Cara Membersihkan Kaca Helm Yang Kuning dan Kusam


Cara membersihkan kaca helm yang kuning - Melanjutkan pembahasan kemarin seputar safety dalam berkendara. Siapa sih yang ngak tau apa itu helm, ya selain buat menjaga keselamatan saat raiding helm juga bisa membuat kita terhindar dari razia polisi. Salah satu komponen ang melekan dalam helm adalah kaca atau visor. 


Berbeda dengan yang menempel dijendela rumah kaca helm ini berbahan mika jadi bila sewaktu-waktu kaca pecah tidak membuatnya tajam yang dapat melukai kepala kita.Visor sendiri berfungsi sebagai pelindung wajah dan mata pengguna biar tidak terkena debu, air hujan dan terpaan angin yang cukup kencang. Wahh penting juga ya ternyata fungsinya.


Visor helm sindiri memiliki berbagai varian warna mulai dari yang bening, agak gelap serta warna pelangi. Ketiga warna tersebut memiliki plus minusnya sendiri yang saling melengkapi lah. Untuk kelebihan yang bening adalah mudahkan kita meilihat jalan terutama saat malam hari, namun karena warnanya bening jadi wajah kita akan terlihat hehee serta membuat silau mata saat berkendara menghadap matahari. Sebaliknya bila warna hitam mata tidak silau ketika menghadap cayaha matahari akan teteapi saat malam hari pandangan mata kurang leluasa. Warna pelangi pun demikian bila saat malam hari jarak pandang akan berkurang namun saat siang hari muka akan terasa adem serta tidak silau.

Baca juga Cara Sederhana dan Cepat cara Menghilangkan Lecet Pada Helm 

Terlalu seringnya penggunaan helm selain mengalami baret akibat kuku, visor ini juga mengalami perubahan yakni akan menjadi kuning bahkan kusam. Noda kuning ini sering ditemukan pada kaca yang berwarna bening. Jadi penting untuk merawatnya biar awet dan tidak menggangu jarak pandang saat berkendara. Salah satu perawatan yang simpel adalah dengan mengelapnya pakai kain yang halus setiap pagi sekali serta segara keringkan bila terkena air hujan.

Namun tenang sob, di sore kali ini karena banyak yang request berikut akan saya tuliskan turtorial cara membersihkan kaca helm yang sudah kusam dan kuning. Turtol ini sudah saya coba pada hlem INK dan hasilnya kembali kinclong broo..

Cara membersihkan kaca helm dengan odol

Sobat tahu ngak sebelumnya ternyata pasta gigi yang bisa digunakan tiap hari ternyata bisa kita gunakan loo untuk membersihkan kaca helm. Namun disini yang digunakan adalalh pasta gigi yang warnanya putih lo, bila punya sobat berbentuk gel iya tidak bisa dan harus beli diwarung deket rumah.

Baca juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk

Sebelum ketahap lebih serius terlebih dahulu harus membuka visor, umunya sih pakai obeng. Sebenarnya tak perlu melepasnya sih ngak masalah tapi biar lebih leluasa serta bisa membersihkanya sampai kesudut-sudut sebaknya dilepas.

Baru berikutnya sobat bisa memembersihkanta terlebih dahulu atau bisa mencucinya pakai sampo dan keringkan. Selanjutnya sobat bisa mengoleskan odol pada permukaan kaca sampai rata dan gosok pakai lap yang halus berulang kali sampai kembali kinclonng. Biar lebih maksimal ni ya gosok juga bagian dalamnya sampi bersih.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban 

Buat tahap finishing bilas pakai minyak kayu putih atau pakai baby oil dan gosok pakai lap juga dan lihat hasilnya. Dengan modal murah kaca helm kembali baru bukan.

Cara membersihkan Visor helem dengan kompon 

Bahan kompon memang selalu bisa diandalkan baik untuk body motor, mobil bahkan dipakai buat helm pun bisa. Jika tertarik untuk mencoba dengan kompon berikut ini saya tuliskan urutan cara yang benar menggunakanya.

Tahap awal buka kaca helm terlebih dahulu pakai obeng dan cuci atau cukup diusap pakai lap kanebo yang agak basah hingga semua debu dan kotoran yang nempel hilang. Usapkan kompon hingga rata kemudian sobat bisa mempolesnya berulang kali hingga noda kuning dan kusam hilang. Agar noda kuning tidak merembet ke bagian lainya bila lap yang digunakan sudah kotor segeralah ganti dengan yang baru.

Bila masih sulit untuk dihilangkan, oleskan kompon kembali kemudian tunggu beberapa saat agar kompon meresap barulah sobat bisa menggosoknya. Namun jangan terlalu lama membiarkan komponya yaa, bisa kering nanti heheee..

Cara membersihkan kaca helm dengan kit

Tips ke 3 sobat bisa memakai kit multiguna ini.Untuk mengaplikasikanya gampir sama dengan kedua bahan diatas yakni membuka kaca hlem terlebih dahulu dan bersihkan dari butiran debu yang menempel sampai bersih.

Bubuhkan/oleskan kit keseluruh bagian visor luar dalam, tunggu beberapa saat biar noda kuning dan kusam melunak barulag sobat bisa menggosok dengan memberi sedikit tekanan dan laukanlah secara berulangkali sampai bersih. Bila kit ang digunanan masih tersisa jangan dibuang terlebih dahuku sob karena bisa dimanfaatkan kembali untuk mengkilapkan cara helm.

Perlu sobat ketahui, disini yang digunakan adalah kit untuk pengkilap body. tidak kit biat semir ban lo yaa,. jadi jangan sampai salah menggunakanya.

Tiga poin diatas merupakan cara membersihkan kaca helm yang kuning dan kusam yang bisa sobat coba sendiri dirumah. Dan kabar baiknya beberapa turtorial yang sudah kita bahas bersama juga bisa menghilangkan goresan-goresan halus seperti akibat terkena kuku atau yang lainya. Yang lebih penting saat mengaplikasikanya adalah gunakan lap yang benar-benar halus, bila lap yang digunakan kasar justru malah bikin goresan-goresan halus yang dapat merusak permukaan visor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel