Takaran dan Cara Mencampur Cat Motor Yang Benar

Takaran dan cara mencampur cat motor yang benar - Hallo dulur... Proses pengecatan motor sebetulnya siapa saja bisa melakukanya sendiri dirumah. Dengan melakuaknya sendiri tentu bisa menghemat biaya hingga 80% persen, karna kita cukup membeli bahan pendukungnya, seperti thinner, top coat, clear coat, epoxy, dempul, spray gun tabung atas dan kompresor.

Dan yang tak kalah penting adalah pengetahuan akan takaran cat kompresor dan clear coat yang benar, pasalnya jika kurang sesuai akan berdampak langsung dengan hasil pengecatan. Mulai dari cat yang bertekstur kulit jeruk, atau clear coat yang meleleh akibat tergesa-gesa saat mengaplikasikanya. Beda dengan cat pilox dimana kita tidak perlu repot mengencerkanya terlebih dahulu, namun untuk kualitas ya masih unggull cat kompresor lah iyo... 

Penggunaan thinner juga perlu diperhatikan ya sob, untuk campuran cat Duco setidaknya ada 4 jenis tipe thinner yang bisa digunakan, diantaranya thinner A, HG, Super, ND dan PU Poly Urethane. Lantas mana yang bisa dipakai buat cat motor ??

Sebetulnya semua tipe tersebut bisa dipakai ya masbro, hanya saja untuk cat sebaiknya pakai tipe jenis super karena mampu menghasilkan permukaan cat yang lebih halus dan cepat kering. Namun jika yang dipakai adalah cat metalik khususnya warna silver sebaiknya gunakan tipe PU untuk menghindari cat menjadi belang atau terbalik.

Takaran dan cara mencampur cat motor yang benar

Sebetulnya perbandingan campuran cat dengan thinner pada motor tidak lah beda dengan mobil, dengan catatan yang dipakai adalah duco paint.

Untuk takaranya bisa pakai perbandingan 1:3, jika cat yang dipakai satu gelas aqua maka anda perlu mencampurkan 3 gelas tinner dan aduk hingga keduanya menyatu selama beberapa menit. Namun perbandingan ini tidak bisa dijadikan patokan ya masbro, pasalnya beda merk cat tingkat kekentalanya pun berbeda. Jadi perlu disesuaikan untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan mengkilap.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Sebaiknya untuk takaran cat dasar buatlah sedikit kental agar cepat nutup, dan untuk cat akhir buatlah sedikit encer 1:3  untuk menghasilkan permukaan yang halus. Dan jangan lupa untuk mengamplas cat dasar terlebih dahulu dengan ukuran 1500, setelah halus baru ditimpa cat inti.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan tidak bolong-bolong, sebelum diaplikasikan saring dengan kain yang halus agar residu/partikel kecil tidak ikut tercampur dan jangan lupa untuk menggunakan filter spray gun untuk menyaring angin dari kompresor.

Jenis cat yang bagus buat motor

Agar cat tahan lama, tidak gampang pudar dan tahan dari bensin sebaiknya gunakan jenis cat bakar atau poly urethane, dimana memiliki keunggulan warna yang tajam, cepat kering bahkaan untuk kualitas stara dengan cat pabrik.

Sementara untuk harga cat bakar memang sedikit mahal ya masbro, yakni berkisar 200 ribuan keatas untuk satu kilonya. Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Jika terlalu mahal masih ada alternatif lain kok yakni pakai jenis cat NC nitro chelulosa, namun untuk kualitas pasih unggul jenis PU. Untuk harga antara 60 hingga 80ribuan perkilonya.

Pengetahuan akan takaran dan cara mencampur cat motor yang benar memang perlu dipelajari dengan serius. Sehingga hasil pengecatan akan lebih halus dan memberi  efek glossy lebih lama meski sering terpapar panas matahari. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas