnya mengganti yang baru.

Mealukan perawatan pada kompresor merupakan tindakan yang penting dilakukan agar tidak mengalami kendala saat digunakan, repot bukan pas mau ngecat ditengah pengerjaan kompresor malah rawel. Masalah yang sering terjadi pada kompresor listrik diantaranya, tabung tidak bisa menyimpan angin meski mesin sudah menyala dalam waktu lama atau tekanann angin yang keluar terlalu lemah.

Penyebab dan Cara memperbaiki kompresor tidak bisa mengisi angin


Apabila temen-temen saat ini memiliki kompresor cat bisa nyala normal namun tabung tidak bisa mengisi angin, anda perlu mengecek beberapa komponen yang kami sebutkan dibawah ini.

Cek dinamo kompresor

Kompon pertama yang bisa kita cek adalah memastikan dinamo kompresor dalam kondisi normal. Jika normal ditandai dengan perputaran kipas yang sangat kencang dan berputar dengan stabil. Untuk mengeceknya anda perlu membuka cover/atau penutup mesin yang berwarna hitam.


Jika kondisi dinamo normal, berikutnya buka sambungan pipa pengsinan dari tabung kompresor secara perlahan agar pipa tidak patah.

Kemudian tutup lubang keluar angin dengan tangan, apabila dirasakan angin tidak bisa memaksa keluar maka dapat dipastikan kerusakan ada pada bagian mesin yakni kebocoran pada klep.



Cara memperbaiki klep kompresor angin yang bocor bisa dilakukan dangan membuka empat baut dengan kunci 8/10 inchi. 

Jika sudah terlepas cek bagian sealnya apakah kondisinya rusak pecah-pecah atau tidak, jika rusak kita perlu mengelemnya kembali dengan lem perpak gasken atau siller, bisa pakai merk thereebon.



Agar komprersor tidak mengalami bocor kembali, tuangkan lem keseluruh pinggir klep secara merata pada sisi bawah dan atas. Kemudian pasang kembali dengan kencang dan tunggu hingga lem kering dan mengeras.


Namun sebelum menuangkan lem, bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa lem perpak yang sudah rusak dengan mengamplasnya hingga bersih dan lem menempel sempurna.

Jika sudah tinggal mengeceknya kembali dengan menutup kembali pakai tangan dan rasakan apakah angin sudah keluar bertekanan dan memberontak ingin keluar, berarti proses perbaikan berjalan lancar.


Berikutnya pasang kembali pipa penghubang, biar tidak ada kebocoran dibagian ini gunakan selotip untuk menganjalnya. Pasang kembali secara rapat secara simetri, jika miring kemungkinan besar drat baut akan rusak sehingga menjadi cela angin keluar.



Jika proble sudah selesai, tidak ada salahnya melakukan pengecekan diseluruh sambungan pipi dengan mengoleskan air sabun untuk memastikan kompresor angin tidak bocor. Bila ditemukan kebocoran di beberapa sambungan kencangkan dan balutkan selotip sebagai bantalanya.

Beda lagi jika yang bocor adalah tabung kompresor maka anda perlu menutupnya dengan las listrik. Jika memperbaiki nya hanya mengelemnya dengan lem besi, dalam jangka singkat akan mengalami kebocoran kembali.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kompresor tidak bisa mengisi dan menyimpan angin. Semoga bermanfaat bisa membantu anda saat ini dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas