Perbedaan Dempul Mobil Warna Putih dan Hijau

Perbedaan dempul mobil warna putih dan hijau - Tujuan melakukan pendempulan adalah untuk mendasari suatu objek sebelum proses pengecatan dikerjakan. Ya fungsinya adalah untuk meratakan atau menghaluskan bidang kerja yang mengalami cacat seperti baret, penyok. Sehingga membutuhkan dempul plastik untuk mengembalikanya seperti semula, sehingga saat dicat nanti tidak terlihat bergelombang.

Namun jangan salah persepsi ya masbro kalau dempul bisa juga dijadikan sebagai pelapis anti karat. Pasalnya dalam jangka tertentu akan mudah sekali terkelupas jika tahap pengerjaan tidak dilakukan dengan baik dan benar. Bahkan bila obat hardener bila pencampuranya kurang rata bisa menyebabkan munculnya bintik bintik diatas lapisan cat. Baca juga Deretan Harga Dan Merk Dempul Mobil Yang Bagus

Proses pendempulan sendiri diawali dengan tahap pengamplasan (wajib dilakukan) kemudian diaplikasikan secara tipit-tipis terlebih dahulu dengan bantuan kape. Bila langsung tebal meski sudah diamplas dempul berkemungkinan besar akan terkelupas. Jika objek habis dilakukan pengelasan akibat kropos, sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan epoxy primer sebagai lapisan anti karat.

Untuk restorasi atau perbaikan body mobil setidaknya ada dua tipe dempul yang bisa anda pakai, pertama polyester putty atau sering disebut dempul plastik dan spott puty atau dempul odol. Tentu keduanya memiliki fungsi yang berbeda, polyester putty lebih difungsikan ke pendempulan yang tebal sementara spotty lebih ke pendempulan yang tipis seperti untuk menutup pori-pori atau mendempul goresan yang tidak terlalu dalam.

Perbedaan dempul mobil warna putih dan hijau

Tak hanya satu dempul plastik untuk mobil terdapat beberapa jenis warna diantarnya hijau, kuning dan putih. Sebenarnya untuk warna kuning jarang diapakai ya, mungkin kalau buat motor ada beberapa yang masih memakainnya. Lantas apa beda dempul putih dengan hijau ??

Dempul plastik hijau

Mungkin kita sudah tidak asing melihat dempul berwarna hijau ini, ya hampir semua retorasi perbaikan body mobil pinggir jalan banyak yang pakai tipe pertama ini. 



Ya.. Bukanya tanpa alasan harga dempul warna hijau ini cenderung lebih murah ketimbang yang putih. Sementara untuk proses pengaplikaskan atau cara menggunakanya tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya saja teksturnya lebih keras saat diamplas, jadi agar lebih empuk saat mengamplasnya olesankan sabun colek dan gunakan ukuran amplas 120 dan di ulangi 240 kemudian 400. Baca juga Ini Dia Cara Dempul Mobil Yang Keropos

Beberapa dempul produk dempul plastik hijau yang banyak dipakaai adalah Alfagloss, Osangloss, sanpolac, laba laba atau autoclass. Untuk saya sendiri lebih sering pakai alfagloss ya, dengan tekstur yang tidak terlalu kental sehingga memudahkan saat diaplikasikan dengan bentuk objek yang dinginkan.

Dempul warna putih

Sementara warna putih daya rekatnya juga sama kuatnya hanya saja lebih enteng saat diaplikasikan atau saat mencampurnya dengaan hardener. Meski jarang dipakai atau disimpan terlalu lama dempul ini tidak mudah beku atauy menggumplas asalkan ditutup dengan rapat dan memberi perekat isolasi disekeliling tutup.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Kelebihan lain dari dempul plastik warna putih adalah lebih empuk saat diamplas, jadi anda tak perlu tenaga ekstra serta dapat mempercepat proses pengerjaan. Hanya saja dibading dengan warna hijau harga jualnya cenderung lebih mahal. Namun semua kembali pada kualitas, ada barang ada harga.

Beberapa produk dempul putih yang cukup populer adalah autoglow, tanury, body light atau dempul kapuk. Sangat rekomenadi sekali untuk pendempulan mobil pribadi yang mengutamakan kualitas.

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan jenis dempul warna putih lebih unggul dimana teksturnya lebih lembut sehingga enteng saat digunakan serta lebih empuk saat diamplas dengan daya rekat yang sama kuatnya. Sementara yang hijau cenderung keras saat diamplas, sementara untuk harga cenderung lebih murah.

Oke, sekian dari kami seputar perbedaan dempul mobil warna putih dan hijau agar tidak mengering dan membeku sebaiknya tutup rapat setelah dipakai dan amplas hingga objek bersih agar menempel sempurna. Untuk body plastik sebaiknya lapisi dengan epoxy terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas