Berapa Jarak Waktu Antara Cat dan Clear Coat

Berapa jarak waktu antara cat dan clear coat - Hallo dulur.. Belakangan ini banyak yang mengeluhkan mengapa hasil pengecatanya terlihat kurang mengkilap, bertekstur kulit jeruk dan yang lebih parah pernis mengelupas dalam hitungan bulan atau teksturnya tidak bisa keras berminggu-minggu. Sayangkan waktu pengecatan yang butuh waktu lama namun hasil yang didapat kurang memuaskan.

Beberapa permasalahaan tadi bisa disebabkan akibat kelirunya bahan yang dipakai terutama penggunaan thinner sebagai pelarut cat dan clear coatnya. Untuk melarutkan cat dasar sebaiknya gunakan jenis thinner A, HG, Super, begitupun juga campuran epoxy. Sementara untuk cat inti gunakan jenis thinner super untuk menghasilkan lapisan yang halus dan merata. Khusus untuk warna-warna metalik seperti silver dan abu-abu, tambahkan sedikit tiner PU agar butiran metalik dapat menyala, terlihat rata dan menghindari warnaa yang belang.

Sedangkan Untuk campuran clear coat gunakan 100% thinner PU poly urethane. Sebetulnya sih bisa pakai thiner ND ya, hanya saja tingkat glossy yang dihasilkan masih kalah dengan jenis PU, bahkan rawan pecah-pecah saat dijemur dibawah panas matahari langsung. Jadi jika mengingkan kualitas penggunaan tiner perlu disesuaikan meski budget sedikit membengkat.

Jarak waktu antara cat dengan clear coat

Untuk menghasilkan lapisan clear coat yanag kilap basah urutan cara mengecat mobil perlu dilakukan dengan benar, sehingga mendapatkan hasil repair yang halus, tahan lama dan anti bensin. Karena tak sedikit yang megeluhkan lapisan coating clear coat tidak menyatu dengan cat atau terkelupas.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Penyebab clear coat tidak menempel sendiri diakibatkan kelirunya teknik saat proses pernis berlangsung. Ya.. Disini jeda waktu antara cat dan clear coat jadi faktor penting sebagai penentu hasil pengecatan anda.

Lantas berapa jam jeda antara cat inti dan pernis sebagai lapisan coating ??

Sebetulnya tidak perlu waktu lama ya masbro, agar clear coat menempel atau menyatu sempurna dengan cat, proses pernis sudah bisa dilakukan jika cat dalam kodisi kering setengah kering 30 sampai 50 menit. Agar cepat kering dan menghasilakan warna tajam tidak gunakan tipe cat PU yang kualitasnya setara pabrik.

Terkadang beberapa orang salah kaprah dimana cat dibiarkan semalaman baru besoknya dilapisi clear coat. Tindakan ini justru sangat fatal ya masbro, dimana permukaann cat rentan kotor dan mulai ditumbuhi jamur, parahnya secara tidak sengaja terkena minyak saat tangan habis pegang gorengan.

Jadi sebaiknya saat proses cat selesai langsung masuk tahap clear coat setelah memberi jeda 30 sampai 50 menit. Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Agar menghasilkan cat yang mengkilap, pernis bisa diaplikasikan 3 sampai 4 lapis. Pada lapisan pertama buat setengah kering dan lapisan berikutnya dibuat basah dengan menekan spray gun agak dalam. 

Saat proses pernis yang tak kalah penting adalah memperhatikan jeda pada setiap lapisan clear coat. Untuk jeda cukup menunggu setengah kering atau setidaknya 10 sampai 15 menit, jangan terlalu lama ya sob atau clear sudah kering baru ditimpa kembali, tindakan ini justru membuat nya keriting.

Penyebab clear coat tidak mengkilap

Seperti yang sudah kami singgung diatas tadi, ada dua fakor yang menjadi penyebab mengapa clear coat tidak mau mengkilap, yakni kualitas bahan yang dipakai serta bagaimana cara mengaplikasikanya.

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor

Agar cat terlihat wetlook gunakan jenis clear tipe poly urethane dengan menggunakan thinner PU exstra slow sebagai pelarutnya.

Sementara untuk teknik sebetulnya sangat simple ya, yakni dengan memperhatikan kualitas spray gun yang dipakai dan jeda clear perlu diperhatikan. Yang tak kalah penting adalah jarak antara spray gun dengan objek yang dicat.

Jarak ideal saat clear coat adalah 10 sampai 15cm, jika terlalu jauh pernis cenderung buram/kusam dan bertekstut kulit jeruk. Sebaiknya bila terlalu dekat akan menumpuk/menebal dan meleleh, jadi kualitas dan jarak spray gun juga berpengaruh dengan hasil pengecatan.

Nah, demikian penjelasan dari jerak waktu antara cat dan clear coat untuk cat mobil dan motor. Semoga ulasan kali ini dapat berguna dan bisa anda aplikasikan saat proses pengecatan berlangsung. Sekian dan jangan takut untuk gagal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas