Cara Menghilangkan Kulit Jeruk Pada Cat Motor


Cara Menghilangkan Kulit Jeruk Pada Cat Motor - Proses pengecatan bisa dikatakan bukan lah hal yang mudah tidak semulus yang dibayangkan. Kesalahan munkin saja terjadi ditengah-tengah pekerjaan seperti cat kriting, mengkorok ataupun cat kulit jeruk yang terjadi saat tahap akhir celar coat. Tidak hanya itu cat melelh juga bisa terjadi bila kita terlalu ceroboh saat mengaplikasikanya.


Tentu bila terjadi kesalahan kita harus mengulanginya lagi atau hanya sekedar memperbaikinya, bila seperti ini kita harus merelakanu waktu dan tenaga untuk mengulanginya atau harus membeli cat kembali untuk memperbaiknya. Sekedar tips ya sob bila ingin melakukan cat pada motor maupun mobil lakukanlah dengan ketenang, ketelitian serta kesabaran. Seperti pada pekerjaan lainya bila dilakukan dengan terburu-buru tentu akan mendapat hasil yang kurang maksimal.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh

Lalu apakah kulit jeruk pada cat motor bisa dihilangkan ? Semua masalah tentu ada solusinya, untuk menghilangkan kulit jeruk ini cukup pakai amplas 2000 serta kompon putih. Namun sebelum mengetahui cara memperbaiknya sebaiknya anda terlebih dahulu faktor apa yang jadi penyebabnya.
  • Mixing Cat.
Penyebab pertama yang sering terjadi dalah saat mixing cat dengan thiner maupun saat penyampuran clear coat dengan thiner. Bagaimana cara mixinfg cat yang benar ? Nah teknik mixing yang benar adalah buatlah adonan yang sedikit kendal, namun jangan terlalu kental ya. Adonan yang sedikit kendal ini bisa sobat aplikasikan pada lapisan pertama setelah pelapisan cat dasar. Bila sudah tertutup rata barulah membuat adonan cat yang sedikit encer untuk lapisan cat ke 2 dan ke 3.

Baca juga Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil
 
Adonan cat yang sedikit kental ini bertujuan supaya cat cepat nutup sert untuk menghindari terjadinya cat kriting. Lalu lapisan ke 2 dan ke 3 dibuat encer ini bertujuan untuk menghaluskan cat lapisan pertama tadi sehingga akan menghasilkan cat yang halus tanpa ada kulit jeruk.
  • Teknik Pengecatan Yang Keliru
 Teknik mengecat yang benar adalah dengan jarak 20cm atau kurang lebih satu jengankal tangan dan  tekanan angin juga harus stabil dan knecang. Bila tekanan angin kurang cat akan menggumpal yang berubah jadi kulit jeruk.

Cara menghilangkan kulit jeruk pada cat motor 

Pertama tunggu cear coat sampai kering keras, sobat bisa menggunaya 5-6 jam tergantung jenis clear dan thiner yang digunanakan. Bila menggunakan celar serta thiner PU umunya akan kering lebih cepat.

Baca juga Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas 

Untuk mengetahui apakah sudah kering sobat bisa memegang nya secara pelan bila ditekan dengan jari sudah keras itu tandanya sudah kering dan siap untuk diamplas.  Begitupun sebaliknya jika ditekan masih terasa lengket bisa dikatakan masih basah.

Car mengamplas clear yang benar adalahh dengan membahsainya pakai air serta amplas yang dipakai. Amplas berulang kali sampai cat terasa halus saat diraba. Jika sudah halus untuk mengkilapkanya kembali lakukan tahap pemolesan pakai kompon putih tadi dan untuk finishingnya biar makin joss poles kembali pakai obat pengkilap.

Catatan : Biar tidak terlalu banyak clear yang diamplas, jika cat sudah berubah menjadi doff hentikan pengamplasan. Untuk memudahkan proses pengomponan pakailah lap microfiber yang memang dsudah diperuntukkan poles bodi. Jika tak ingin capek-capek gunakanlah mesin poles khusus.

Dengan menggunakan cara dan teknik yang benar tentu anda tidak akan susah payah untuk menghilangkan kulit jeruk pada cat motor. Oh iya penggunaan spraygun juga berpengaru lo broo. Spraygun yang bagus adalah bila disemoprotkan cat akan keluar dengan sangat halus dan tidak begitu terlihat mata. Yang perlu diingat disini adalah harga spraygun yang mahal tidak menjamin akan mengeluarkan cat yang bagus, jadi pilihlah dengan teliti saat mencobanya.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel