Urutan Cara Clear Body Motor Yang Benar Untuk Pemula

Urutan cara clear body motor yang benar untuk pemula - Hallo dulur... Belakangan ini banyak yang chat saya hasil pengecatan nya kurang memuaskan bahkan gagal akibat kelirunya teknik yang digunakan. Beberapa keselahan yang dialami adalah clear Coat atau pernis tidak kering meski sudah dua hari lebih lamanya.

Sebetulnya cara mengecat ulang body motor sama halnya dengan mengecat mobil yang melewati setidaknya lima tahapan. Pertama adalah proses pendempulan untuk meratakan bidang kurang rata, biar tidak cepat terkelupas sebaiknya aplikasikan aplikasikan epoxy primer sebelum didempul.

Tahap ketiga adalah melapisinya kembali dengan epoxy filler, pengecatan cat dasar, cat inti, terakhir adalah melapisinya dengan pernis atau clear Coat sebagai pelindung sekaligus memberi efek kilap. Untuk menghasilkan cat kilap basah sebaiknya gunakan merk clear berkualitas jenis Poly Urethane.

Namun tahukah kamu, meski sudah pakai clear Coat harga mahal sekalipun jika keliru dalam proses pengamplikasianya keliru tentu hasil yang didapat kurang maksimal atau tidak menghasilkan efek glossy yang diharapkan.

Urutan cara clear body motor yang benar untuk pemula

Penggunaan spray gun

Yang tak kalah penting dalam proses body reapir adalah penggunaan spray gun. Untuk menghasilkan pengecatan yang golssy dan menghindari tekstur kulit jeruk pada cat, pilihlah spray gun yang mampu menyemprotkan pernis/cat secara halus merata, tidak pecah tengah dengan semburan yang lebar.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Untuk merk sebetulnya tidak terlalu berpengaruh besar ya, toh jika jeli memilih spray gun harga ratusan ribu juga masih layak dipakai untuk pengecatan ulang.

Jarak spray gun

Jarak spray gun dengan objek pengecatan juga perlu dipertimbangkan, jarak idelnya adalah 10 sampai 15 cm. Jika terlalu jauh hasil clear coat cenderung kasar dan tidak bisa mengkilap, sebaliknya jika terlalu dekat justru pernis berpotensi besar akan meleleh. Tentu ini akan mengurangi nilai estetika sebuah pengecatan.

Untuk pengecatan ulang body motor sebaiknya gunakan tipe spray gun K3 atau R3. Sebetulnya sih bisa pakai F75 ya masbro, hanya saja banyak matrial cat yang terbuang percuma, karena ukuranya yang terlalu besar. 

Proses Clear coat

Jika jarak dan penggunaan spray gun sudah sesuai, sekarang tinggal bagaimana cara mengaplikasikanya. Untuk menghasilkan cat kilap basah clear coat perlu di aplikasikan sebanyak 3 sampai 4 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisnya.

Pada lapisan pertama aplikasikan secara tipis atau setengah kering secara merata, anggap lapisan awal ini sebagaia pondasi sebelum ditimpa kembali. Jika sudah ditunggu selama 10 menit kita bisa menimpanya kembali, pada lapis ke dua, tiga dan empat buat lapisan yang basah dengan menekan spray gun agak dalam dengan tekanan angin kompresor yang stabil.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh

Jika lapisan pertama langsung tebal/basah clear coat kemungkinan besar akan menumpuk dan meleleh, Jadi untuk menghindari hal ini penting untuk memberi jada pada setiap lapisnya.

Yang tak kalah penting dalam tahap ini adalah penggunaan tiner sebagai campuran pernis, untuk memaksimalkan tingkat glossy gunakan thinner PU poly urethane dengan perbandingan clear dengan tinnner yang sesuai.

Perlukah cat di amplas sebelum di clear

Mungkin beberapa temen-temen pemula masih binggung perlukah cat diamplas sebelum ditimpa clear ? Sebetulnya tanpa diamplas terlebih dahulu tidak masalah ya masbro. Jadi untuk mendapaatkan lapisan cat  yang halus gunakan thinner super sebagai campuran, baik jenis cat solid atau metalik. Baca juga perbandingan cat dengan thinner

Jika diamplas ditakutkan bekas amplasan akan tetap terlihat setelah terlapis clear coat nanti. Tentu ini akan merusak hasil pengecatan yang memakan waktu cukup lama.

Jeda cat dengan waktu cat dengan thinner

Jeda cat dengan clear ini juga penting ya masbro, jika terlalu lama bahkan membirkanya satu hari atau semalaman justru membuat pernis menempel kurang kuat karena cat sudah terkontaminasi berbagai partikel kotoran.

Untuk jeda kita cukup menunggunya 20 sampai 30 menit sudah siap ditimpa pernis. Pastikan sebelum diperis kondisi cat steril, bersih dan jangan disentuh dengan tangah, terutama warna putih yang gampang kotor.

Bagiaman ?? Cukup gampang bukan, urutan cara clear body motor yang benar tadi. Teknik tersebut bisa dipakai baik pengecatan dengan cat kompresor atau sekedar yang lebih praktis cat pilox. Semoga dapat menambah wawasan anda, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas