Cara Mengecat Dashboard Mobil Agar Tidak Mengelupas


Cara mengecat dashboard mobil - Tidak hanya berfungsi sebagai tempat panel speedometer atapun tombol AC dan lainya. Dashboar mobil yang terlihat apik bersih dan dari tentu akan mempercantik interior pada mobil anda. Tidak dipungkiri bika kabin kita bersih tentu kita akan betah berlama-lama di dalamnya. Ya seperti selogan yang mengatakan mobil adalah rumah ke dua.


Pada umunya dasboard ini terbuat dari bahan plastik yang keras sehingga tidak mudah patah ataupun pecah bila tertimpa benda yang keras. Namun ada juga yang terbuat dari plat besi terutama pada mobil keluaran tahun 80.an. Seiring dengan berjalanya usia mobil warna pada dasboard mobil pun mulai kusam serta pudar bila tidak dilakukan perawatan seperti membersihnya bila sudah kotor atau terkena tumpahan soofdring.

Tidak cukup sampai disitu saja penggunaan bahan kimia yang terlalu sering seperti menggunakan silicon maupun semir ban untuk mengkilapkan dan menghitamkan dasboard mobil, periluku ini justru malah akan mengikis lapisan cat atau warnanya akan memudar yang membuatnya kurang menarik lagi atau bahkan kita risih untuk memandangnya.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil 

Apakah dashboard mobil bisa dicat ? Biar kembali mulus gitu kayak mobil baru..heehehe

Sebenarnya sih bisa-bisa saja namun perlu trik khusus, jika pengecatanya cuman asal-asalan justru cat tersebut bakalan mengelupas dan lebih parahnya lagi bila cat sudah mengelupas justru akan memperburuk keadaan.

Lantas bagaimana cara yang benar ?

Tenang, disini kami akan kupas tuntas bagaimana cara mengecat dashboard mobil yang benar, teknik pengecatan yang tidak asal tempak cat tentu akan menghasilkan karya seni tangan yang akan sedap dipandang mata. Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Noda Cat di Dashboard Mobil

Berikut Penjelasanya :

Siapkan alat tempurnya terlebih dahulu seperti amplas halus nomor 1500, epoxy filler, cat(warna yang dinginkan), Clear coat, isoali kertas, koran, serta lap yang bersih dan halus.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah pengamplasan, esttt karena pada basboar mobil terdapat komponen tape, tombol AC serta speedometer jadi pengaplasanya tidak usah pakai air ya gusy bisa konsleting nanti.

Teknik atau cara mengaplas yang benar adalah dengan melakukanya secara teliti hingga semua bagian dasboard teramplas semua. Mengapa harus diamplas ? Pengamplasan ini bertujuan untuk menghilangkan jamur ataupun kotoran yang menempel jadi bila nanti kita tindih dengan cat akan melekat dengan kuat.

Baca juga Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil

Steep ke 2, tutup semua komponen yang menempel pada dasboard seperti panel AC, Dvd, spedometer dll pakai koran dan isolai sampai rapat. Baru anda bisa menyeprotkan epoxy filler terlebih dahulu secara merata dan pastikan tidak ada bagian yang tidak terkena poxy. Bila tidak memiliki kompresor sobat bisa pakai epoxy yang kalengan itu loo atau biasa disebut cat pilox.

Tunggu hingga epoxy mengering, biasanya sih butuh waktu 4-5 jam sudah mengering. Tergantung merk dan kualitas yang anda gunakan. Setelah mengering sobat bisa mengamplasnya kembali hingga poxy tersebut halus. Untuk pengamplasan tahap ini gaunakan amplas nomor 360.

Barulah tahap akhir sobat bisa menyemprotkan warna cat yang diinginkan sampai rata. Sobat bisa menyemprotkan cat cukup 3 lapis atau sampai catnya nutup, bila pengecatan terlalu tebal justru dapat membuatnya leleh.

Biar tidak mudah tergores dan makin kinclong nii semprotkan lapisan clear coat keseluruh lapisan cat sampai rata. Bila menginginkan warna doof biar lebih kalem gituu, sobat cukup melapisi cat tersebut pakai clear coat jenis doof.

Bila semua tahap sudah selesai, sobat bisa melepas koran dan isolasi dan liahtlah hasilnya seperti baru kembali bukan. Cara mengecat dasboard mobil agar tidak mengelupas merupakan real hasil pengalaman sendiri dan sudah kami coba beberapa kalin pada mobil sedan jenis letro/sedan clasic. jadi, jangan ragu untuk mencobanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel