Cara Sederhana Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Manual Yang Tidak Bisa Naik


Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Manual Yang Tidak Bisa Naik - Tentu sobat tau lah apa itu fungsi kaca pada mobil, yaps betul,..Fungsi utamanya adalala untuk meliat pandangan dari luar baik itu kaca depan belakang serta samping. Bila mobil tidak dilengkapi kaca tentu kita akan saling bertabrakan satu sama lain karena tidak dapat melihat jalan.

sumber image mekanikmitsubisi.com
 Tak sampai disitu, fungsi kaca pada mobil lainya adala sebagai fentilasi/sirkulasi udara ketika AC dimatikan atau AC sedang rusak. Dari sekian banyak fungsinya tidak ada salanya kita melakukan perawatan secara berkala agar pandangan kita keluar tidak terganggu. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kaca dari debu dan kotoran yang menempel setiap pagi hari dan segera keringkan kaca ketika mobil habis kehujanan, hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan jamur serta bercak air yang dapat menggurangi tampilan pada mobil anda.

Seperti pada komponen lainya, tentu suatu saat akan menuai masalah. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah kaca pintu mobil seret saat akan dinaik turunkan. Tentu jika masalah seperti ini terjadi pada mobil anda akan sangat menjengkelkan terutama saat musim hujan.

Apakah kaca pintu mobil yang susah dinaik turunkan bisa diperbaiki sendiri ? Jika berniat untuk memperbaiknya sendiri dirumah saat ini kami memiliki beberapa tahapan cara mengatasinya. Nah..Dibawah ini adalah cara memperbaiki kaca pintu mobil manual yang tidak bisa naik :

Baca juga 7 Cara Sederhana Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Super Cepat

Sebelum memperbaikinya, terlebih dahulu anda harus membuka dinding pintu yang menempel pada pintu. Binggung bagaimana cara membuka nya ? Dinding pintu ini menggunkan clip atau catokan plastik untuk menempelkanya jadi untuk membukanya anda perlu mencongkelnya secara perlahan pakai obeng serta lepaskan handle pintu yang mempel dan lepas juga ongkelan  kaca. Jangan asal tarik ya saat membukanya bisa patah nanti. Untuk cara membukanya cukup lerpas kawat kecil yang menempel didalam nya.

Baru terlepas anda bisa langsung memperbaiknya, amati rel kaca pintu mobil manual, bila terliat kotor berkarat dan kering segera bersihkan pakau kuas kecil atau dengan sikat gigi. Tak cukup sampaui disitu suaya rel berjalan dengan mulus oleskan pelumas/paselin secukupnya pada sepanjang rel kaca dan roda penggerak kaca sembari kaca dinaik turunkan supaya pelumas tersebut merata.

Baca juga Cara Mudah Membersihkan Jamur Pada Karet Kaca Mobil 

Supaya kaca dapat berjalan dengan mulus saat dinaikan teteskan oli ataupun minyak goreng pada bagian keret kaca. Ambil oli atau minyak goreng kemudian masukkan pada kantong plastik putih ukuran kecil danikat agar oli tidak tumpah. Selanjutnya lubangi ujung palastik berukuran kecil, bila melubanginya terlalu besar tentu oli akan tercecer kemana-mana.

Teteskan atau semprotkan secara perlsaan oli tadi ke banggian karet kaca mobil semmbari kaca di naik turunkan agar oli rata keseluru permukaan karet kaca.

Baca juga Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil

Bila kedua cara diatas suda diterapkan namun kaca masih seret atau susah dinaikkan cek kodisi karet kaca. Jika karet kaca sudah tua yang ditandai konidisi karet yang sudah usang getas dan terliat kaku, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. Untuk harga karet kaca ini dibandrol seharga mulai dari 9rb terganggung jenis mobil anda.

Bila anda bisa memperbaiki sendiri kaca pintu mobil manual yang bisa naik tentu anda dapat menghemat biaya untuk membawanya ke montir langganan anda. Jadi janganlah takut untuk mencobanya bila anda keberanian dan yakin bisa tentu anda tidak akan mengalami kendala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel