Cara Menghaluskan Cat Pilox Yang Kasar Dengan Mudah

Cara menghaluskan cat pilox yang kasar dengan mudah -  Meski terlihat gampang, nyatanya mengecat menggunakan cat pylox tak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan tehnik khusus untuk menghasilkan repair yang halus, mengkilap dan tidak luntur saat tersiram bensin. Namun semua proble tadi bisa dihindari jika tahap pengaplikasianya dilakukan dengan baik dan benar.

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Ya.. Jika dilakukan dengan benar, mengecat dengan cat pilox haslnya tak mau kalah dengan cat kompresor. Bahkan penggunaan cat semprot terbilang cukup praktis, diamana langsung pakai tanpa perlu tiner untuk melarutkanya dengan thinner serta tidak butuh alat spray gun dan tekan udara dari kompresor. Toh.. Saat ini beberapa merk pylox tertentu nozzelnya dibuat seperti kipas, sehingga semburanya lembut dan lebih empuk saat dipenyet.

Proses mengecat dengan cat pylox sama halnya dengan menggunakan cat kompresor, dimana diawali dengan pendempulan jika diperlukan, memberi lapisan epoxy primer, cat dasar, cat inti dan terakhir adalah proses clear coat. Dari semua tahapan tadi perlu dilakukan penamplasan dengan memakai ukuran berbeda disetiap stepnya.

Untuk pengamplasan dempul pakai ukuran amplas 240, jika dempul terlalu tebal pakai 120 kemudian dibilas dengan nomor 240. Sementara mengamplas epoxy pakai 400 dan untuk amplas cat dasar pakai grid yang lebih halus 1500.

Jika semua urutan tadi dilakukan dengan baik dan benar, tentu hasil pengecatan anda lebih halus dan mengkilap meski hanya menggunakan cat pilox saja.

Cara menghaluskan cat pilox yang kasar dengan mudah

Beberapa kesalahan yang sering ditemui saat mengecat menggunakan pilox adalah tekstur cat cenderung kasar dan tidak mau mengkilap dan parahnya lagi akan luntur saat terkena tumpahan bensin. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning


Cat yang kasar disebabkan kelirunya tehnik yang digunakan terutama pada tahap pengamplasan. Ya.. Untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan mengk

Menghasilkan pengecatan yang kilap basah memang bukan perkara mudah. Agar hasil cat pylox tidak kasar, pastikan objek yang akan dicat ulang sudah diamplas hingga seluruh permukaan halus. Pengamplasan juga perlu dilakukan pada lapisan cat dasar sebelum ditimpa cat inti, sehingga saat dipernis tekstur cat akan lebih halus.

Latas jikaa hasil cat pilox sudah kasar, bagaimana cara menghaluskanya ?

Anda tak perlu khawatir, karena hasil pengecatan yang kasar masih bisa diperbaiki tanpa perlu mengecatnya kembali. 

Ya disini proses kompon memang perlu dilakukan, selain mengkilapkan kompon juga menghaluskan permukaan cat yang kasar. Nah berikut adalah cara mengompon cat baru, baik menggunakan pylox atau cat kompresor.


Pertama, amplas permukaaan cat hingga halus ditandai dengan warna cat yang berubah kusam/jadi doff dan partikel debu yang menempel hilang. Untuk amplas gunakan grid halus nomor 2000.

Kedua, Jika sudah proses poles bisa dimulai dengan meratakan kompon putih diatas cat yang sudah diamplas tadi. Kemudian gosok secara berulang dengan memberi sedikit tekanan hingga cat kembali kinclong dan permukaanya halus saat diraba.

Proses poles memang butuh waktu yang lama serta tenaga yang lebih, jika memiliki mesin poles tidak ada salahnya untuk dipakai. Namun, penggunaan meskin perlu kehati-hatian agar cat tidak habis terkikis mesin saat berputar kencang.

Ketiga, langkah akhir adalah menghilangkan bekas kompon tadi. Untuk menghilangkanya cukup gunakan obat pengkilap semacam turtell wax, kit atau merk lainya. 

Proses akhir/wax ini bisa dilakukan setelah mengompon selesai, ditandai dengan bekas amplasan yang menghilang, tekstur cat lebih halus dan mengkilap.

Catatan :

Jika cat pilox tadi tidak dilapisi clear coat/pernis, jika ingin dihaluskan anda tidak perlu melakukan tahap pengamplasan atau cukup langsung dikompon. Ya, tanpa terlapisi clear cat justru akan ikut terkikis saat diamplas, jadi turtorial diatas tadi perlu diperhatikan.

Bagaimana ?? Cukup jelas iya soal cara menghaluskan cat pilox yang kasar dengan mudah yakni dengan proses pemolesan. Sekiaan dari kami dan terimakasih sudah menyematkan waktu mengunjunginya dan jangan takut mencoba hal baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas