Cara Ampuh Menghilangkan Karat Pada Mobil Dan Perawatanya - Tips Dan Trik


Oke guys masih ketemu lagi sama ane nih. Kemaren kami sudah membahas tentang cara menghilangkan aspal pada mobil secara panjang lebar. Nah.. sekarang saya akan membahas tentang cara menghilangkan kropos pada mobil dan cara merawatnya. Sobat bisa ambil posisi yang enak karena artikel ini sedikit panjang heeheee.. langsung aja gak usah kelamaan bosa basinyaπŸ˜€πŸ˜€

Siapa sih gan yang ngak pengen mobilnya awet dan tidak bakalan kropos sedikitpun ya, pasti pengen semua laahh...Sebelum membahas secara panjang lebar alangkah baiknya sobat tahu dulu apa itu karat??? Karat adalah musuh besar terbesar pada mobil atau besi, dimana karat ini akan menghasilkan penyakit pada mobil yang kemudian menggerogoti rangka hingga body mobil. Sehingga mobil udah nggak kece lagi buat pergi sama pacar. heehee

Karat atau korosi merupakan proses ilmiah yang berkurangnya kekuatan besi yang disebabkan oleh air hujan atau air garam serta panas matahari yang  berlebihan.  Karena semua besi bila terkena air hujan dan terkena air laut pasti akan mempercepat terjadinya karat atau korosi. karena air hujan mengandung kadar asam yang tinggi dan air laut mengandung kadar garang yang tinggi sehingga bisa mempercepat tumbuhnya karat atau korosi pada mobil sobat.

Korosi dapat kita dicegah atau mengurangi dampak yang ditimbulkan atau kita bisa memperlambat terjadinya  korosi. Dengan perawatan yang tepat serta rajin perawatan mobil anda tidak akan  cepat berkarat sehingga mobil kita tetap kinclong tanda ada karat yang menggrogoti mobil kita. Sehingga mobil sobat tetap awat dan pasrtinya akan tetap kece buat pergi sama pacarπŸ˜†πŸ˜†

Namun beberapa orang lupa akan pentingnya merawat mobil agar tidak terjadi proses korosi Sehingga mereka yang mobilnya sudah berkarat akan kebinggungan dan mencari info gimana cara menghilangkan karat pada besi mobil. Kalau udah terjadi karat pada mobil bila tidak segera diatasi karat akan tambah parah dan akan semakin luas. Karena sifat karat bisa menyebar bila tidak segera diatasi. Bila sudah terjadi proses korosi atau karat alangkah baiknya sobat membawa ke bengkel body repair atau tukang las untuk memotong bagian karat tersebut dan mengantinya dengan plat yang baru.

karena seiring berjalanya waktu sekarang mobil-mobil sudah dilapisi cairan anti karat. Namun cairan anti karat tersebut bersifat sementara dan tidak abadi namanya juga hidup didunia guys pasti ya ngak abadi lah heehee....Maka dari itu disini saya akan memberikan tips dan perawatan cara menbersihkan karat pada mobil super cepat.





Cara Ampuh Membersihkan Karat Pada Mobil Dan Cara Merawatnya.
TAHAP KE 1.

Tahap yang pertama adalah kita harus mengetahui bagian mana dahulu yang cetap terjadinya proses korosi atau karat. Bagian yang sering terjadinya karat pada mobil adalah bagian bagian sasis, lantai dan selebor dalam mobil. Kok bagian tersebut bisa cepat berkarat kenapa ??? Karena bagian-bagian yang saya sebutkan tadi adalah bagian yang sering terkena air. Selain itu bagian tersebut sulit untuk dibersihkan karena harus merangkah masuk kedalam kolong mobil agar bisa membersihkan secara maksimal.

Jadi, saran saya adalah bersihkan kolong-kolong mobil dan selebor dalam mobil dengan maksimal. Bila perlu sobat bisa memakai pompa air yang kuenceng untuk menyemprotkan air ke bagian-bagian tersebut. Bila sobat tidak mau ribet masuk ke kolong mobil, sobat bisa membawa mobil anda ke cucian mobil terdekat  yang sudah memakai alat hidrolis.

TAHAP KE 2. 
 
Jika karat sudah menyerang bagian sasis mobil atau bagian-bagian kolong mobil seperti selobor dalam mobil. Maka sobat harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi karat tersebut agar karat tidak menyebar kemanana. Sobat bisa menghilangkan karat yang menempel tersebut dengan cara mengaplas bagian tersebut dengan ampas kasar.

Bila karatnya sudah banyak sobat bisa membersihkannya dengan menggunakan gerinda supaya ni tangan tidak jemporen buat menghilangkan karat,... Bila dirasa karatnya sudah parah atau karat sudah mengrogoti sampai besi tersebut bolong sobat bisa membawa ke tukang las untuk memotong karat tersebut dan mengantinya dengan plat yang baru.

TAHAP KE 3.

Jika karat sudah dibersihkan sampai bersih kemudian sobat bisa mengoleskan plingkut atau cat anti karat kebagian mobil yang terkena karat dan tentunya jangan lupa mengoleskan ke bagian plat yang baru ditambal tersebut. Plingkut sendiri terdiri dari 2 macam yaitu plingkut oles kuas dan plingkut semprot. Anda bisa menggunakan plingkut yang oles kuas saja karena tidak repot tnpa menggunakan kompresor. Sobat bisa melakukan pendempulan ke bagian plat yang berkarat atau plat yang baru ditambal agar terlihat halus. sobat bisa membaca Cara Mudah Mendempul Mobil Dengan Baik dan Benar untuk melakukan proses pendempulan.

Untuk menghindari bodi mobil cepat berkarat kembali alangkah baiknya sobat bisa mengoleskan plingkut ke seluruh bagian dalam mobil mulai dari slebor dalam, sasis, lantai mobil dan bagian-bagian dalam pintu mobil dengan cara membuka dinding pintu tersebut. Capek emang guys bila mengoleskan plingkut ke seluruh bagian mobil anggap aja sebagai olahraga tangan heehee...

TAHAP KE 4.

Gunakan juga Paint Protection atau expoy untuk melindungi body dan cat terbaik pada mobil kamu. Selain membuat mobil anda menjadi kelihatan bersih, cat dasar mobil juga akan terlindungi dari karat atau korosi. Tentunya gunakan Paint Protecion yang berkualitas ya. Sehingga warna cat mobil kamu bisa tetap terjaga dan akan menambah kinclong mobil anda.

Alangkah baik sobat bisa melakukan perawatan ringan secara rutin agar mobil anda tidak cepat korosi atau kropos. Berikut ini adalah cara perawatan rutin agar mobil tidak cepat berkarat.

Cucilah Mobil Secara Rutin.

Sobat bisa mencuci mobil dengan rutin minimal yaa seminggu sekali lahh.. Tujaunya adalah agar semua debu yang jahat dan kotoran yang menempel pada mobil hilang terutama bagian kolong mobil. Karena bagian kolong mobil adalah bagian yang cepat terjadinya proses korosi. Emang sulit sih membersihkan bagian kolong mobil apalagi mobil sobat mobil caper pasti sangat sangat sulit.

Namun, Sobat harus wajib membersihkanya karena bagian kolong mobil sangat rentan terjadi korosi terutama bagian selebor dalam dan bagian lantai. Bila ngak mau ribet sobat bisa membawa ke cucian mobil  terdekat. Kelar dahh semua urusan bila sudah dibawa ke cucian mobil heheheee...

Cucilah Segera Mobil Bila Kehujanan Dan Saat Terkena Air Laut Pasang.

Cucilah segera mobil anda setelah kehujanan. Bila tidak segera dicuci dengan air bersih mobil anda dipastiksan akan cepat berkarat karena air hujan mengandung zat asam yang tinggi. Sobat bisa menyemprotkan air menguunakan selang dengan tekanan yang tinggi agar air bisa sampai ke kolong-kolong mobil dan selebor dalam mobil. Semprot bagian kolong mobil hingga benar-benar bersih dan bekas air hujan dan air garam benar-benar hilang.


Begitupun juga saat mobil sobat terkena air garam atau air laut yang pasang sobat juga harus segera mencucinya dengan air yang bersih  hingga air garam atau air laut benar-benar hilang. Karena bila besi terkena air garam atau air laut besi akan sangat sangat cepat korosi.

Perlu anda ingat sob... Jangan biarkan air hujan, air garam ataupun air bersih mengendap pada mobil anda terutama bagian sela-sela mobil yang sering lalai untuk dibersihkan. Karena disitulah akan timbul benih-benih cinta esssttt... benih-benih kropos mangsutnya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Senprotkan Solar secara Berkala.


Sobat bisa menyemprotkan solar secara berkala pada bagian dalam mobil atau bagian kolong-kolong mobil. Sobat bisa menyemprotkan solar ke selor dalam ke lantai ke sasis dan bagian mobil maupun bagian dalam mobil lainya asalkan muka temen jangan sekalian disemprotπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ 
Tujuan menyemprotkan solar disini adalah untuk memperlambat terjadinya proses korosi pada mobil anda. Karena bila plat mobil terlapisi solar air tidak akan mau menempel pada plat mobil. Secara air dan minyak gak bisa bersatu hehehehe......

Demikian adalah artikel cara membersihkan karat pada mobil dan cara perawatanya. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat untuk mengatasi mobil yang berkarat. Sampai jumpa tips-tips dan perawatan lainya yaaa,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel