Perbedaan Dempul Isamu dan Sanpolac, Mana Yang Unggul..

Perbedaan dempul isamu dan sanpolac - Hallo dulur - Dalam dunia perbengkelan body repair baik mobil atau motor dempul memiliki fungsi penting, yakni untuk memperbaiki objek rusak akibat penyok, baret atau pecah agar kembali seperti semula. Bagi yang belum terbiasa menggunakanya mungkin agak binggung ya, bahkan berjatuhan kesana kemari saat mencampur menggunakan kape. 

Tak hanya untuk restorasi perbaikan mobil dempul juga banyak pakau untuk menutup pori pori kayu sebelum dilakukan proses melamin. 

Setidaknya ada tiga macam dan jenis dempul menurut penggunaanya, Berikut ulasan satu persatunya.

1. Dempul Polyester Putty

Tipe pertama juga sering disebut dempul plastik, dengan warna hijau atau putih dimana terdapat komponen hardener sebagai pengering atau pengerasnya. Sehingga mampu membentuk lapisan tebal serta mudah diaplas.

Sekedar trik ya masbro, agar dempul terasa ringan saat diamplas oleskan sabun colek pada permukaan dempul dari beri sedikit air. Dengan begitu dempul akan terasa empuk saat mengamplasnya.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Dempul plastik ini diaplikasikan menggunakan kape dan akan menghasilkan tekstur keras setelah kering. Untuk campuran hardener gunakan perbandingan 10:2, intinya jika pemberian hardenner terlalu banyak dempul akan cepat mengering, sebaliknya bila terlalu sedikit lama kering.

2. Dempul Lacquer Putty

Beda dengan dempul plastik, jenis lacquer putty terbuat dari bahan utama Nitrocellulose dan acrylic resin tanpa perlu hardener sebagai pengering atau hanya satu komponen dengan tekstur yang lebih lembut.

Dempul lacquer putty lebih sering disebut dempul odol, dimana berfungsi menutup pori pori kecil, goresan halus atau menutupi sambungan dempul. Jika diaplikasikan terlalu justru akan pecah.

3. Dempul Epoxy Putty

Terakhir adalah epoxy putty terdapat dua komponen yang terbuat dari bahan epoxy resin dan amine sebagai pengering/hardenernya. Dempul ini memiliki ketahanan sangat baik dari karat dengan daya rekat yang sangat kuat.

Namun sayang epoxy putty proses pengeringanya lebih lama, oleh karenanya untuk mempercepat waktu pengeringan perlu mesin oven.

Perbedaan dempul isamu dan sanpolac mana yang lebih kuat

Dari ketika jenis tadi, dempul plastik lah yang sering dipakai buat restorasi atau perbaikan baik untuk mobil motor ataupun kayu. Beberama merk yang banyak dipakai dalam dunia perbengkelan adalah Isamu dan Sanpolac. Sebenarnya masih banyak merk lainya ya, hanya saja kedua produk tadi memiliki beberapa keunggulan. Lantas apa yang beda nya ??

Dempul Isamu

Bagi pemula yang belum sama sekai pernah pendempul dan ingin mencobanya sendiri saya sarankan bisa pakai isamu dimana cara menggunakan nya tidak begitu ribet, karena hanya satu komponen atau tidak perlu hardener sebagai pengering.


Namun jangan khawatir masbro, meski tanpa pengering hardener dempul akan mengering dan keras dalam jangka waktu 20 sampai 30 menit untuk siap diamplas.

Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Tekstur dempul isamu ini sangatlah lembut dan berwarna abu-abu seperti epoxy dan sangatlah mudah diaplikasikan menggunakan alat bantu kape dengan tekstur yang sangat lembut. Dapat dipakai buat pendempulan beberapa matrial seperti plat besi, plastik dan kayu yang sebelumnya sudah diaplas agar menempel sempurna.

Namun sayang, kekurangan pada dempul isamu tidak bisa dipakai buat pendempulan yang terlalu tebal, jika dipaksa akan pecah. Jadi hanya bisa dipalikasikan untuk mendempul atau meratakan baret tidak terlalu dalam atau menutupi pori pori. Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Dempul Sanpolac

Sementara untuk dempul sanpolac memiliki dua komponen yakni terdapat hardenner sebagai pengering, jadi tanpa hardener meski dempul sudah diaplikasikan pada objek meski udah ditunggu seminggu ngak bakal kering atau keras masbro.


Jadi jangan lupa untuk mencampurkan hardener dengan perbandingan 10 : 2, intinya jika terlalu sedikit hardener dempul akan lama kering,begitu sebaliknya bila terlalu banyak akan cepat kering.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Oh iya, kedua komponen dempul dan hardener ini perlu dicampur dengan sempurna ya masbro, pasalnya bila pencampuran kurang rata justru memiliki efek dikemudian hari yakni munculnya bintik bintik kecil diatas permukaan cat atau timbul retakan bahkan terkelupas.

Beda dengan isamu dempul sampolac ini bila diaplikasikan untuk pendempulan tebal anda tak perlu khawatir akan pecah atau retak.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya adalah dempul isamu hanya terdiri satu komponen tanpa obat hardener untuk pengeras. Sementara sampolac memiliki dua komponen dan perlu hardener sebagai pengeringnya.

Sementara untuk tekstur isamu cenderung lebih lembut sedikit encer dan hanya untuk mendempul objek yang tipis seperti menutupi atau meratakan baret. Sementara sampolac lebih kental dan biasa dipakai untuk pendempulan yang tebal tanpa resiko pecah akibat tidak kuat.

Nah sudah tahu bukan perbedaan antara dempul isamu dan sanpolac kedua produk ini sangat nyaman dipakai untuk pemula yang ingin melakukan perbaikan sendiri. Agar tidak cepat kering sebaiknya tutup rapat kemasan dan bersihkan alat kape atau merendamnya dengan air agar mudah dibersihkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas