Perbedaan Thinner Slow dan Ekstra Slow Untuk Clear.. Mana Yang Unggul

Perbedaan thinner slow dan ekstra slow untuk clear coat - Hallo dulur... Dalam dunia perbengkelan body repair tinner memiliki peran penting, dimana fungsi utamanya adalah sebagai cairan pelarut clear Coat, epoxy, cat serta untuk melarutkan cat. Bila dilihat dari segi fisik berwarna bening, mudah terbakar dan baunya sangat menyengat.

Sementara untuk jenisnya tiner dibedakan dari beberapa macam/tipe dengan fungsi yang berbeda. Saya sendiri lebih sering pakai tipe super yakni untuk melarutkan cat atau bisa buat campuran epoxy dan cat dasar.

Bila dibandingkan dengan thinner A, ND atau HG, kualitas tiner super lebih unggul. Sehingga membuat cat tidak gampang pudar, membuat lapisan cat yang halus dan sifatnya cepat kering dalam hitungan menit.

Namun yang perlu saya tekankan disini adalah jangan sesekali menggunakan thinner eceran jerigen/drum besar yang kita tidak tau akan kualitasnya. Tak sedikit yang merasa kecewa akibat pakai tiner eceran justru tidak bisa menyatu dengan cat, serta tidak menghasilkan glossy maksimal.

Perbedaan thinner slow dan ekstra slow untuk clear coat

Beda lagi untuk clear coat tiner yang dipakai adalah tipe PU polyurethane. Sebetulnya sih jenis super atau tiner A bisa saja untuk campuran pernis, hanya saja tingkat glossy yang dihasilkan kurang bagus dan gampang kusam bahkan dalam hitungan bulan. Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Untuk clear Coat terdapat dua tipe tinner PU yakni jenis slow dan ekstra slow.. 

Thinner Slow

Thinner slow dry reducer merupakan jenis thiner polyurethane yang diformulasikan khusus untuk memberi aliran dan leveling yang sangat baik. Tinner tipe ini memiliki kemampuan pemecahan tinggi yang mampu membuat efek glossy pada clear coat dan selalu nampak basah lebik baik weet lok

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Bisa dipakai buat semua merk clear coat dengan proses pelaturan lebih cepat. Beberapa merk thinner slow yang banyak dipakai bengkel body repiar diantaranya, Sikkens, belkote, hartwell dan lainya. Dengan harga bervariasi 80rb hingga 150rb perliternya.

Thinner ekstra slow

Begitupun juga tiner ekstra slow juga jenis polyurethane dengan kualitas diatasnya tipe slow dry reducer. Yaa.. Meski proses pengeringan butuh waktu yang lama, namun jangan salah, setelah clear Coat kering sempurna tingkat glossy lebih unggul ketimbang tipe slow dry. Baca juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Clear Coat Bolong Bolong

Tentu untuk harga juah lebih mahal ya masbro. Yaa.. ada harga ada kualitas lah. Meski anda pakai clear murah sekalipun bila thinernya pakai ekstra slow, tentu hasil pengecatan anda jauh lebih bagus. Sementara untuk proses pengaplikasian dan takaran yang dipakai keduanya sama.

Sekian ulasan dari kami seputar perbedaan thinner slow dan ekstra slow untuk clear coat. Semoga bisa membantu anda menentukan produk refinish mana yang terbaik. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas