Kampas Rem Tromol Baru Tapi Bunyi ?? Ini Dia Biang Penyebabnya


Kampas rem tromol baru tapi bunyi - Motor yang masih menggunakan tromol pada rem belakang kerap kali merasa risih apabila mengelurkan cit cit yang membuat rasa PEDE hilang ketika menaikinya. Suara tersebut kerap kali muncul ketika motor habis dicuci atau saat musim hujan. Namun anehnya suara tersebut hilang dengan sendirinya dan berbunyi lagi saat terkena air.


Ada beberapa penyebab motor bunyi cit cit pada sektor rem belakang motor,banyak orang beranggapan timbulnya suara tersebut menandakan bahwa kondisi kampas sudah tipis dan harus diganti.

Saat ditemui dibengkel resmi honda Rofi'i sang mekanik bengkel menuturkan ".Penyebab rem tromol bunyi ini selain menandakan kampas sudah aus, bunyi yang cukup menggangu telinga ini juga disebabkan adanya kotoran di dalamnya ." Sehingga bila ingin menghilangkan suara tersebut anda harus mengecaknya secaralangsung dengan cara membukanya.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Munculnya debu atau kotoran sendiri disebabkan pergesakan kampas dengan tromol secara terus menerus dan lebih paranya dibairkan begitu saja tanpa ada pembersihan. Jadi bila menginginkan suara tersebut hilang maka bersihkan debu dan kotoran yang ada di dalam tromol tersebut.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, kampas yang tipis juga jadi pennyebab rem belakang motor berbunyi.

Yang jadi masala saat ini adalah sudah mengganti kampas rem tromol baru tapi masih bunyi ? Kasus seperti ini juga pernah sama alami kalau tidak salah sekitar 1 bulan yang lalu pada motor Honda Vario lama.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya 

Awalnya sih suara tersebut tidak terdengan namun sepulangnya dari bengkel dan motor selesai saya cuci suara yang berasal dari rem tersebut muncul kembali. Saya pun langsung pusing 7 keliling dan merasa kecewa sudah mengeluarkan ongkos yang cukup mahal namun suara tersebut ttidak menghilang.

Karena risih dengan suaranya motorpun tak bawa kembali ke bengel lainya. Dan kata si mas bengkel tersebut  saat kampas rem diganti baru namun kotoran yang ada pada tromol serta rumah kampas tidak sekalian dibersihkan jadinya ya suaranya masih terdengar.

Baca juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Berasap Saat Dipanaskan 

Tromol saya pun langsung disemprot pakai angin kompresor yang membuat debu didalamanya dapat pergi. Tidak hanya itu si mas bengkel juga mencucinya pakai bensin dan langsung memasangnya kembali. Alhasil suara berisik tersebut eman benar-benar hilang dan membuat saya PEDE saat naik motor tersebut.

Kesimpulan dari mengganti kampas rem tromol baru tapi bunyi ini tidak keliru saat proses pemasangan namun saat membersihkan bagian dalam tromol tersebut kurang bersih atau bahkan sama sekali tidak dibersihkan langsung main pasang aja. Jadi biar tidak kecolongan tidak ada salahnya untuk mengamani motor saat proses pemasangannya. Biar montirnya ngak curigi anda bisa sambil ngobrol sama montirnya tanya-tanya sesuatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel