Penyebab Clear Tidak Mengkilap - Clear Coat Jahat


Penyebab dan cara mengatasi clear tidak mengkilap - Hallo dulur, bila membaas dunia bodi repair tentu tak kan ada habisnya. Banyak hal yang perlu dipelajari untu menghasilkan kualitas cat yang halus kinclong tanpa terlihat kulit jeruk. Mulai dari teknik memegang dan menyetel spraygun serta mengetahui kualitas bahan mana serta bagaimana cara mengaplikasikanya yang terpenting. Pemakaian thinner pun perlu diperhatikan sesuai fungsinya.

Misal bila ingin epoxy dan cat dasar gunakan jenis thinner A, HG atau bisa pakai super. Sedangkan untuk cat inti wajib pakai tipe super dimana membuat permukaan cat lebih hasil cepat kering. saya sendiri lebih senang pakai merk Alfa bahkan udah 3 tahun lebih, jadi masbro bisa pakai brand tersebut untuk rutinitas body repair.

Untuk membuat cat mengkilap tentu clear coat berperan penting, serta sebagai pelindung dari goresan dan baparan matahari langsung. Tak heran bila cat teralpis pernis membuatnya bertahan lebih lama. Diluar sana banyak sekali merk clear yang bisa masbro pakai mulai harga 100 ribuan dan yang kelas PU bisa kena 300-500rb belum termasuk thinnernya.

 Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap

Meski memakai brand murah bila masbro bisa mengapliasikanya tentu membuat glosy pada cat. Pemakain hardener pun perlu diperhatikan ya mas, banyak yang mengeluhkan clear lama kerng akibat lupa mencampurkan obat pengering atau sudah dicampur tapi takaranya kurang pass.

Beberapa permasalahan lain yang sering dikeluhkan khusus bagi pemula adalah cat sudah dilapis clear tapi tidak mengkilap, lantas apa penyebabnya ?

Seperti yang sudah saya singgung penggunaan bahan serta teknik yang tepat tentu menghasilkan kualitas yang lebih bagus. Jadi bila masbro ngecat tapi tidak bisa terlilhat glosy cek kembali clear clear coat yang dipakai, bila kualitasnya bagus tentu daya kilpanya lebih.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jika sudah memakai bahan bagus namun kilap yang dihasilkan kurang cek kembali jenis clear apa yang dipakai. Sebaiknya untuk proses clear coat wajib memakai tinner PU autoglow, autobright, sikkens atau bisa pakai produk Alfa. Meski clear yang dipakai harga 100 ribuan jika memakai tipe thinner bakar tentu hasil ngeclear masbro nakalan lebih kinclong.



Jadi dapat disimpulkan pemakain thinner berdampak besar dengan hasil repair anda, sebaliknya meski pakai clear coat bagus namun memakai tiner super atau A sebagai pelarutnya justruu membuatnya tidak begitu mengkilap

Cara clear body mobil dan motor yang benar

Sebelumnya pastikan cat sudah tertutup rata dan tidak ada partikel yang nempel, bila adonan clear coat telah siap kita bisa menyemprotkanya secara tipis terlebih dahulu dari atas ke bawah dan tunggu beberapa saat menuju lapisan berikutnya. Sebelum lapisan ke tiga cek apakah ada binatang kecil hingga(nyamuk,lalat) jika segera singkirkan pakai jarum pentul secara perlahan.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor 

Pada lapisan ketiga semprtokan clear coat agak tebal dengan jarak pengecatan 10cm dari media, biar ngak leleh gerakan spragyun sedikit lebih cepat, dengan begini cat leboh terlihat kilap basah dan siap dipoles bila sudah kering keras.

Bagaimana ? sudah jelas ya masbro penyebab clear coat tidak mengkilap adalah penggunaan thinner yang tidak sesuai dan teknik yang dipakai kurang tepat. Intinya adalah jangan mengulang kesalahan yang sama karena masih banyak kesalahan lain yang belum dicoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas