Cara Belajar Setir Mobil Matic Bagi Pemula Tanpa Kursus


Belajar setir mobil matic - Seperti yang sudah kita ketahui saat ini mobil di indonesia atau dibelahan dunia mobil memiliki 2 transmisi yaitu manual dan automatic. Saat ini mobil yang menggunakan transmisi matic banyak sekali dipilih atau digemari masyarakat. Bukan tanpa asalan, dijalan yang cukup padat dan macet saat ini mobil matic bisa kita diandalkan karena kita tidak perlu capek-capek untuk mengopar-oper gigi dan menekan pedal kopling.

Banyak orang beranggapan bahwa mobil matic kurang bertenaga terutama saat melewati tanjakan, namun anggapan itu bisa dikatan HOAX. Karena mobil matic saat ini transmisinya didesain sedemikian rupa sehingga performanya bisa bersaing dengan mobil bertransmisi manual terutama saat melewati jalanan yang nanjak.

image by asapmobil.com
Berbeda dengan mengendarai atau belajar setir mobil manual yang menggunakan pedal kopling siap memindahkan gigi/transminsya. Cara mengemudi mobil matic bisa dikatakan sangatlah mudah karena menggunakan 2 pedal yaitu rem dan gas, sehingga kita tidak perlu capek-capek menginjak pedal kopling setiap ingin memindahkan tuas transmisi.

Jika menjalankan mobil manual kita harus menyeimbangkan pedal gas dan kopling agar mesin tidak mati, cara menjalankan mobil matic sangatlah mudah yaitu tinggal menginjak pedal gas secara perlahan tanpa takut mesin akan mati.

baca juga 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol Samping 

Nah.. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti beberapa tahapan atau urutan yang benar cara belajar setir mobil tanpa kursus menggunakan mobil automatic/matic. Cara ini kami buat sedemikian rupa sehingga akan mudah anda pahami tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk membayar jasa kursus. Berikut penjelasanya
  • Langkah Pertama 
Sebelum ketahap menghidupkan mesin dan menjalankan mobil cara belajar setir mobil pemula alanglah baiknya anda terlebih dahulu mengambil posisi duduk yang nyaman. Jika tempat duduk atau jok kurang maju anda bisa menarik atau menekan kebawah tuas yang ada dibawah jok kemudian geser jok kedepan. Jika jok kurang kebelakan tekan tuas kemudian geser jok kebelakan.

Coba untuk memang setir kemudi dengan kedua tangan dan coba untuk membelok-belokanya secara perlahan dan mencoba untuk menginjak pedal gas secara perlahan dan coba juga untuk menginjak pedal rem. Hal ini dilakukan agar kita tidak kaku saat mobil sudah mulai jalan.

Baca juga  Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes

Pahami juga fitur-fitur yang menempel didashboard mobil, tuas yang terletak dibawah setir sebelah kanan berfungsi untuk menghidupkan lampu sein. Jika ingin belok kanan anda bisa menghidupkan lampu sein sebelah kanan dengan cara menekan tuas kebawah begitu sebaliknya jika ingin belok kiri anda bisa menghidupkan lampu sein dengan menarik tuas ke atas. Catatan lampu sein akan mati secara otomatis jika setir dan ban sudah berjalan lurus. Jika ingin mematiakan secara manual anda bisa menarik tuas ke tengah-tengah.


Untuk tuas yang berada dibawah setir sebalah kiri berfungsi untuk menghidupkan headlamp, wiper dan lampu jarak jauh.
  • Langkah Kedua
Pastikan mobil dalam posisi datar tidak dalam tanjakan dan disekeliling mobil tidak ada benda yang menganggu pada saat kita menghidupkan mesin. Alangkah baiknya anda bisa menyuruh teman yang bisa nyetir mobil untuk memindahkan ke tempat yang lapang.

Selanjutnya anda bisa menyalalakan mesin dengan cara memutar kunci mobil kedepan atau ke staters,sebelum menghidupkan mesin alangkah baiknya anda bisa menginjak pedal rem dengan kaki kiri dan kaki kanan bersiap-siap untuk menginjak pedal gas dan jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman.

Apabila mesin baru dihidupkan tunggu beberapa menit hingga suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara maksimal.
  • Langkah Ketiga
Setelah suara mesin sudah terdengan halus dan suaranya stabil anda bisa menarik tuas persneling. Untuk menjalankan mobil ke depan tekan pedal rem kemudian pindahkan tuas persneling yang awalnya pada posisi P anda bisa memindahkanya pada posisi D. Kemudian lepas handrem agar mobil tidak terasa berat saat berjalan.


Lepas pedal rem dan injak pedal gas secara perlahan menggunakan kaki kakan dan kaki kiri bersiap-siap untuk menginjak pedal lem jika sewaktu-waktu kita ingin berhenti kaki kita sudah siap menginjak rem dan mobil akan mulai berjalan maju.

Baca juga  Cara Mengkilapkan Velg Mobil Alumunium Tanpa Harus Kebengkel

Bagi pemula tahap ini akan terasa canggung karena bila pedal gas mobil akan langsung nyelonong maju kedepan dan pasti kita langsung akan menginjak pedal gas takut mobilnya melaju kencang. Namun jika kita sudah terbiasa maka kaki dan mental kita akan terbiasa dan bisa menjalankan mobil dengan lancar.
  • Langkah keempat 
Setelah bisa menjalankan mobil kedepan/maju, tahap selanjutnya adalah cara agar mobil bisa berjalan mundur. Hampir sama dengan cara berjalan maju, jika ingin berjalan mundur kita cukup menginjak pedal rem kemudian pindahkan tuas transpimi ke posisi R. Tekan gas secara perlahan dan mobil akan berjalan mundur.

Sebelum berjalan mundur pastikan dibelakang mobil tidak ada halangan apapun. Anda bisa memanfaatkan kaca spion kanan dan kiri untuk melihat kebelakang. Selain kaca spion samping anda juga bisa melihat komdisi dibelakang dengan melihatnya dari spion yang terletak didalam kabin atau diatas dashboard.

Alangkah baiknya jika masih pemula atau masih kaku anda bisa belajar menjalankan mobil maju kedepan dan kebelakang terlebih dahulu. Jika sudah mahir anda bisa belajarsetir mobil dijalan yang berbelok. Untuk menghindari bodi mobil penyok atau lecet anda bisa belajar dijalanan yang sepi atau dilahan yang lapang.

Kesimpulanya adalah jika ingin menjalankan mobil ke depan pindah tuas transmisi ke D, jika ingin mundur pindah ke R dan N untuk posisi netral nanum dalam posisi mesin masih hidup. Jika berjalan ditanjakan atau dipegunungan pindah tuas transmisi ke D2 jika mobil masih teras berat saat menanjak pindahkan ke D1 dan D3 digunakan untuk melaju dengan kecepatan yang tinggi diatas 80-90km/jam. Namun terkadang D3 hanya ada pada mobil tertentu.

Bila mobil pada umunya cuman ada persneling P R N D D1dan D2, Jika ingin melaju lebih kencang pindah tuas ke D2.

Perlu anda ketahui pada saat ingin berhenti dan mematikan mesin, terlebih dahulu anda harus memindahkan tuas transmisi ke posisi P dan matikan mesin mobil. Jika mobil langsung dimatikan dan tuas tidak pindah ke posisi P maka kunci mobil tidak bisa dicabut.

Sebelum keluar dari mobil jangan lupa untuk menarik handrem agar aman dan mobil tidak berjalan maju dengan sendirinya. Selain ada di dasboard pada mobil tertentu handrem terletak dibawah atau disamping sebelah kiri pedal rem. Jika handrem berada dibawah samping pedal rem anda bisa menginjak pedal handrem tersebut.

Mungkin itu penjelasan saya mengenai belajar setir mobil matic bagi pemula. Pengalaman pribadi saya belajar mobil matic selama satu dan sudah mahir mengendarai mobil matic baik saat ditanjakan maupun dijalanan yang curam. Semga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel