Trik Mengecat Mobil Warna Silver Agar Tidak Belang

Cara mengecat mobil warna silver metalik agar tidak belang - Hallo dulur... Dalam sebuah pekerjaan terkadang akan menemui beberapa kendala bahkan kesalahan yang tidak disengaja atau akibat kecerobohan kita sendiri. Salah satu pekerjaan yang cukup beresiko adalah proses pengecatan ulang kendaraan, dimana dituntut dari segi kerapian serta keselarasan cat lama dan baru agar menyatu.

Beberapa kesalahan yang banyak ditemui saat mengecat mobil atau motor adalah cat lama keriting akibat tidak kuat ditimpa cat baru atau tekstur cat seperti kulit jeruk yang menggurangi nilai estetika terutama pada kendaraan pribadi jenis sedan. Bagi pemula mungkin akan merasa binggung bila salah satu malah tadi muncul saat akan ditimpa clear Coat.

Tak cukup sampai disitu, kendala lain yang sering muncul adalah warna cat justru terlihat belang kehitaman. Ya.. Mengecat warna metalik memang lebih sulit/rumit ketimbang jenis solid yang mudah untuk dipelajari.

Salah satu warna yang cukup menjengkelkan saat diaplikasikan adalah silver metalik, dimana jika tidak hati-hati warnanya akan terbalik dan terlihat kehitaman, baik saat proses top Coat atau clear Coat.

Cara mengecat ulang mobil warna silver metalik agar tidak belang

Agar cat silver tidak belang kuncinya adalah pemilihan bahan serta tehnik yang dipakai terutama kualitas spray gun yang dipakai dan teknik mengayunkan yang dituntut harus stabil.

Pemilihan bahan

Untuk bahan sebaiknya gunakan tipe PU Poly Urethane, baik pada cat, thinner serta pemilihan clear coatnya.

Mengapa harus PU ? Begini, seperti yang kita tahu bahan auto refinish sifatnya gampang kering meski cuaca sedang mendung sekalipun dan cepat nutup. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat mencampur cat dengan thinner. Inilah rahasia untuk meminimalisir cat silver agar tidak belang dan halus yakni dengan memakai thinner jenis PU yang dipakai untuk clear sebagai pelarutnya. 

Pemilihan spary gun

Yang tak kalah penting adalah penggunaan spray gun, pilihlah spray gun yang mampu mengantomisasi cat secara halus merata, tidak pecah tengah dan semburanya lebar. Anda bisa pakai tipe spray gun f75 dan F100 untuk pengaplikasikan top coat dan clear coatnya.

Proses pengaplikasikan

Faktor cuaca juga memiliki dampak besar dengan hasil pengecatan ya, untuk warna metalik khususnya pada silver metalik pengecatan harus dilakukan saat cuaca sedang panas atau waktu siang hari jam 10 sampai 3 sore.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Jika sedang mendung atau tidak ada panas sebaiknya tunda pengecatan, baik saat clear coat ataupun top coat.

Sementara untuk cat dasar warna silver metalik adalah sama yakni silver metalik. Atau setelah epoxy bisa langsung ditimpa cat silver.

Jarak pengecatan

Sementara untuk jarak spray gun dengan objek yang dicat adalah 15cm. Jika terlalu jauh cat cenderung kasar dan clear coat tidak bisa mengkilap. Sebaliknya bila terlalu dekat warna silver akan menjadi belang atau terbalik.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Yang tak kalah penting adalah jeda disetiap lapisan perlu diperhatikan, setidaknya tunggu 5 sampai 10 menit. Jika terlalu dipaksa presentase cat belang akan semakin tinggi, jadi kunci keberhasilan mengecat warna silver metalik adalah kesebaran.

Nah demikianlah penjelasan langsung dari kami owner bengkel seputar trik mengecat mobil warna silver metalik agar tidak belang yakni dengan memperhatikan kondisi cuaca serta penggunaan spray gun yang sesuai. Dan yang taak kalah penting adalah setelan angin dari tabung kompresor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas