Cara Membuat Konsumsi BBM Kijang Kapsul Jadi Hemat

Cara membuat konsumsi bbm kijang kapsul jadi hemat - Sudah bukan rahasia lagi bila mobil kawakan tahun 90 an boros bensin, belum lagi bila AC nyala bisa 2x lipatnya.  Beberapa mobil tua namun tetap eksis sampang sekarang adalah jenis kijang super,. Ya hanya butuh 30 jutaan kita sudah bisa membeli kendaaran jenis minibus yang mampu mengakut 7-8 orang dengan mesin yang cukup bandel. 

Degan kapasitas mesin 1500cc kijang super butuh bahan bakar 1:8 untuk perjalanan dalam kota sedangkan 1:10 luar kota.Ya namanya juga mobil jadul belum pakai teknologi injeksi yang sistem pembakaranya lebih sempurna.


 

Saya sendiri juga mengeluhkan mengapa mobil kijang, bila dibandingan dengan mobil baru bisa 2-3 kali lipatnya masbro. Karena merasa terbebani saat perjalanan jauh, akhirnya saya berinisiatif  mencari cara agar agar mobil tua ini tidak terlalu banyak menenggak bensin.

Baca juga Dampak Buruk Mencuci Mobil Dengan Sabun Cuci Piring Sunlight 

Tahap pertama yang bisa agan coba adalah dengan melakukan perombakan pada komposisi squir karburator. Bila masih standar karburator lama pakai squir 177 dan squir 155, bisa dibayangkan bagaimana besarnya ukuran lubang squir. Dengan ukuran sebesar itu tak heran bila mobil kijang super kapsul jadi lebih banyak minum bensin ketimbang jenis LGX desail.

Cara Membuat Konsumsi BBM kijang kapsul Jadi Hemat Bensin

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membongkr karburator, ganti squir utama dengan ukuran 140 kemudian squir kedia bisa diperkecil ukuran 105. Langkah ini memang cukup efektif membuat mobil kijang yang boros jadi irit, namun sayang akselerasinya tidak seganas settingan normal.

Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ?? 

Masih kurang puas dengan cara kedua, tenang sob.. masih ada opsi lain agar tidak boros tanpa mengurangi performa mesin. Anda cukup melaukuan groundstrap pada kabel busi, kabel koil, dan grounding tambhakan ke sisi bodi, bagasi, bagian alternator serta di bagian blok head mesin..

Beberapa jenis mobil tua bagian grounding memang banyak yang melemah, pasalnya groud bawaan pabrik bila sudah termakan usia akan menggurangi kinerjanya. Hal ini lah yang jadi penyebab kestabilan listrik berkurang dan membuat proses pembakaran tidak maksimal. Baca juga Intip Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Elektrik

Sebagai pengganti kabel busi groudstrap gunakan kabel tembaga dari produk delco, kemudian kupas sisi dalamnya sekitar 3-5cm. Selanjutnya tinggal kita lilitkan secara merata keseluruh permukaan busi dengan menyisahkan ujung agak panjang dekat delco untuk di groundkan ke body. Biar lebih aman bungkus dengan isolasi hitam, begitupun juga kabel oil menuju delco. 


 

Tahap terakhir dalah dengan memperbaikin ground lama, gunakan kabel ukuran 2.5mm serta skun untuk dijepitkan pada kedua ujung kabel. Agan bisa membuat 4 kabel ground, yang perlu diingat adalah satu ujung kabel dipasang pada sisi negatif dan ujung lain pasang pada sisi body, alternator, sasis serta bagian head blok mesin.

Bagiamana ?? cukup gampang ya cara membuat konsusmsi bbm mobil kijang kapsul super jadi lebih hemat. Selain pakai opsi diatas sebetulnya masih banyak trik lain yang bisa agan coba, bagi pemula jangan coba-coba ya sob. Pasalnya bisa membuat kelistrikan jadi konslet. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas