4 Tahap Membersihkan Blok Mesin Mobil Penuh Oli Dijaman Kinclong


Melakukan perawatan mobil merupakan rutinitas yang harus dijalani agar membuatnya lebih awet serta terawat. Baik itu hanya mencuci mobil seminggu sekali, membersihkan blok mesin mesin penuh oli, atau membawanya ke salon mobil satu bulan sekali. Sepele memang sih untuk melakukan perawatan mobil namun yang jadi terasa berat adalah rasa malas.


Sebenarnya jika ada niatan cukup dengan meluangkan waktu 1-2 jam peroses pembersihakn mobil bisa selesai baik itu membersihkan interior ataupun eksterior. Sebenarnya bisa saja sih mempercayakan jasa salon dalam hal ini. Namun jika kita sendiri yang melakukanya pasti hasilnya akan lebih maksimal kita juga bisa mengecek kondisi bodi mobil apakah ada yang kropos atau tidak.

Tidak hanya bagian luar saja yang dirawat bagian dalam kap atau mesin juga perlu sentuhan juga broo. Terkadang karena letaknya didalam dan tidak terlihat mata tak sedikit orang mau membersihkan nya. Padahal mesin untuk menjada performa mesin perawatan wajib dilakukan broo.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban

Salah satu noda yang sering dijumpai adalah oli terutama pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun. Timbulnya bekas oli ini bisa karena beberapa faktor seperti adanya rembesan dari dalam karena perpak mesin sudah rusak atau karena tumpqhqn oli pada saat pengisian.

Noda oli ini bila dibiarkan terus menerus justru malah membuat debu ikut menempel yang membuatnya semakan terlihat kotor. Hanya dengan menggunakan sabun dan air biasa noda gemuk ini tidak akan hilang begitu saja butuh trik khusus untuk mengatasinya.

Dari beberapa cucian mobil menyarankan menggunakan solar untuk membersihkan blok mesin mobil penuh oli ini.

Dibawah ini adalah berapa tahapan dan langkah cara menggunakan solar yang tepat :

Tahap Pertama 

Saipkan alat tempernya seperti :
  • Solar secukupnya
  • Kuas cat kecil yang ujungnya sudah dipotong
  • Sikat gigi 
  • Asam Citrum
  • Sunlight 
Sebelum memprakteknya jika mobil habis dipakai diamkanlah sebentar sampai suhu panas pada mesin menurun. Oleskan solar secara merata pada bagain mesin yang kotor dan tunggu beberpa saat 2-3 menit.

Baca juga Mobil Anda Kinclong Seperti Baru

Selanjutnya gosok dengan kuas atau sikat hingga noda oli yang menempel luntur atau menghilang. Jika masih sulit oleskan kembali solar dan gosok kembali. Yang perlu di ingat pada tahap ini adalah jangan gunakan benda tajam seperti sikat kawat, memang penggunaan sikat kawat akan mempercepat pembersihan. Namun hal ini justru malah akan melukai permukaan blok mesin mobil.

Tahap Ke Dua

Bilas pakai air yang bersih sampai bekas pembersihan tadi menghilang sembari mengulanhi kembali proses pembersihan. Untuk hasil yang lebih baik gunakanlah air yang mengalir. Agar mobil tidak mogok berhati-hatilah pada saat menyiram mesin jangan sampai air terkena busi atau sekring-sekring ya broo..

Tahap Ke Tiga

Tahap ketiga adalah untuk menghilangkan sisa-sisa minyak atao oli dengan menggunakan sabun cucu piring. Bisa saja menggunakan detergen untuk membersihkan mesin, namun karena detergen bersifat panas justru malah akan membuat efek kulit tangan menjadi mengelupas jadi pakailah yang lebih aman saja yaitu sunlight.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil 


Biar lebih maksimal lagi campurkan asam sitrum/citrum. Bukanya malah bikin karatan ? asam sitrum berbeda dengan garam biasa yang ada di dapur jadi aman untuk digunakan.

Cara membersihkan blok mesin dengan sitrum adalah dengan mencampurkan sitrum shaset kecil dengan sunlight ke wadah botol bekas yang sudah dipotong separu, campurkan sedikit air dan aduk hingga menyatu dan siap digunakan.

Oleskan cairan sunlight ini keseluruh permukaan mesin sembari digosok pakai kuas cat. Untuk bagian yang sulit dijangkau gunakanlah sikat gigi. Selain menghilangkan bekas oli cairan sabun cuci piring dan sitrum ini juga ampuh digunakan untuk menghilangkan kerak yang cukup menganggu penampilan mobil broo.

Setelah tahap penggsokan selesai dan dipastikan kotoran dan kerak benar-benar hilang bilas kembali pakai air mengalir bro. Gunakan tekanan air yang tidak terlalu kencang untuk menyemprot sela-sela mesin.

Tahap Ke Empat

Proses pengeringan, gunakan lap kanebo untuk mengeringkan sisa air bekas cucian. Bila dibiarkan mengering dengan sendirinya justru malah akan membuat noda bercak air yang cukup menganggu penglihatan.

Agar mesin semakin kinclong tinggal oleskan obat pengkilap brooo. Oleskan juga bagian gril depan, tutup filter, tutup aki, sikring dll untuk membah cantik tampilan mobil.

Meluangkan waktu untuk membersihkan blok mesin mobil penuh oli memang sedikit capek dan harus berbasah-basahan. Namun jika tampilanya menjadi bersih dan kinclong tentu kita pede saat mengendarainya. Jangan lupa untuk mencuci kap bagian dalam juga ya.. Biar semakin tambah kece gitu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel