Cara merawat Dan menghitamkan List Karet Kaca Mobil


Cara menghitamkan list karet kaca mobil - Banyak lembaga survei memaparkan perawatan mobil hanya dilakukan pada sektor eksterior yang nyata terlihat mata seperti bagian cat body. Karena kata mereka merawat cat mobil merupakan hal wajib biar tampilan mobil tetep kinclong dan memiliki harga jual yang mahal.


Sebenarnya tanggapan diatas tidak lah salah, hanya saja jangan melupakan bagian-bagian yang taerlihat mata lalu tak disentuh perawatan. Contoh misal pada komponen karet, ya fungsi utama karet adalah untuk meredam getaran bila mobil melewati jalan yang bergelmbong. Jika karet ini tak dilakukan perawatan dan rusak tentu mobil akan terasa glodak-glodak saat melewati jalan yang rusak.

Selain fungsinya untuk meredam getaran, list karet kaca juga berfungsi biar kaca tidak pecah akibat getaran saat mobil berjalan. Selain itu fungsi lainya adalah untuk melancarkan pergerakan naik turun kaca. Semua kaca pintu mobil memiliki 2 list yakni bagian luar dan dalam.

Baca juga Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Getah Mangga pada Kaca Mobil

Jadi lakukan perawatan juga pada bagian karet ini supaya dapat berfungsi dengan baik. Seiring dengan usia mobil, list karet ini akan ditumbuhi banyak jamur yang dapat membuatnya menjadi terlihat kusam.

Om sigit bengkel variasi menutur kan, karet ini mudah sekali berjamur bila mana tidak sekalian dibersihkan saat mencuci mobil. Untuk menjaga karet biar awet sebenarnya cukuplah simpel yakni dengan menyikatnya diwaktu mencuci mobil pakai sikat gigi atau bisa dengan kuas cat dan pakai sabun pastinya brooo.

Banyak hal yang menyebabkan tumbuhnya biang jamur ini mulai dari terkena air hujan, salam dalam perawatan, terlalu sering terkena bahan kimia, faktor usia dll.

Baca juga 3 Bahan Ampuh Menghilangkan Jamur Yang menempel di Chrome

Apakah ada cara menghitamkan list karet kaca mobil yang kusam ?? Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat warna list mobil menjadi hitam kembali. Dibawah ini adalah beberapa bahan yang sering saya gunakan dibengkel untuk menghilangkan jamur pada keret mobil. Toh biang jamur ini kan yang buatnya jadi kusam.

Pakai Kompon

Bahan ini memang sangatlah aman digunakan tanpa perlu khawatir akan efek sampingnya. Cara menggunakanya pun tergolong mudah yakni dengan melepas lis kaca(bila bisa dilepas), bila tidak dipelas pun tiak masalah namun akan sedikit sulit untuk membersihkanya.

Ratakan kompon pada permukaan karet, diamkan sejenak biar noda yang menempel melunak lalu gosok pakai kan yang bersih dan halus sob. Biar noda jamur yang terangkat tidak nempel kembali gantilah lap yang baru bila sudah kotor.

Pakai Thinner

Pakai thiner juga lo bro..Ngak percaya ?? thiner ini malah lebih mudah ngangkat jamur ketimbang kompon lo, namun pengguanya harus hati-hati. Kan tahu sendiri bila cat terkena thiner bisa rusak dah tu bodi mobil. Biar lebih aman dan gak terkena permukaan cat lepas list kaca  terlebih dahulu dengan cara sedikit mencongkel ke atas pakai obeng. Biar lapisan cat tidak rusak terkena obeng anda bisa melapisinya pakai kain.

Baca juga 4 Tahap Membersihkan Blok Mesin Mobil Penuh Oli Dijaman Kinclong


Tuangkan thiner secukupnya di permukaan lap kemudian gosokan pada permukaan karet hingga kotoran dan jamur yang nempel hilang. Karena thiner sifatnya cepat menguap jadi cara ini harus dilakukan dengan cepat. Selain dapat membersihkan jamur thiner juga bisa kerak pada karet kaca mobil mobil broo.

Selain dengan kedua bahan tersebut sebenarnya ada cara lainya yakni pakai silicon atau semir ban. namun pengguaan silicon itu tidak dapat bertahan lama, bila lapisan silicon sudah hilang maka karet akan kembali kusam. Karena silicon atau semir ban bersifat melapisi dan tidak dapat menghilangkan biang penyebab karet yang kusam.

Yang terpenting adalah jangan melakukan pengecatan pada permukaan karet. Memang bila baru dicat warna karet akan kembali hitam mengkilap namun bila cat mulai mengelupas justru membuat tambilan mobil kurang menarik lagi. Seperti yang sudah saya jelaskan kemarin bahwa cat tidak dapat menempel sempurna pada permukaan karet.

Bagimana ?? cukup jelas kan temen-temen seputar cara menghitamkan list karet kaca mobil. Bila masih ada kebinggungan anda bisa membubuhkan pertanyaan dikomlom komenter yang ada dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel