4 Penyebab Clear Tidak Mengkilap - Clear Coat Jahat

Penyebab dan cara mengatasi clear tidak mengkilap - Hallo dulur, bila membahas dunia bodi repair tentu tak kan ada habisnya. Banyak hal yang perlu dipelajari untuk menghasilkan kualitas cat yang halus kinclong tanpa terlihat kulit jeruk. Mulai dari teknik memegang dan menyetel spraygun serta mengetahui kualitas bahan yang akan kita gunakan. Pemakaian thinner pun perlu diperhatikan sesuai fungsinya.

Misal bila ingin epoxy dan cat dasar gunakan jenis thinner A, HG atau bisa pakai super. Sedangkan untuk cat inti wajib pakai tipe super dimana membuat permukaan cat lebih hasil cepat kering. saya sendiri lebih senang pakai merk Alfa bahkan udah 3 tahun lebih, jadi masbro bisa pakai brand tersebut untuk rutinitas body repair.

Untuk membuat cat mengkilap tentu clear coat berperan penting, serta sebagai pelindung dari goresan dan baparan matahari langsung. Tak heran bila cat teralpis pernis membuatnya bertahan lebih lama. Diluar sana banyak sekali merk clear yang bisa masbro pakai mulai harga 100 ribuan dan yang kelas PU bisa kena 300-500rb belum termasuk thinnernya.

Meski memakai brand murah bila masbro bisa mengapliasikanya tentu membuat glosy lebih lama.. Pemakain hardener pun perlu diperhatikan ya mas, banyak yang mengeluhkan clear lama kerng akibat lupa mencampurkan obat pengering atau sudah dicampur tapi takaranya kurang pass.

4 Penyebab clear coat tidak mengkilap

Beberapa permasalahan lain yang sering dikeluhkan khusus bagi pemula adalah cat sudah dilapis clear tapi tidak mengkilap, cenderung kusam dan bertekstur kulit jeruk. Lantas apa penyebabnya ?

Seperti yang sudah saya singgung tadi, penggunaan bahan serta teknik yang tepat tentu menghasilkan kualitas yang lebih bagus. Jadi bila masbro ngecat tapi tidak bisa terlihat glosy cek kembali clear clear coat yang dipakai, bila kualitasnya bagus tentu daya kilpanya lebih. Namun merk bagus saja tidak jadi jaminan untuk menghasilkan pengecatan yang kilap basah.

Jika sudah memakai bahan bagus namun kilap yang dihasilkan kurang cek kembali jenis thinner apa yang dipakai. Sebaiknya untuk proses clear coat wajib memakai tinner PU poly urethane dimana memiliki beberapa keunggulan, meningkatkan glossy clear yang tahan lama dan cepat kering meski tanpa oven. 


Yaa.. meski clear yang dipakai harga hanya clear murah 100 ribuan jika memakai tipe thinner bakar PU tentu hasil ngeclear masbro bakalan lebih kinclong dan terlihaat wet look.



Jadi dapat disimpulkan pemakain thinner berdampak besar dengan hasil repair anda, sebaliknya meski pakai clear coat bagus namun memakai tiner super atau A sebagai pelarutnya justruu membuatnya tidak begitu mengkilap

Cara clear body mobil dan motor yang benar

Sebelumnya pastikan cat sudah tertutup rata dan tidak ada partikel yang nempel, bila adonan clear coat telah siap kita bisa menyemprotkanya secara tipis terlebih dahulu dari atas ke bawah dan tunggu beberapa saat menuju lapisan berikutnya. Sebelum lapisan ke tiga cek apakah ada binatang kecil hingga(nyamuk,lalat) jika segera singkirkan pakai jarum pentul secara perlahan.


Oh iya.. Agar clear coat tidak meleleh, pada lapisan pertama semprotkan clear coat dengan sekala kering sebagai pondasi berikutnya. Kemudian pada lapis kedua dan ketiga semprtokan clear coat agak tebal dengan jarak pengecatan 10 - 15cm dari media, biar ngak leleh gerakan spragyun sedikit lebih cepat, dengan begini cat leboh terlihat kilap basah dan siap dipoles bila sudah kering keras.

Jenis Spray gun yang cocok untuk clear coat

Penggunaan spray gun yang tidak sesuai juga menjadi penyebab cleat tidak mau mengkilap, bahkan tekstur kulit jeruk cenderung lebih besar-besar.


Sebaiknya untuk pengecatan mobil gunakan tipe spray gun F100 dan buat motor K3 dan pilihlah spray gun yang mampu menyemburkan cat secara merata dan tidak pecah tengah. Yang tak kalah penting adalah penggunaan filter spraygun dimana berfungsi untuk menyaring air dari kompresor, sehingga clear coat tidak bolong-bolong. 

Cara mempoles cat baru agar halus dan mengkilap

Yang tak kalah penting dalam proses pengecatan adalah tahap pemolesan dimana menjadi penutup atau tahap akhir dari proses cat.


Fungsinya sendiri untuk menghilangkan partikel debu atau binatang kecil yang menempel dipermukaan pernis, sehingga clear coat terasa halus saat diraba tangan.  Fungsi lainya adalah menghilangkan tekstur kulit jeruk serta menambah efek glossy pada cat.

Sebelum dipoles atau dikompon, pastikan clear coat kering sempurna yang ditandai dengan teksturnya yang keras saat ditekan. Bila pakai thinner PU dalam jangka waktu 8 jam sudah bisa dipoles.

Jika sudah kering sempurna kita bisa mengamplasnya dengan ukuran 2000 hingga permukaanya halus, yang ditandai dengn warna cat berubah doff dan tekstur kuli jeruk hilang/menipis. 

Kemudian kita bisa mulai proses poles dengan mengoleskan kompon putih merata dan poles menggunakan besin secara berulang hinnga cat kembali glossy dan bekas amplasan hilang. Untuk menghasilkan polesan yang matang setidaknya butuh 15 sampai 20 menit, mungkin jika belum terbiasa akan lebih lama.

Terakhir tinggal menghilangkan bekasa kompon dengan melakukan proses wax, bisa pakai produk kit atau obat pengkilap lainya.

Bagaimana ? sudah jelas ya masbro penyebab clear coat tidak mengkilap adalah penggunaan thinner yang tidak sesuai dan teknik yang dipakai kurang tepat. Intinya adalah jangan mengulang kesalahan yang sama karena masih banyak kesalahan lain yang belum dicoba. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas