Tips Sederhana Mengkilapkan Chrome Yang Kusam Agar kembali Kinclong


Cara Mengkilapkan Chrome Yang Kusam - Banyak kendaraan roda 2 maupun roda empat yang ada beberapa bagianya terlapis oleh chorem atau krom. Untuk motor misalnya ada di bagian velg, begel(peganggan tangan), setang, knalpot dll. Bahkan ada yang sengaja bagian yang awalnya terlapis cat di lakukan proses chrome sendiri untuk membuat motor lebih staylis dan esklusif. Bagian yang banyak dilakukan proses pengkilapan ini pada blok mesin, bumbungan skok depan, pijakan kaki, fostep dll.


Berbeda dengan roda dua lapisan lapisan chrom yang ada pada mobil merupakan krom plastik yang sering dijumpai pada bagian grill depan, spion dll. Selain membuat tampilan mobil lebih elegan lapisan chrome juga menandakan bahwa mobil tersebut merupakan Tipe tertinggi di kelasnya.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Jadi ada dua jenis chrome yakni chrome logam dan krom plastik. Apakah beda jenis beda perawatan ? Sebenarnya untuk perawatan sama saja baik yang terlapis pada logam maupun plastik wong bahanya sama sama mengkilap kok. Yang penting adalah jangan gunakan bahan kimia seperti kit misalnya untuk membersihkanya.

Kebanyakan orang salah kaprah, yang menggosokan bahan kimia seperti obat pengkilap yang dimaksudkan agar tampilanya semakin mengkilap. Justru penggunaan bahan kimia sejara terus menerus ini bisa membuat lapisan chrome menjadi menguning karena lapisanya terkikis oleh bahan kimia.

Woto karyawan bengkel chrome yang ada di juana pati menuturkan," untuk merawatnya supaya tetep kinclong sebaiknya gunakanlah bahan alami yang sudah ada disekitar rumah yaitu dengan menggunakan bedak bisa bedak bayi, bedak gatal-gatal dan minyak kayu putih. Pakai tepung beras juga bisa sebenarnya namun harus dalam kondisi yang sangat galus biar tidak membuat goresan pada permukaanya.

Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight 

Woto juga menambahkan atau memberikan tips Cara mengkilapkan chrome yang kusam menggunakan minyak kayu putih :

Pertama, cuci hingga berih pakai air biar lebih maksimal cucilah pakai air hangat dan beri sedikit sabun cuci piring. Kemudian keringkan biar ngak ada noda air gitu..

Kedua, tuangkan minyak kayu putih pada lap yang bertekstur halus kemudian gosok berulang-ulang pada chrome yang kusam itu. Bila lap yang digunakan sudah kotor ganti dengan yang baru supaya noda jamur tidak menempel kembali

Cara mengkilapkan chrome plastik yang kusam selanjutnya adalah pakai bedak guys,bisa bedak apa aja asal jangan pakai bedak tetangga hhee.

Sama persis dengan yang diatas langkah awal adalah dengan mencucinya pakai air sabun dan keringkan. Taburkan bedak pada lap yang halus dan gosok-gosok pada permukaan chrome hingga mengkilap. Yang perlu anda ketahui adalah perawatan menggunakan bedak ini hanya bisa digunakan pada kondisi krom yang tidak begitu parah kusamnya atau hanya perawatan ringan saja untuk menjaga biar tetap mengkilap. Jika krom dalam kondisi kusam cukup parah maka gunakanlah  tahap diatas.

Baca juga Turtorial Cara Menggunakan Watu Ijo Buat Motor

Penyebab chrome menjadi kusam ini disebabkan karena terkena air hujan yang dibiarkan mengering tanpa membilasnya dengan air sumur. Air hujan inilah yang menjadi biang jamur dan karat yang membuat tampilan chrome kurang mengkilap. Jadi butuh perawatan khusus untuk membuatnya selalu mengkilap."tutur woto

Agar mobil selalu tampil bersih tidak ada salahnya cara mengkilapkan chrome yang kusam bisa jadi agenda anda diwaktu weekand dalam hal perawatan mobil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel