4 Cara Memperbaiki Kamera Belakang Vivo Y91, Y93 yang Rusak

Kamera merupakan salah satu fitur yang disepatkan untuk memanjakan pemiliknya, baik sekedar foto atau sekedar merekam vidio. Beberapa ponsel yang saat ini tengah diminati adalah Vivo Y91, Y91C, Y93 atau Y95. namun ada juga yang mengeluhkan dari beberapa seri tersebut mengalami kerusakan pada kamera belakang yang rusak atau tidak bisa digunakan dengan semestinya. Nah bila saat ini terjadi pada hp anda jangan dibuang dulu pasalnya anda bisa melakukan perbaikan sendiri dirumah.

Tentu dengan cara memperbaiki sendiri kita bisa menghemat budget, pasalnya bila sudah ketangan counter harga nya bisa ratusan ribu. Terkadang kamera ponsel error dapat disebabkan masalah pada perangkat software atau bug, jadi bila ingin pengen diperbaiki sendiri berikut kami sajikan bagaimana mcara mengatasinya.

 

  •  Lakukan Penggantian Kamera Depan dan Belakang secara berulang

Untuk langkahnya tidak begitu sulit ya masbro. anda perlu membuka aplikasi kamera dan setting secara bergantian kamera depan dan belakang atau sebaliknya pada ponsel Vivo Y91, Y91C, Y93, Y9 selama beberapa kali. Langkah ini memastikan apakah ada bug atau tidak. 

 

  • Lepaskan Kartu SD card dari poinselmu

Langkah ke 2 yang bisa dicoba buat perbaikan kamera belakang ponsel yang rusak adalah dengan melepas kartu SD yang ada pada Vivo Y91C atau Y93.

Setelah terlepas, anda bisa coba membuka aplikasi kamera tanpa memori, bila kamera sudah bisa kemungkinan besar yang jadi masalahnya adalah kartu SD. Jadi agar kamera kembali normal ganti kartu SD  dengan kapasitas yang lebih besar.

 

  •   Reset Factory/Kembali Pengaturan Awal

Cara ketiga yang bisa dicoba adalah dengan mengembalikan ke pengaturan awal/pabrik, sebelum meresetnya anda perlu mengingat emal serta kata sandi agar file serta aplikasi penting tidak hilang.

 

  •  Bersihkan Cache Kamera

Metode lain yang bisa dicoba adalah dengan membersihkan cache/sampah di hp vivo. Dengan menghabus semua menghapus semua cache kemungkinan besar kamera dapat normal kembali. Seperti yang kita tahu tumpukan file sampah membuat beberapa aplikasik tidak berjalan maksimal. Bila perlu pasang i Manager sebagai cara pembersihan chace secara keseluruhan.  


 

Untuk tahap langkahnya buka menu pengaturan - pengaturan lainya- aplikasi- terpasang- pilih kamera- penyimpanan- kemudian tap bersihkan cache.

 

  • Hapus Data Aplikasi Kamera 

Langkah lain yang bisa dicoba adalah dengan menghapus data aplikasi pada kamera. Data yang elah terhapus nantinya berupa basisi data aplikasi, cache, cookies, history serta data lainya. Langkah ini akan membuat pengaturan aplikasi kamera kembali pada pengaturan awal default. Untuk lebih jelasnya perhatiakan gambar dibawah ini. 


 

Buka menu setting - pengaturan lainya- aplikasi- terpasang- kamera- penyimpanan- kemudian tap hapus data dan bersihkan.


  • Lakukan Penggantian Module Camera

Bila semua cara diatas belum membuahkan hasil, bisa diambil kesimpulan permasalahan ada di module kamera, saaran saya untuk permasalahan ini lakukan penggantian pada service center atau teknisi yang berpengalaman. Sekedar informasi ya masbro, harga penggantian module kamera tidak terlalu mahal kok hanya 080-100 ribuan.

Nah itulah beberapa opsi perbaikan kamera belakang hp vivo Y91, Y93 yang rusak. Meski tergolong baru ada beberapa pengguna yang mengeluhkan permasalahan ini. Semoga bermanfaat, terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas