Kenali Tanda V Belt Motor Matic Harus Diganti Agar Tidak Putus Dijalan


Tanda V Belt Motor Matic Harus Diganti - Pertama awal kemunculnya kalau tidak salah di sekitar tahun 2003 kemunculan motor matic kurang diminati oleh masyarakat. Ada beberapa faktor mengapa masyarakat enggan memilikinya Salah satu contoh misal motor automatic menggunakan vbelt atau karet sebagai pengeraknya jadi masyarakat menilai kurang bertenaga saat digunakan untuk mengangkat beban berat atau saat melaju ditanjakan pegunungan dan bahan bakarnya lebih boros ketimbang motor manual.


Selain itu biaya servis motormatik lebih mahal ketimbang motor manual/menggunakan rantai.
Siring berjalanya waktu dan dan kemajuan pola pikir pada awal 2008 motor matic banyak diminati oleh kaum hawa dengan alasan menggunakan motor matic lebih simpel tanpa perlu mengoper gigi jadi pas banget buat belanja ke pasar.

baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya

Dari tahun ke tahun teknologi dan performa motor matic ini mengalami kemajuan yang kecepatanya tak mau kalah dengan motor manual sehingga kaum adam pun sekarang banyak memilih kendaraan ini untuk aktifitas sehari-hari. Bahkan saat ini motor matic dibekali dengan teknologi injeksi yang membuat komsumsi bahan bakar lebih irit namun tetap bisa melaju dengan cepat.

Namun dari berbagai kelebihan yang sudah kami sebutkan diatas tadi, tentu jenis motor matic ini tak luput dari yang mananya kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling nampak adalah tidak dapat mengecek secara langsung kondisi pengeraknya. Untuk melakukan pengecekan cukuplah sulit yakni harus membuka blok penutup CVT. Berbeda dengan motor manual kita tak perlu bersusah payah membuka blok/dek karena letak rantai sendiri berada diluar, cukup kita jongkok dan tinggal mengamatinya.

Ciri-ciri v belt motor matic harus diganti adalah dengan mengecek kondisinya secara langsung dengan membuka blok yang menutupinya. Cukup mencongkel keluar bagian karet fan belt pakai obeng dan perhatikan kondisi bagian dalamnya. Jika bagian pada bagain berberiki sudah ada retakan itu menandakan harus diganti dengan yang baru. Selain itu perhatikan juga pada bagian lekukan, jika bagian samping nya sudah terlihat tajam menandakan kondisi v belt sudah aus. 

Baca juga Sebenarnya Berapa Bulan Sekali Sih Motor Injeksi Harus di Servis ??

Selain dari kondisi fisik, tanda v belt motor matic harus diganti juga terlihat dari suara yang berasal di dalam cvt. Bila berbunyi ciit cit cit atau bisa disebut dengan ngerik, suara tersebut bisa menandakan jika kondisi fan belt sudah aus dan harus segera diganti. Bila tidak segera diganti suara ini akan semakin kencang dan dapat menggangu pendengaran.

Sebenarnya pada buku pedoman motor sudah ada pemberitahuaan atau informasi bila motor sudah menempuh jarak 24.000-25.000 km atau sekitar 5 tahun(tergantung pemakaian) maka harus segera diganti.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi 

Untuk harga v belt motor matic pun bervariasi sekitar 90rb.an tergantung merk dan kualitas. Untuk matic suzuki biasanya lebih mahal ketimbang pabrikan Honda maupaun Yamaha. Motor Yamaha NMAX harganya paling mahal bisa mencapai 325rb.an

Sangat mudah bukan mengetahui tanda v belt motor matic harus diganti. Agar tidak putus ditengah jalan dan membuat kerepotan lebih baik segeralah ganti vbelt sobat dengan yang baru bila ciri-ciri tadi sudah terlihat. Toh mencegah itu lebih baik daripada mengobati brooo..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel