Kelebihan Mobil Pakai BBM Kelapa Sawit B100, Lebih Irit & Tidak Berasap


Suryadidik.com - Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruhi yang itu artinya semakin banyak pengguna kendaaran motor maupun mobil semakin banyak pula kebutuhan bahan bakar yang harus terpenuhi. Tercatat di tahaun kemarin 2018 menghabiskan 78 juta kilo liter (KL).

Jumlah itu terbagi dibagi menjadi jenis BBM tertentu (JBT) sekitar 16,2 juta KL untuk jenis solar dan minyak tanah, sedangkan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) dan BBM jenis umum (pertalite, premium, pertamax) sekitar 51.3 juta KL. Tutur kepala BPH Migas Fanshurulloh.

Meningkatnya jumlah kebutuhan BBM yang terus menerus membuat pihak terkait terus mengembangkan bahan bakar ramah lingkung atau biasa disebut Biodiasel.

Baca juga Cara Mengatasi Kaca Depan Mobil Yang Bocor 



Baru baru ini pemanfaatan bahan bakar nabati biodiasel B100 telah tersalurkan melaui pom bensin mini yang ada wilayah  kontor kementrian pertanian pasar jakarta. Namun pengisian bahan bakar yang berasal dari kelapa sawit itu baru bisa dirasakan kendaraan oprasional kementan(kementrian pertanian). Sejak kemunculanya bulan lalu pihak kementan sudah menguji coba kelayakan energi B100 ini pada 50 kendaraan oprasional


Berdasarkan dari pengalaman pengemudi menggunaan B100 lebih irit serta tariakan lebih enteng dan lebih irit ketimbang memakai solar. 

Jika dibandingkan, 1 liter B100 bisa menempuh 13.4 km sedangkan solar 1 liternya hanya menempuh jarak 9 km. Dan inilah enegergi masa depan yang dapat diperbaruhi secara terus menerus. Tutur Amran Sulaiman selaku menteri pertanian

Baca juga [KLIK DISINI] Solusi Hemat Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

Amran Sulaiman juga menambakan, "Selain irit bahan bakar B100 ini ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap dan bau yang khas seperti solar.

"Kita sudah melakukan uji coba pada kendaraan oprasional mobil dinas kementan. Fakta dilapangan menyatakan, sopir mengaku kualitas Biodiesel sudah setara dengan DEX yang selama ini digunakan. Tuturnya 

Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah 

Pengembangan energi B100 juga diharapkan dapat berdampak positif khususnya para petani kelapa sawit diseluruh nusantara.

Dikutip dari liputan6.com, Sawit indonesia hingga kini masih jadi salah satu penyumbang devisa terbesar. Expor CPO diperkirakan mencapai 35 juta ton pertahun. Tapi kalau hanya dijual dalam bentuk mentah nilai jualnya rendah dibandingan bentuk turunan atau sudah diolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel