Penyebab Setir Mobil Terasa Goyang Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab setir mobil terasa goyang saat kecepatan tinggi - Hallo dulur... Mobil merupakan salah satu kendaraan pribadi yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan motor. Ya.. Dibandingkan roda dua, kendaraan roda empat ini mampu mengakut lebih banyak orang tanpa khawatir kehujanan atau panas disiang hari.

Namun untuk mendapatkan semua kenyamanan tersebut perawatan penting dilakukan sehingga berkendara akan terasa aman dan nyaman. Selain mengganti oli secara teratur, servis tun up juga penting kamu lakukan untuk mengetahui kelayakan komponen pada mesin mobil serta selalu mengecek kondisi air radiator agar tidak terjadi overheat saat mesin panas.

Selain kondisi mesin, yang tak kalah penting dan menyangkut keselamatan adalah pengecekan kaki-kaki mobil meliputi Support Shockbreaker, Shockbreaker, Laher Roda, Tie Rod, Rack And, Rack Power Steering, Ball Join, CV Join, Stabilizer, Link Stabilizer, Lower Arm, Dan Bushing Trailing Arm.

Jika salah satu komponen kaki-kaki diatas rusak atau bermasalah tentu membuat laju kendaraan kurang nyaman bahkan mengancam keselamataan pengendara. Tak sedikit yang mengalami roda terlepas akibat Ball Join ambrol dan bunyi glodak glodak saat melewati jalan yang rusak.

Penyebab setir mobil terasa goyang saat kecepatan tinggi 100 km/jam

Ada beberapa faktor yang menyebabkan setir mobil terasa goyang dan bergetar saat kecepatan tinggi 100 km/jam yang bisa kamu cek satu persatu. 

Ban mobil tidak seimbang


Meski terlihat sepele nyatanya memilihan ban juga berdampaka langsung dengan performa kendaraan. Ban mobil yang tidak seimbang dengan satu sama lain atau permukaanya tidak rata/habis sebelah bisa membuat setir mobil bergetar karena perputaran roda tidak stabil.

Untuk mencegah hal ini ada baiknya memakai ban dengan merk/tipe dan ukuran ban yang sama dan pastikan mengganti ban setelah usianya 5 tahun dari waktu produksinya. Hal ini menghindari terjadinya pecah ban yang kerap terjadi akibat ban kadaluarsa.

Tidak pernah spooring balencing


Salh satu perawatan yang cukup penting kamu lakukan adalah sporing balencing. Karena hal ini berdampak langsung dengan setir kendaraan. Dengan sporing balencing mobil akan lebih seimbang satu sama lain sehingga setir akan terasa tenang saat melaju kecepatan tingga atau saat jalan rusak serta menghindari ban habis sebelah.

Spooring balencing bisa kamu lakukan setelah jarak tempuh kendaraan 10.000 km atau saat mobil terasa kurang nyaman dan saat melakukan pergantian ban/velg.

Rusaknya komponen kaki-kaki


Penyebab lain setir mobil begetar, tidak seimbang dan ingin belok sendiri saat jalan lurus yakni rusaknya komponen kaki-kaki mobil. Seperti yang kaami jelaskan tadi kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen, jika salah satu aus tentu mobil terasa kurangnyan bahkan terdengar suara glodak glodak yang cukup menganggu.

Jadi untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan servis dibengkel khusus kaki-kaki untuk mengetahui komponen mana yang telah aus dan perlu peremajaan atau mengeceknya sendiri satu persatu.

Bearing/laher roda aus


Selain permukaan ban yang kurang rata akibat tidak pernah spooring, bearing roda yang aus juga mengakibtakan setir mobil terasa bergetar dan bergoyang saat kecepatan tinggi akibat salah satu rodaa mobil berputar tidak seimbang. 

Selain membuat setir bergetar, bearing yang aus juga menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen kaki-kaki lainya seperti bushing arm, tierod, ball joint dan lainya. Karenya memerlukan perawatan rutin dengan pelumasi komponen tersebut menggunakan grease untuk meminimalisyir timbulnya gesekan antar komponen yang menjadikanya cepat aus serta mengganti karet pelindungnya agar aur hujan tidak masuk.

Kondisi velg

Velg yang penyok tentu mengakibatkan putaran roda tidak stabil sehingga membuat setir mobil terasa bergetar. Jika penyok meski sedikit tentu akan berdampak langsung, jadi kamu bisa meluruskanya kembali.

Nah temen-temen, demikianlah informasi dari penyebab setir mobil terasa bergetar dan goyang saat kecepatan tinggi 100 km/jam yang bisa kamu cek satu persatu. Sekian, semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas