Cara Belajar Setir Mobil Manual dan Matic Tanpa Harus Kursus


Cara belajar setir mobil manual dan matic - Dijaman yang serba cepat ini kita dituntun untuk selalu tepat waktu(ontime), baik itu saak berangkat kerja maupun pada saat aktifitas lainya. Aktifitas yang padat ini banyak orang memutuskan untuk membeli kendaraan pribadi baik itu roda 2 maupun roda 4, dibandingan kita harus naik angkot yang kadang harus menunggu lama sampai angkot datang.

Memiliki kendaraan sendiri merupakan salah satu solisi untuk bepergian disuatu tempat agar bisa sampai tepat waktu. Salah satu kendaraan yang digemari oleh masyarakat saat ini adalah road 4 atau mobil. Bukan tanpa alasan kendaraan mobil saat ini banyak diumat manusia bahkan saat ini harga mobil bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

image by youtube.com
Sayangnya tidak semua orang bisa atau mahir atau bahkan tidak berani untuk mencoba menyetir mobil sendiri. Banyak alasan yang bisa membuat seseorang tidak berani untuk mencoba nyetir mobil sendiri. Memang saat ini banyak sekali tempat kursus menyetir mobil dengan segudang menawaran, namun mahalnya kursus menyetir mobil membuat orang engan untuk mencobanya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara belajar setir mobil tanpa kursus baik anda menggunakan mobil manual maupun mobil matic. Cara dibawah ini akan kami tulis steep by steep supaya anda mudah memahaminya dan mudah mempraktekan sendiri dirumah, tidak hanya 3 atau 4 steep melainkan kami memiliki 7 steep yang bisa anda pelajari sendiri. Berikut ulasanya

1. Pertama Melakukan Adaptasi di Dalam Tempat Kemudi

Kebanyakan orang yang ingin belajar mengendarai mobil langsung berambisi untuk mencoba menjalankanya, padahal hal ini justru akan membuat anda trauma jika menabrak suatu benda yang mengakibatkan mobil sampai penyok. Alangkah baiknya anda bisa duduk dikursi kemudi terlebih dahulu saat mobil dalam posisi berhenti sambil mencoba memegang setir membelok-belokanya ke kanan maupun ke keri dan coba untuk memindahkan persneling dan pahami petunuk yang tertera di persneling.

Baca juga 10 Cara Yang Benar Merawat Mobil matic Yang Perlu Anda ketahui 


Anda juga bisa mempelajari fitur bawaan mobil dan fungsi-fungsi yang menempel pada dashboard mobil. Pelajari hal-hal dasar seperti menghidupkan dan mematikan mesin mobil, menggunakan lampu sein, lampu jarak jauh, menyalakan wiper dll. Oh iya saat mencoba menghidupkan mobil pastikan perseneling dalam posisi N(netral)/tuas persneling berada ditengah-tengah, jika mobil matic tuas persneling arus dalam posisi P.

2. Posisi Mobil Ditempat Yang Datar 

Jika posisi mobil tidak ditempat yang datar, anda bisa meminta tolong tetangga atau teman yang bisa nyetir untuk memindahkan mobil ke tempat yang datar dan lapang tanpa ada benda dapat mengganggu saat kita mencoba menjalankan mobil.

3. Mengatur Posisi Tempat Duduk

Sebelum memulai menjalankan mobil ambilah posisi tempat duduk yang dapatb membuat anda nyaman saat perjalanan. Jika tempat duduk kurang nyaman akan mempengaruhi kaki-kaki kita saat menginjak gas, rem dan kopling. Pastikan juga kita nyaman atau bisa memegang setir dengan pass.

Untuk mengatur posisi tempat dudut, anda bisa menekan pedal atau kawat yang terletak dibawah jok sebelah kanan. Jika anda terlalu jauh dengan stir anda bisa memajukan jok dengan cara menekan/menarik kawat yang ada dibawah jok, Jika sandaran jok kurang nyaman anda bisa mengaturnya dengan menekan keatas atau kebawah kawat/pedal yang mempel pada jok sebelah kanan.

Baca juga  4 Akibat Menggunakan Air MIneral Pada Radiator Mobil
 Jika mobil anda sudah mengusung electrik sistem anda cukup menekan tompol yang mempel di bawah jok sebelah kanan.

4. Mengenali Semua Fungsi Pedal

Untuk jenis mobil manual ada 3 pedal yang perlu anda pelajari, pertama pedal bagian kanan berfungsi untuk gas, pedal tengah berfungsi sebagai rem dan pedal kiri berfungsi sebagai kopling. Berbeda dengan jenis mobil matic yang memiliki dua pedal, pedal sebelah kanan berfungsi sebagai gas dan sebelah kiri berfungsi sebagai rem.

5. Menguasai kopling

Khusus untuk mobil jenis manual anda harus memahami atau menguasai kopling untuk menjalankan mobil. Sebenarnya cara menggunakan kopling mobil sama halnya dengan menggunakan kopling sepeda motor sehingga mudah sekali untuk anda pelajari.

Kopling merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk memutus perputaran mesin dan perputaran roda yang masih terhubung. Selain itu fungsinya juga untuk melancarkan mesin saat kita menambah atau mengurangi persneling mobil.

Perlu anda ketahui bahwa mesin sudah mengalami putaran meskipun mobil belum berjalan. karena putaran yang terjadi pada mesin belum bisa terhubuhng ke roda sehingga roda tidak bisa bergerak maju maupun mundur. Sehingga yang menghubungkan roda ke putaran mesin yaitu dengan menggunakan rangkaian kopling tersebut.

Kopling dan roda akan terhubung jika persneling berada pada posisi 1,2,3,4,5 dan R. Apabila persneling berada diposisi N(netral) maka putaran mesin kopling dan roda tidak terhubung.

6. Mengoprasikan Pedal

Didalam pengorasian pedal anda harus berkonsentrasi saat menginjak pedal dan harus mengetahui mana pedal gas dan mana pedal rem. Bagi anda yang ingin belajar setir mobil manual, anda harus bisa membiasakan melepas kopling secara pelan-pelan terutama saat mobil akan mulai berjalan dan jangan lupa setiap ingin memindah persneling anda harus menekan kopling yang dalam terlebih dahulu setelah persneling dipindah lepaskan kopling secara pelan-pelan.

7. Tuas Transmisi Posisi N

Belajar setir mobil pemula selanjutnya adalah mengamati posisi tuas perseneling sebelum mobil dihidupkan. Pastikan tuas persneling berada pada posisi tengah-tengah atau dalam posisi N(netral).

Untuk mengetahui tuas transmisi pada posisi N anda bisa menggoyang-goyangkan tuas transmisi ke depan dan ke belakang, jika posisi tuas transmisi berada ditengah-tengah maka dalam posisi N. Unrtuk lebih jelasnya anda bisa melihat petunjutk penggunaan tuas transmisi yang tertulis  diatas karet tuas trannsmisi. Jika menggunakan mobil matic tuas transmisi harus dalam posisi P atau N.

8. Menghidupkan Mesin

Jika menggunakan mobil manual, sebelum mobil dihidupkan injak kopling penuh atau sampai dalam. Kemudian nyalakam mesin dengan menstarter dengan kunci. Sebenarnya mobil langsung dinyalakan tanpa harus menginjak kopling terlebih dahulu tidak jadi masalah. Menginjak kopling ini bertujuan jika persneling mobil tidak berada pada posisi N maka mobil tidak langsung nyelonong jalan dengan sendirinya.


9. Mejalankan Mobil

Sebelum menjalankan mobil pastikan kaki kanan berada pada posisi gas dan kaki kiri berada di posisi kopling. Kemudian tekan kopling hingga dalam dan pindah tuas persneling ke posisi gigi 1 dan lepas hand rem. Tekan gas secara pelan dibarengi dengan melepas kopling secara pelan-peln, jika kopling langsung dilepas maka mesin mobil akan langsung mati.

Baca juga  5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol Samping

Agar mesin tidak mudah mati anda harus harus bisa menyeimbangkan gas dengan kopling secara pelan pelan. Supaya cepat mahir menggunakan kopling anda harus mencoba beberapa kali agar tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling bisa dikombinasikan. Dalam hal ini anda juga dituntut harus siap dengan rem tangan(handrem) jika mesin mobil mati secara mendadak anda harus siap marik rem tangan.

Anda harus memperhatikan suara mesin apabila suara mesin mobil terasa/terdengar ingin mati maka anda harus menginjak kopling lebih dalam.
 
10. Memindahkan Tuas Persneling

Cara belajar setir mobil pemula yang terpenting adalah pengetahuan mengenai tuas gigi persneling. Apabila mesin mobil sudah dihudupkan dan suara mesin sudah terasa setabil maka anda bisa memindah tuas transmisi dari posisi N ke posisi gigi 1 dengan cara menarik tuas ke kiri kemudian dorong kedepan,untuk lebih jelasnya anda bisa membaca pedonan yang tertulis dituas persneling. Oh iya jangan lupa sebelum memasukkan gigi 1 injak kompling sampai dalam terlebih dahulu dan kaki kanan pada posisi siap menekan pedal gas kemudian lepas handrem.

Jika mobil sudah berjalan anda bisa menambah kecepatan dengan menginjak gas sedikit dalam secara perlahan dan dibarengi dengan melepas kopling secara perlahan.

Setelah mobil berjalan dengan stabil maka mulailah menambah gigi ke 2 saat mobil berjalan dengan dibarengi menakan pedal kopling dan tekan gas secar perlahan dibarengi dengan melepas kopling. Untuk memindah atau memindah persneling anda harus melepas gas terlebih dahulu.

Sebelum menambah gigi ke 3 pastikan terlebih dahulu suara mesin terasa stabil begitu seterusnya jika menambah gigi ke 4 dan ke 5. Namun untuk pemula cukup menggunakan gigi sampai 3 saja. Karena gigi ke 4 dan ke 5 kondisi mobil sudah menunjukkan kecepatan 60-80km/jam.

Berbeda dengan mengendarai mobil matic kita cukup memindah tuas perseneling ke D1 untuk maju dan menghinjak pedal gas secara perlahan dan jangan lupa untuk melepas handrem. Terkadang posisi handrem mobil matic terletak dibawah disamping pedal kopling(tergantung mobil apa yang digunakan).
 
11. Cara Memundurkan Mobil

Seperti yang sudah kita ketahui kendaraan mobil bisa berjalan maju maupun mundur, ada kalanya kita juga mengendarai mobil dengan berjalan mundur. Berjalan mundur ini digunakan untuk memutar kendaraan apa bila kita salah jalan atau pada saat parkir, sehingga penting juga bagi kita untuk menguasai mobil saat berjalan mundur.

Agar mobil dapat melaju mundur anda dapat memindahkan tuas transmisi dengan cara menarik tuas ke tengah kemudian tarik ke paling kanan dan tarik tuas ke bawah pada tulisan R(mundur). Jangan lupa menginjak pedal kopling terlebih dahulu kemudian pindahkan tuas ke tulisan R. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat panduan yang tertulis diatas tuas persneling.

Sebelum berjalan mundur pastikan dibelakang mobil tidak ada halangan dengan cara melihatnya dari spion kanan, kiri maupun spion yang ada didalam kabin bagian atas. Jika sudah dipastikan tidak ada halangan yang menggangu jalanya mobil anda bisa menekan kas secara perlahan dan melepas kopling secara perlahan dan anda sudah bisa merasakan mobil mulai berjalan mundur. Persiapkan juga kaki kanan jika sewaktu-waktu anda ingin berhenti untuk secara menginjak pedal rem.

Jika ingin berbelok anda bisa memindahkan tuas persneling pada gigi 2, bila gigi 2 suara mesin mobil terdengar berat anda bisa menggantinya ke gigi 1 dan jangan lupa untuk menekan kopling agar mesin tidak mati.

Intinya, cara belajar setir mobil manual dan matic sama halnya dengan naik sepada motor kopling. Yang terpenting agar cepat bisa menyetir mobil adalah harus selalu optimis yakin bisa dan jangan takut nabrak. Jika sudah terbiasa maka anda sudah bisa menguasai kondisi mobil saat melaju dijalan manapun. Jika masih ragu anda bisa menyuruh teman yang mahir nyetir untuk mendampingi kita atau sebagai kopilot😄😄

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel