Penyebab Ban Mobil Habis sebelah, Cek Komponen Ini


Suryadidik.com - Fungsi ban pada mobil merupakan kompoen pengerak baik pada motor maupun mobil yang terbuat dari karet. Fungsi lainya adalah sebagai pelunding vleg saat melintas jalan berlubang. Terlalu seringnya ban melakukan putaran kondisinya bisa aus atau botak. penyebabnya tentu akibat bergesekan dengan aspal secara menerus.

Jika kondisinya normal ban akan habis dengan rata, ke ausan ban ini juga terkadang-kandang hanya habis disisi sebelah. Kira-kira apa penyebabnya ? mengapa ban bisa habis sebelah ?

Dikutip dari bridgestonetire.com permasalahan ban bahis  sebleh disebabkan oleh sudut camber yang terlalu besar.


Sudut camber merupakan sudut kemirngan roda apabil kita lihat dari bagian depan. Camber sendiri memiliki dua sudut melipti :

  • Camber Negatif, bagian sisi bawah roda lebih menonjol keluar ketimbang sisi atas roda.
  • Camber Positif, sisi roda atas lebih menenjol keluar ketimbang sisi bawah roda.
 Baca juga 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol Samping

Baik camber positif maupun negatis keduanya dapat membuat ban botak sebelah apabila sudut kemiringanya terlalu berlebih. Definisi sudut camber yang tterlalu besar membuat kondisi ban dalam pisisi kemiringan yang berlebih. Sehingga saat mobil berjalan permukaan ban yang jadi tumpuan hanya bagian sisi saja. Inilah faktor kuat penyebab ban habis sebelah.

Seperti yang suda kami singgung, apabila keasuan ban terjadi pada sisi dalam itu menandakan negatif cambernya terlalau berlebih. Sementara bila keausan terjadi dari sisi luar, menandakan positif cambernya terlalu besar. Dan yang jadi pertanyaan apa yang jadi penyebab sudut camber terlalu besar ? bukankah sudut camber sudah disetel pabrikan ?

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes 

Pendapat itu memang benar, sudut camber sudah disetting pabrikan. Namun beberapa kondisi berikut dapat membuat setelanya dapat berubah.

1. Busing shock depan


Fungsi busing merupakan sebagai peredam antara lengan suspensi(shock absorber) dengan body mobil. Sehingga saat ban melewati jalan yang kurang rata getaran dari lengan shock absorber dapat diredam sebelum merembet ke body mobil.

Namun saat busing mengalami kerusakan, justru dapat mendorong sedikit shock absorber ketas. Alhasil sudut camber akan sedikit naik lebih ke negativ. Faktor inilah yang membuat ban mobil habis sebelah.

Baca juga Solusi Menghilangakan Karat Pada Piringan Cakram Mobil

Hal ini dapat dirasakan seperi per yang lemah, untuk lebih memastiknya cek kondisi busing secara langsung dibagian ujung atas shock absorber depan.

2. Spring (Per)

Bagi pecinta modifikasi per atau spring jadi salah satu objek yang sering diotak atik. Misal bila ingin membuat tampilan mobil terliat ceper dilakukan pemotongan coil spring. Hal ini lah berimbas pada sudut camber berubah jadi semakin negatif. Terkecuali sistem suspensi doubel wishbone.

Selain faktor pemangkasan per, spring yang lemah juga menyebabkan mengapa negatif camber pada roda depan justru semakin besar.

Hal inidibarengi adanya gejala yang ditimbulkan seperti bunyi gemuruh yang berasal dari roda depan, guncangan mobil terasa berlebih diikuti dengan stir yang belok sendiri ke satu arah.

3. Seringnya Membawa Beban Berlebih

Jika penyebab ketiga ini khusus dengan mobil yang memakai sistem suspensi machperson, yang sudut cambernya dapat berubah ubah menyesuiakan jarak mobil ke tanah. Karena seperti itulah sistem kerja suspensi machperson. Semakin rendah jarak mobil ke tanah maka camber sekain negatif.

Akibat membawa beban berlebih roda akan terlihat miring, ini bisa dilihat dari depan mobil dengan bagian ban dalam sebagai tumpuan. sehingga membuat bagian ban dalam cepat tipis.

KESIMPULAN 

Penyebab ban mobil habis sebelah juga dapat dijadikan tanda adanya masalah terutama pada komponen suspensi mobil dulur. ketika ban depan mobil habis sebelah, segera lakukan pengecekan sistem suspensi pada depan sapai seimbang kembali.

Tak hanya itu penyebab ban belakang habis sebelh juga disebabkan karena penggunan velg. Ya saat ini memang lagi ten penggunaan velg celong yang membuat mobil lebih berkesan ceper. Agar ban habis sama rata anda ada cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan membalik ban. Jadi bagian sisi ban yang masih tebal dapat dibalik atau posisinya dipindah ke sisi dalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel