Tips Membuat Shock Depan Yamaha NMaX Jadi Empuk dan Nyaman


Cara membuat shock depan nmax empuk - Banyak yang mengelukan shockbreaker bawaan Yamaha Nmax terlalu keras baik pada shock depan maupun belakang. Ya saya sendiri pernah mencoba mengendarainya memang rasanya motor terasa loncat-loncat bila dikendarai tanpa berboncengan. Dengan kerasnya suspensi ini tentu kenyamanan anda akan terusik serta membutuhkan tenaga yang lebih untuk menstabilkan stang motor.


Pihak Yamaha sendiri tentu sudah berpikir matang untuk merakit sepeda motor dengan sedemikian rupa untuk membuat nyaman serta keamanan saat berkendara. Namun terkadang masih ada yang merasa kurang puas dengan setelan ori pabrik satunya adalah setelan volume oli shock.

Tak sedikit baikers yang datang ke bengkel sekedar untuk membuat shock depan nmax jadi empuk. Padahal untuk sekedar membuatnya lebih empuk anda bisa melalukanya sendiri dirumah tanpa bantuan seorang mekanik. Jika ingin mencobanya sendiri saya akan bagikan ilmunya itung-itung alih profesi jadi bengkel bro.. heehe

Baca juga Cara Sederhana Membuat Shock Belakang Matic Jadi Empuk 

Sebenarnya sangatlah mudah untuk membuat suspensi nmax anda jadi empuk yakni dengan cara mengurangi volume oli shock. Dengan mengurangi jumlah oli maka udara didalamnya jadi lebih banyak alhasil shock pun jadi empuk.

Untuk melakukan tahap pengurasan oli anda harus memiliki alat dan bahan seperti kunci L ukuran 6inci serta tutup botol air mineral sebagai wadah oli serta sebagai takaranya.

Untuk melancarkan proses penguras oli posisikan motor dalam kondisi standar tengah dan di tempat yang datar. Jika ada teman anda bisa minta tolong untuk memang stang motong namun bila tidak ada juga ngak masala sob.

Baca juga Tips Sederhana Mengatasi Handgrip Motor Yang Longga 

Kemudian lepas kunci L yang letaknya dibawah tabung shock tepatnya pada bagian dalam. Jangan sampai salah arah iya sob saat melepas baut. Untuk melepasnya anda bisa metar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam. Jika diputar ke kanan justru baut akan semakin kencang dan sulit untuk dikendorkan.

Sebelum baut terlepas siapkan tutup botol air mineral dibawahnya sebagai wadah oli jika sudah penuh kencangkan baut kembali. Selain sebagai wadah tutp boto ini sebagai pengukur volume oli yang dikeluarkan.

Setelah anda selesai pada bagaian kanan kurangi juga oli pada shock bagian kiri dengan takaran yang sama satu tutup botol air minum.

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Setelah selesai coba lakukan tes drive dan caba rasakan skok yang awalnya keras kini berubah jadi empuk dan bikin nyaman saat berkendarai.

Poin penting disini adalah pastikan anda mengurangi volume oli shock kanan dan kiri dengan takaran yang sama. Mengapa demikian ? hal ini bertujuan agar memperpanjang usia AS shock. Tentu jika volume oli di dalamnya tidak sama akselerasi kedua shock ini tidak sama.

Ok cukup disini sedikit info cara membuat shock depan nmax empuk semoga dapat membantu anda. Sedikit tambahan jika oli shock sudah berwarna hitam pekat sebaiknya ganti dengan yang baru supaya kinerja per dialamya dapat maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel