[KLIK DISINI] Solusi Hemat Cara Membersihkan Filter Udara Mobil


Salah satu langkah mudah yang dapat dilakukan sendiri untuk menjaga performa mesin serta membuatnya tetap irit bahan adalah dengan cara membersihkan filter udara mobil. Fungsi penyaring udara ini adalah sebagai untuk menyaring udara dari luar dan masuk ke dalam mesin untuk melakukan proses pembakaran.

Meskipun sepele tak sedikit orang yang mau meluangkan waktunya sekedar untuk membersihknya. Jika kondisinya kotor tentu berbagai masalah bakal mengantui kita saat perjalaan baik jarak jauh maupun dekat. Beberapa hal yang dapat timbul akbiat penyaring udara kotor dan tersumbat meliputi :

  • Bergetarnya mesin saat RPM rendah
  • Mesin akan brebet saat digas
  • Mempercepat rusaknya ISC Mobil Injeksi cepat rusak
  • Muncul Knocking dan ngelitik di dalam mesin
  • Naik turunya RPM serta
  • Membuat boros bahan bakar

Beberapa masalah diatas kerap kali timbul akibat banyaknya butiran debu halus, bahkan pasir yang ikut masuk terhisap dan masuk ke dalam ruang bakar mesin. Bahkan dapat menggores dinding yang dilaluinya.

Baca juga Cara Ampuh membersihkan Kap Mobil Bagian Dalam 

Banyaknya udara kotor yang ikut masuk bisa dapat menimbulkan penyumbatan pada lubang-lubang idle port di throttle body  hingga pengikisn pada dinding silinder. Penyaring udara yang kotor tentu dapat memici timbulnya masalah baru yang dampaknya cukup merugikan dari segi biaya, waktu, serta tenaga itu pun kalau bisa memperbaikinya sendiri.

Oleh karenanya penting untuk selalu menjaga kebersihan serta memberi jadwal untuk membersihkan filter udara mobil xenia secara rutin. Terlebih jika kendaraan sering melewati jalan yang kondisinya selalu berdebu dan kotor.

Baca juga 4 Tahap Membersihkan Blok Mesin Mobil Penuh Oli Dijaman Kinclong

Untuk membersihkan filter udara mobil dapat dilakukan saat melakukan servis mesin di bengkel atau bisa melakukanya sendiri dirumah. Jika belum pernah melakukanya tentu akan merasa canggung serta merasa khawatir bila teknik yang dilakukan keliru.


Agar tidak ada rasa kebingungan dibawah ini adalah turtorial atau teknik yang benar cara membersihhkan filter udara mobil :

  • Buka kap mesin, angkat ke atas dan pasang besi penyangganya.
  •  Perhatikan kotak box tempat filter, buka kunci klip pengait di sekelilingnya. Biasanya terdapat 4-5  buah klip penggait tergatung jenis mobil.
  • Setelah terlepas angkat filter secara pelan agar partikel debu tidak rontok di wadah tempat filter.
  • Untuk melepaskan debu serta butiran pasar yang menempel anda dapat mengketok-ketok berulang kali diatas lantai yang sudah dilapisi kardus bekas.
  • Yang perlu diperhatiakn disini adalah jnagn keliru mengarahkan semprotan udara, Semprotkan udara pada sisi yang mengarahke ke mesin. Jangan menyemprotkan ke arah udara masuk hal ini justru dapat membuat menyariring udara mampet. Kesimpulanya adalah penyemprotan udara dilakukan dari bagian dalam filter agar partikel debu yanng tersangkut dapat keluar.
  • Jika tidak ada kompresor cukup dengan mengetok-ngetoknya di atas lantai berulang-ulang. Memang hasilnya tak sebersih menggunakan udara kompresor namun setidaknya partikel yang jadi biang penyaring udara mampet dapat terkurangi meskipun tidak 100% hilang.
  • Setelah filter bersih berikutnya giliran membersihkan box tempat filter. Gunakan lap yang kondisinya sentengah basah untuk mengangkat debu halus didalamnya. Jangan gunakan udara bertekanan yang justru dapat membuat debu masuk ke dalam mesin.
  • Setelah semua proses selesai pasang kembali dan jangan lupa untuk memasang klip pengait box filter dengan kencang.
Diatas merupakan turtorial membersihkan filter udara mobil berbahan kertas karton atau kain berserat. Beda lagi jika filter yang terbuat dari busa spons atau busa.

Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah 

Karena dibuat dari bahan yang berbeda tentu perlakukanya pun juga berbeda. Untuk lebih jelasnya kami juga memiliki tips cara mempersihkan filter udara berbahan sponse atau busa :

  • Siapkan air sabun secukupnya pada ember. Untuk sabun disarankan memakai sabun pencuci piring.
  • Lepas filter dari dalam box secara perlahan tentu dengan membuka klip pengaitnya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya rendam filter ke dalam air sabun beberapa menit. Kemudian goyang-goyangkan filter berulang kali agar debu dan kotoran yang menempel terlepas. 
  •  Hindari perilaku mengucek spons terlalu keras atau bahkan menyikatnya, tindakan ini justru dapat merusak spone bahkan dapat membuatnya sebok.
  • Terakhir jemur dibawah terik matahari secara langsung. Setelah kering merata pasang kembali ke dalam box dengan posisi seperti semula.
Membersihkan filter udara mobil dapat dilakukan jika sudah menempuh jarak 5rb km/jam dalam kurung waktu 3-4 bulan tergantung pemakain. Namun bila air filter sudah menempuh 40rb km/jam Sebaiknya ganti degan yang baru agar tidak menimbulkan keruskanm pada bidang lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel