4 Penyebab Cat Mobil Bintik bintik dan Bergelembung

 

Penyebab Cat Mobil Bintik bintik  dan bergelembung- Haloo dulur.. Pada saatnya kendaraan perlu direpair ulang agar kembali glowing atau sekedar tambal sulam untuk menghilangkan bekas baret yang cukup mengurangi penampilanya. Tentu pekerjaan semacam ini akan lebih baik meyerahkan pada ahlinya, baik bengkel pinggir jalan atau jasa oven.

Namun jika pengen lebih hemat proses cat ulang mobil bisa dilakukan sendiri dirumah dengan peralatan pengdukung, diantaranya kompresor, spray gun dan alat poles. Bahkan hanya modal 1.5 jutaan udah bisa buat beli bahan buat ngecat full body. Jauh lebih murah ketimbang membawanya ke bengkel repair yang kisaran harganya bisa 5-7 jutaan, mungkin melalui proses oven bengkel resmi bisa 2 kali lipatnya.

 

Perlu anda tahu bila mobil sudah pernah dicat ulang tentu kualitasnya tidak seperti cat ori meski warna yang dihasilkan sama dengan cat lama. Dibutuhkan treetment khusus agar senantiasa mengkilap, seperti mempolesnya secara berkala, mencuci saat kotor atau yang lebih simpel memparkirkan ditempat yang teduh.

Beberapa permasalan yang kerap dijumpai bila pernah direpair ulang adalah timbulnya bintik bintik di permukaan cat bahkan ada yang terlihat seperti pulau yang semakin jelas terlihat bila dilihat dari samping. Tuntu bila ini terjadi akan menggurangi estetika atau keindahan mobil anda.

Penyebab Cat Mobil Bintik Bintik


Penyebab timbulnya bintik bintik atau gelembung dipermukaan mobil disebabkan kelirunya teknik serta pengapliakasian bahan saat proses repair berlangsung. Untuk mengetahui lebih jelas mengapa permasalahan ini terjadi akan kami kupas tuntas secara gamblang dibawah ini :

  • Penggunaan Dempul Spot/Odol

Beda dengan dempul plastik polyester, dempul spot lebih praktis digunakan tanpa perlu hardenner sebagai pengering. Cara menggunakannya pun cukup praktis tinggal pencet lalu aplikasikan degan kape. 


 

Fungsi dempul spot ini adalah sebagai pengganti poxy yakni untuk menghilangkan sambungan dempul atau menutup pori-pori dempul. Bisa dikatakan menggunakan dempul odol lebih praktis dan bisa mempercepat pekerjaan, secara bila sudah diapliakskan tinggal tunggu 5 menit sudah siap diamplas dan bisa langsung ke proses cat dasar. Yaaaa.. Istilahnya bus patas lah...

Baca juga Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru

Berbeda bila memakai poxy untuk menutupi dempul yang harus menunggu 3-4 jam lebih agar bisa diamplas. Jadi proses cat ulang mobil bisa berlangsung cukup lama.

Namun tahukah kamu meski menggunakan dempul odol bisa mempercepat pengerjaan, penggunaan dempul odol yang terlalu tebal bisa menjadi penyebab timbulnya bintik bintik.  Gelembung cat ini tidak langsung terlihat saat proses repair selesai, namun akan nampak selang 3-4 bahkan semakin parah bila dibiarkan saja.

Hubungi bengkel body reapir

Jadi agar hal ini tidak terjadi akan lebih baik anda berkonfirmasi sama mas bengkel agar pekai epoxy sebelum dicat.

  • Clear Coat Bercampur Air
Mengapa bisa tercampur air, seperti yang kita tahu angin yang dihasilkan dari mesin kompresor 10% nya bercampur air. bila saat menyemprotkan clear coat kemingkinan besar air ikut keluar melalui lubang spraygun. sama halnya dengan minyak,bila cat bercampur air maka tidak menempel secara sempurna. 
 

Efek yang ditimbulkan saat tercampur air adalah cat terlihat seperti mata ikan atau timbulnya lubang kecil kecil  serta munculnya gelembung pada permukaan cat yang cukup rata dan tidak bisa dihilangkan meski dipoles sekalipun.
 
  • Cat Bercampur Dedu
Kalau menyebab terakhir ini bisa terjadi bila proses repair dilakukan pada luar ruangan dimana debu halus serta beberapa binatang kecil rentan menempel saat tahap clear coat berlangsung.
 

Namun anda cat perlu cemas karena masih bisa dihilangkan tanpa perlu repair ulang, cukup diamplas dengan ukuran 2000 sampai halus dan dipoles dengan kompon putih.

  • Karat yang Tembus

Seperti yang kita tahu sebelum didempul ulang kondisi plat harus benar-benar bersih terbebas dari minyak dan karat. Dengan demikian dempul tidak gampang mengelupas, namun akan lebih bagus plat diberi lapisan poxy sebelum mendempulnya. 


 

Ya benar.. Meski dempulnya cukup tebal dan sudah ditimpa beberapa palisan epoxy cat dasar, cat inti dan clear coat. Bila permukaan plat tidak dipoxy karat akan tembus nampak seperti gelembung kecil yang mengurangi nilai estetika kendaraan.

Nah sekarang sudah tahu ya sob beberapa penyebab cat mobil bintik bintik dan bergelembung. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya cari tahu bahan apa saja yang dipakai saat proses repair dari awal hingga tahap finshing. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas