8 Tips Ampuh Mengkilapkan Cat Mobil Yang Kusam Dan Pudar - Perawatan


Cara mengkilapkan cat mobil yang mulai kusam dan pudar secara sederhana sangat membantu ketika mobil sudah berusia lebih dari 5 tahunan. Merawat mobil tidak hanya sekedar berkaitan  dengan mesin mobil dan komponen yang mendukung dalam kinerja mesin mobil. Namun penampilan bodi mobil juga harus anda perhatikan karena jika cat mobil sudah mulai kusam dam pudar tentu secara tidak langsung akan mengurangi penampilan mobil anda.

Kondisi cat mobil yang masih baru tentu masih terlihat bagus dan mengkilap. Namun, sering dengan berjalanya waktu bila minim perawatan cat mobil yang awalnya mengkilap bisa menjadi kusam dan pudar..Banyak hal yang menyebabkan cat mobil menjadi cepat kusam dan pudar selain faktor alam penyebab cat mobil kusam juga bisa karena perawatan yang salah. Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat cat mobil menjadi cepat kusam dan pudar.
  • Polusi udara.
  • Pemoles mobil yang menggunakan bahan-bahan abrasive.
  • Pemarkirkan mobil dibawah terik matahari.
  • Saat malam hari mobil selalu terkena embun.
  • Pencucian mobil yang jarang dilakukan.
  • Dan masih banyak lainya.
Bila ingin membuat cat mobil anda selalu tampil mengkilap, maka hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan mengetahui tipe dan jenis cat mobil yang di gunakan. Dengan mengetahui tipe dan jenis cat, anda dapat mengetahui jenis perawatan mana yang cocok untuk mobil yang anda miliki. Pada dasarnya, untuk jenis cat mobil yang digunakan terbagi menjadi tiga jenis, antara lain adalah.
        
       1. Nitro Celulose (NC).

jenis cat Nitro Celulose ini biasanya digunakan pada mobil keluaran tahun 80.an. Cukup tua juga ternyata heeee..  Untuk tipe cat Nitro Celulose  biasanya memang tidak stabill pad warna dan kilapnya. Sehingga anda harus sering melakukan pemolesan . Jika mobil anda sekarang ini menggunakan jenis cat Nitro Celulose, maka anda perlu ektra merawatnya dengan menggunakan obat poles yang berbahan dasar silikon atau Ammy Silicon Glaze.

       2. Nitro Celulose Modified.

Untuk jenis cat selanjutnya adalah Nitro Celulose Modified. Jenis cat ini terkadang digunakan  pada mobil-mobil keluaran tahun 90an. Sebenarnya bahan dasar dari cat mobil ini hampir sama dengan jenis NC biasanya, namun pada NC Modified sudah terdapat bahan tamabahn yaitu bahan hardener yang membuat warna cat menjadi lebih kuat. Untuk perawatan jenis cat Nitro Celulose yang tepat adalah dengan menggunakan obat pengkilap yang dijaul toko-toko cat terdekat. Atau sesekali anda juga bisa melakukan pemolesan agar mobil anda mengkilap seperti baru

       3. Polyurethane (PU).

Untuk jenis cat yang ke tiga adalah polyurethane (PU) atau biasa disebut juga nama cat bakar. Namun bukan cara pengecatan dengan dibakar loo yaa. Jenis cat bakar ini merupakan cat yang paling baik diantara ke dua jenis cat lainya. Maka tak heran bila cat jenis cat polyurethane lebih mahal dari yang lainya. Bahkan harganya bisa sampai tiga kali lipat dengan harga cat pada umumnya. Pada umunya cat bakar bila disemprotkan menggunakan spray bila tidak di pernis hasil catnya akan ngedoff atau tidak mengkilap. Berbeda dengan cat pada umumnya yang hasilnya akan tetap mengkilap tanpa dipernis sekalikpun.

Untuk merawat cat mobil jenis polyurethane (PU) akan leboh baik jika tidak mnggunakan obat lebih baik jika tidak menggunakan bahan-bahan dengan dasar silikon atau bahan . Namun sangat tidak untuk menggunakan bahan yang berdasar silikon atau obat pengkilap.jiandianjurkan untuk menggunakan bahan perawatan yang berdasar organik. Anda cukup mencucikan mobil secara rutin dan bila ada debu-bedu yang menempel anda bisa membersihkanya menggunakan lap kanebo atau kain yang halus. Namun anda juga bisa melakukan pemolesan bila cat sudah mulai kusam.





Lalu bagai mana cara mengkilapkan cat mobil yang sudah mulai kusam dan pudar ?? Berikut ini adalah jawaban cara mengkilapkan cat mobil yang kusam dan pudar.

       1. Lakukan Pemolesan Pada Bodi Mobil.

Langkah yang pertama adalah Siapakan peralatanya dahulu seperti mesin poles, kompon, kit atau turtell dan kain microfiber atau kain yang halus. Kemudian cuci mobil terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan cat menghilang. Jika tidak sempat untuk mencucinya anda cukup membersihkanya dengan kain kanepo yang basah.

Setelah permukaan cat bersih, oleskan rubing kompon secara merata pada area yang akan dilakukan pemolesan. Kemudian anda bisa melakukan pemolesan menggunakan mesin polishing. Lakukan pemolesan hingga cat mobil anda menjadi mengkilap seperti baru. Namun perlu anda ingat, jangan melakukan pemolesan secara terus menerus karena akan mengikis cat mobil anda. Cukup lakukan pemolesan saat cat mobil mulai kusam dan memudar.  

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Kompon di Mobil

       2. Lakukan Wax Body.

Bila anda ingin membuat mobil mengkilap tanpa harus membuat permukaan pernis terkikis secara terus meneruas, anda dapat menggunakan wax body karena dirasa cara ini lebih aman dari pada pemolesan. Namun, cara wax body hanya bisa dilakukan pada cat mobil yang tidak terlalu kusam atau pudar. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengkilapkan cat mobil yang sudah kusam menggunakan cara wax.
  1. langkah yang pertama adalah parkirkan mobil anda ditempat yang teduh. Hal ini bertujuan agar obat wax tidak cepat mengering.
  2. Untuk langkah yang kedua, cuci mobil anda hingga bersih. Ini bertujuan untuk menghilangkan semua debu dan kotoran yang menempel pada permukaan. Untuk menghindari jamur dan becak air pada kaca, setelah selesai mencuci segera keringkan kaca mobil anda menggunakan kanebo atau kain yang kering hingga semua air pada seluruh bagian kaca benar-benar kering dan hilang. Selain membuat kaca mobil menjadi berjamur, sisa-sisa air pencucian pada permukaan cat bila tidak segera dikeringkan juga akan mengakibatkan jamur.
  3. Siapkan mesin poles, busa atau spons, dan kain yang lembut atau kain microfiber. Untuk wax nya anda bisa  menggunakan merk trurtell wax, enamoll, kit dll.
  4. Oleskan obat wax pada spon ( jika anda menggunakan obat poles cair ). Kemudian gososkan spon tersebut pada permukaan cat..
  5. kemudian anda bisa melakukan proses pemolesan hingga cat mobil yang kusam menjadi mengkilap kembali. Jika anda tidak memiliki mesin poles, anda juga bisa melakukan wax secara manual dengan cara gosok permukan cat yang telah diolesi obat wax menggunakan kain microfiber atau kain yang halus. Agar pemolesan manual lebih maksimal lakukan pemolesan dengan gerakan memutar. Perlu anda ingat jika saat proses wax menggunakan mesin poles, anda harus menggunakan busa khus untuk wax yang berwarna hitam. Jika busa yang menempel pada mesin poles berwarna putih berarti digunakan untuk pemolesan menggunakan kompon. Karena berbeda fungsinya, busa yang berwarna hitam lebih empuk dari pada busa yang warna putih
  6. Untuk proses waxsing ini sebenarnya hampir sama dengan proses pemolesan. Namun proses waxing umumnya lebih ringan dari pada pemolesan menggunakan kompon.
  7. Untuk menjaga bodi mobil anda tetap mengkilap dan bebas jamur, anda bisa melakukan proses waxing minimal sebulan sekali dan lakukan pemolesan jika diperlukan..
Agar cat mobil anda tidak cepat kusam dan pudar, anda bisa melakukan perawatan cat mobil dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat cat mobil agar selalu mengkilap dan bebas jamur yang bisa anda praktekan sendiri dirumah.

    1. Hindari mobil terkena air hujan secara terus menerus. Jika mobil terkena air hujan segeralah cuci mobil anda menggunakan air bersih untuk menghindari mobil anda cepat kropos anda bisa menyeprotkan air bersih ke bagian kolong mobil dan slebor dalam mobil hingga sisa-sisa air hujan benar-benar bersih. Jika tidak sempat untuk melakukan pencucian anda bisa mengkeringkan sisa-sisa air hujan pada bodi dan kaca mobil anda menggunakan lap kanebo sehingga tidak menimbulkan jamur dan bercak air pada mobil anda.
    2. Hindari memparkirkan mobil dibawah terik matahari langsung saat siang hari. Anda bisa mencari tempat yang teduh untuk menghhindari panas matahari.
    3. Saat malam hari pun demikian hindari memarkirkan mobil diluar ruangan, karena embun pada malam hari selain bisa membuat mobil cepat kropos juga bisa membuat cat mobil mudah kusam.
    4. Hindari penggunaan obat pengkilap, shampoo dan apapun yang terkait dengan perawatan mobil yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengikis permukaan car mobil anda.
    5. Dan yang terakhir hindari hal-hal yang dapat merusak cat mobil seperti pada saat pengisian air aki ataupun oli rem. Karena bila kedua bahan tersebut terkena cat mobil bisa membuat cat mobil anda rusak 
    Agar anda tidak binggung apa bedanya wax body dengan poles body, Berikut adalah beberapa perbedaanya :

    Wax body merupakan jenis perawatan cat mobil ringan yang tidak membuat permukaan pernis mobil anda terkikis. Wax merupakan semacam lapisan pelindung seperti lilin yang menempel pada permukaan cat yang berfungsi sebagai pelindung cat asli mobil anda. jadi, semakin anda rajin melapisi cat mobil dengan wax, maka cat mobil anda juga semakin terjaga kilapnya. Seperti halnya menyemir sepatu, jika sepatu semakin rajin disemir, maka sepatu tersebut akan semakin mengkilap. Namun, proses wax juga tergantung obat pengkilap apa yang anda gunakan, jika menggunakan obat pengkilap yang perkualitas tinggi maka proses wax akan membuat cat mobil mengkilap secara maksimal.

    Sedangkan poles bodi merupakan jenis perawatan mobil yang bersifat menggikis lapisan cat mobil. Poles body sendiri bertujuan untuk menghilanga pernis mobil yang kusam dengan cara mengkikis permukaan pernis sehingga cat mobil anda kembali mengkilap seperti baru. Sehingga pemolesan mobil yang dilakukan secara terus menerus tidak direkomendasikan untuk merawat cat mobil. Anda bisa melakukan poles bodi dengan jangka minimal satu tahun 2 samapi 3 kali.

    Nah.... demikain tadi beberapa ulasan cara mengkilapkan mobil yang sudah kusam dan pudar. Semoga artikel diatas bisa membantu anda semua. Sampai jumapa diartikel selanjutnya.... 


    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel