Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Belakang Motor Matic Bunyi


Penyebab rem belakang motor matic bunyi - Safety saat berkendara merupakan hal yang wajib diutamakan. Selain helm rem pada motor juga harus dirawat biar bisa pakem saat dibutuhkan. Bagaimana tidak tanpa komponen ini tentu akan keteteran saat mengurangi kecepatan atau sekedar ingin berhenti.


Sama halnya dengan sepeda ontel, sepeda motor pada umunya memiliki rem belakang serta depan. Bahkan saat ini teknologi motor terbaru sudah mengusung teknologi ABS(Anti Look Braking system) yang dimana bisa di andalkan terutama saat menarik atau menekan tuas rem secara mendadak baik pada motor matic atau non matic.

Pada Umumnya kendaraan roda 2 ini menggunakan rem tromol serta rem cakram dan memiliki plus minus yang saling melengkapi. Pernahngak saat menggunakan rem belakang terdengan bunyi cit cit yang cukup keras dan menggangu pendengaran ? Keluarnya suara seperti tikus ini sering terjadi bila motor habis dicuci atau saat kehujanan bahkan dipagi hari pun juga mengeluarkan bunyi yang berisik.

Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang

".Penyebab rem bunyi mencicit disebabkan karena ada kotoran di dalam tromol seingga bila rem ditekan maka kotoran akan bergesekan dengan kampas rem". Ujar Rofi'i, mekanik salah satu bengkel resmi Honda yang ada di Pati.

Timbulnya kotoran ini disebabkan karena kampas tergerus saat pengereman, semakin lama jika tidakdibersihkan debu ini akan menumpuk jadi banyak sehingga bila terkena air kotoran ini akan mengumpal dan menjadi biang brisik pada sektor pengeremen. ".Tambah Rofi'i mekanik bengkel Ahass".

Saat ditemui di bengkelnya, Rofi'i juga memberikan masukan untuk cara mengatasi rem belakang motor matic berbunyi. Beikut akan saya tulis ulang kembali ketika saat berbincang-bincang dengannya.

Baca  juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk 

Biar suara tersebut hilang jalan satu satunya ya membersihkan kotoran dan debu tersebut. Untuk membersihkanya sobat bisa mengikuti langkah dibawah ini.

Pastikan motor dalam posisi standar 2/tengah, kemudian lepas knalpot dengan cara memiringkan motor ke kiri.Biar lebih aman sobat bisa minta tolong teman atau tetangga untuk memegangi motor tersebut.

Setelah posisi motor miring lepas baut gulu banyak dengan cara membukanya baut pakain kunci T 10. Untuk letak bautnya sendiri berada dibawah bureng atau mesin. Jangan kliru lo sob untuk membuka baut putar ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam.

Baca juga Cara Membuat Obat Pengkilap Bodi Motor Secara Alami 

Lepaskan juga ke 2 baut knalpot yang ada dibawah fostep(pijakan kaki belakang), lepas knalpot secara perlahan dan letakkan ditempat yang aman biar tidak lecet.

Berikunya sobat bisa melepas ban dengan cara pakai kunci shok 24 tadi. cara yang benar melepas ban belakang motor matik adalah dengan menekan bodi bagianbelakang motor ke bawah sampai ban nyentuh takan dan tarik utas rem lalu buka baut ban ke arah kiri. Jangan lupa untuk membuka baut setelan remnya ya sob.

Bila ban belum pernah dibuka mungkin baut akan terasa berat saat dilepas. Biar lepas bautnya lebih enteng sobat bisa menggunakan alat bantu pipa kayak melepas baut ban truk atau bus itu loo..

Jika sudah terlepas tu lihat tromol bagian dalamya penuh debu bukan, Biar debu tersebut mudah dihilangkan semprot pakai angin kompresor serta bagian kampas tersebut. Namun jika tidak memiliki kompresor sobat cukup gunakan kuas dan lap untuk membersihkan debu tersebut hingga bersih. Tidak disarankan membersihkan pakai air maupun sabun hal ini justru akan merepotkan anda.

Biar makin bersih sobat bisa mencucinya pakai bensin serta bersihkan juga bagian kampasnya ya. Penggunaan cairan bensin iki sangat bagus untuk menghilangkan semua kotoran serta kerak yang ada didalam tromol bagian bekalang.

Sebagai tambahan cek juga kondisi kampas apakah sudah tips atau masih tebal. Bila sudah terlihat aus gantilah dengan yang baru dan selalu gunakan spare part asi pabrik untuk menunjang keamanan saat berkendara. Setelahh selesai sobat bisa memasangnya kembali seperti semula.

Inti dari artikel ini adalah penyebab rem belakang motor matic bunyi ini disebabkan adanya kotoran rontokan kampas yang ada didalam tromol dan untuk cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran dan debu tersebut. Tidak hanya untuk matic langkah diatas juga dapat digunakan pada motor bebek yang masih menggunakan sistem tromol.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel