Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag yang Menyala Tanpa Reset

Penyabab dan cara mengatasi lampu airbag yang menyala - Bila masuk sisi kemudi roda empat kita disuguhkan berbagai panel indikator warna warni merah, kuning dan hijau yang letaknya jadi satu dengan speedometer. Tak sedikit pengendara yang mengabaikannya, padahal beberapa indikator bisa memberi informasi akan keadaan mobil tersebut.

Beberapa indikator mobil diantranya check engine, sabuk pengaman, koyndisi oli, aki, suhu temperatur mesin, ABS anti-lock breaking system, hand brack serta kondisi airbag.

Dalam keadaan normal beberapa lampu indikator akan menyala selama 10 detikdan mati dengan sendirinya bila kontak diputar dalam posisi ON atau mesin sudah hidup. Beda lagi dengan indikator hand brack bila belim diturunkan akan tetap nyala. Sebaliknya bila dalam beberapa detik/menit tak kunjung padam perlu dicurigai adanya beberapa permasalahan.

Meski semua tergolong penting salah satu fitur yang perlu diperhatikan adalah lampu airbag yang masih menyala. Seperti kita tahu fitur pengaman pada mobil perlu dipastikan dalam keadaan normal sehingga mampu bekerja dengan semestinya saat dibutuhkan. Cara kerja fitur airbag memakai sensor yang diletakan dibeberapa titik fital, bila sensor tersebut mengalami benturan dan tergencet balon airbag akan meletus dengan sendirinya.

Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag yang Berkedip kedip Tanpa Reset

Untuk mematikan lampu airbag sebetulnya cukup simpel ya, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu alat scanner atau reset ulang. Nah untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga Cara Membuat Konsumsi BBM Kijang Kapsul Jadi Hemat 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memposisikan kontak/kunci pada posisi ON (mesin tidak dinyalakan). Kemudian biarkan semua indikator nyala semua, khsusus untuk indikator airbag amati dengan teliti pada waktu akan berkedip segera matikan kunci Off secara cepat.

Ulangi langkah diatas sebanyak 4-5 kali, selanjutnya tinggal menyalakan mesin seperti biasa. Jika lampu indikator SRS mati berarti anda sukses mengikuti langkah diatas, sebaliknya bila masih nyala dan berkedip anda perlu mengulang nya kembali secara teliti.

 

Lampu Airbag SRS

Penyebab lampu indikator SRS Airbag menyala 

1. Masalah pada saklar seatbelt

Penyebab umum yang membuat indikator airbag sering berkedip adalah ada pada sistem seatbelt tepatnya pada saklar seatbeat yang mengalami gangguan.

Fungsi saklar pada sabuk pengaman adalah untuk mendeteksi apakah seatbealt sudah terpasang dengan benar atau belum. Bila sensor atau saklar mengalami gangguan akan berimbas hidupnya lampu airbag meski mesin sudah dinyalakan. Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Gangguan tersebut bisa disebabkan benda asing atau tupukan debu yang menghalangi saklar untuk mendeteksi saat sabuk pengaman ditancapkan.

2. Kabel Clock Spring

Selain dari saklar sabuk pengaman, penyebab lain juga bisa diakibatkan dari clock spring. Clock spring merupakan sebuah komponen sebagai penghubung pengaturan airbag debngan driver module yang letaknya pada kemudi. Tepatnya terpasang pada belakang roda kemudi.

Jika lampu airbag tidak mau padam kemungkinan terjadi masalah pada kabel clock spring. Ini bisa terjadi saat kemudi atau stir dicopot dan terjadi masalah yang tidak disengaja saat memasangnya kembali. Jadi saat agang membongkarnya janga luma memasang kembali kabel clock spring.

3. Gangguan Pada Sistem Keamanan

Tujuan komponen airbag disematkan adalah sebagai sistem keamanan pengemudi saat mobil mengalami benturan cukup keras. Airbag akan langsung meletus dan mengembang dengan sendirinya dari kemudi stir dan dasboard sisi kiri. Agar berfungsi secara normal saat dibutuhkan kondisinya dalam keadaan normal atau tidak mengalami error pada sistemnya.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic Coating Untuk Cat Mobil 

Errornya sistem keamana berkendaar bisa ditandai dengan nyalanya indikator lampu. Namun bukan berarti airbag akan berkembang dengan sendirinya. Permasalahan ini bisa memberikan informasi bahwa ada beberapa gangguan pada sistem keselamatan kemudi, mulai dari seatbelat yang dipasang kurang pass.

4. Kode Komputer Tidak Sesuai

Penyebab lain bisa saja terjadi Pada sistem keamanan mobil, kebanyakan mobil keluaran terbaru memakai perangkat electronik yang diprogam langsung daru data komputer dari kode-kode cukup rumit. SRS pun disusun dari sistem tersebut.

Bisa jadi lampu SRS yang tiba-tiba nyala adanya sistem komputer yang mengalami error bahkan tidak mampu berfungsi secara layak. Nah agar berfungsi secara layak tidak ada salahnya agan melakukan service berkala atau sekedar menanyakan langsung pada ahlimya.

Jika trik cara mematikan lampu indikator airbag yang menyala dan berkedip diatas tidak kunjung berhasil mungkin saja da masalah electronic lain yang tidak kami ketahui. Jadi untuk meninjak lanjutinya silahkan bawa ke bengkel yang ada percayai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas