[TIPS AMPUH] Cara Menghitamkan Ban Motor yg Kusam


Cara Menghitamkan Ban Motor yg Kusam -  Mode transportasi roda 2 saat ini memang paling banyak digemari masyarakat baik dari golongan menengah keatas maupun ke bawah. Selain sebagai kendaraan pribadi, saat ini motor bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau tidak dipkai buat ojek online yang memanjakan para penumpangnya, tinggal klik langsung dijemput didepan rumah.

Karena difungsikan sebagai pelayanan maupu untuk pribadi tentu tampilanya harus selalu bersih. Mungkin hal ini pernah anda rasakan setelah selesai mencuci motor bahkan bisa jadi dilema tersendiri. Bagaimana tidak coba mata sudah dimanjakan dengan tampilan body motor yang mengkilap seperti baru, tiba-tiba saat memandang bagian kaki-kaki ada yang bagian komponen lain yang cukup jangal penglihatan. Ya penampakan ban kusam dapat mengurangi kepercayaan diri saat memakainya.

Meskipin sudah dicuci bersih dan disikat berulang kali dengan sabun jika sudah kering ban tetap kembali pada wujud awal nya kusam. Jika sudah begini apa ngak bikin jengkel coba ??

Fungsi ban sangatlah penting bagi semua kendaraan baik pada roda 2 maupun roda 4. Letaknya yang dibawah dan memiliki ukuran cukup besar membuat tampilanya begitu mencolok. Jika warna ban terlihat kusam maka secara langsung dapat mempengaruhi estetika kendaraan secara menyeluruh.

Baca juga  Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk

Selain menggunakan semir ban, banyak cara untuk menghitamkan ban motor yg kusam. Mulai memakai minuman bersoda, minyak goreng bahkan oli. Dibawah ini merupakan berbagai jenis bahan pengganti semir ban yang sangat man dipakai tanpa ada efek samping.


 1. Minyak Goreng



Bahan awal yang dapat dipakai adalah minyak goreng. Bahan dapur yang juga dapat digunakan untuk menghitamkan dek kulit jeruk ini ternyata juga mampu untuk menembalikan warna hitam pada bahan. Dibawah ini adalah tahapan cara menghitamkan ban motor dengan minyak goreng :

  • Sebelum dioleskan, terlebih dahulu motor harus dicuci seperti biasanya terutama pada ban. Cuci seperti biasanya namun alangkah baiknya bisa disikat dengan air sabun untuk menghilangkan minyak, debu bahkan sisa oli yang menempel.
  • Agar hasilnya lebih maksimal keringkan ban terlebih dahulu. Anda bisa mengelapnya dengan kain atau lap kanebo untuk mempercepat proses pengeringan. Pastikan memang benar-benar tidak ada air yang masih menempel baik pada sela velg. Baca juga 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic
  • Steep ke tiga adalah dengan menuangkan minyak goreng secukupnya pada wadah kecil serta siapkan sponse dan lap yang kering.
  • Untuk memudahkan proses ini pastikan motor dalam kondisi standar tengah. Oleskan sedikit minyak goreng dengan spone kemudian ratakan pada permukaan ban secara perlahan tunggu beberpa saat dan lihatlah hasilnya. Ban yang awalnya kusam kini kembali mengkilap dengan bahan seadanya. Jika dirasa minyak yang menempel terlalu tebal anda bisa mengusapnya dengan lap yang halus.
Yang perlu diperhatikan adalah karena minyak goreng bersifat licin jadi cukup oleskan bagian pingir ban agar tidak licin saat dipakai bermanufer.

Baca juga Cara Sederhana Dan Alami Menghitamkan Spakbor Belakang Motor
2. Minuman Soft Dring 


Ya minuman penghilang dahaga ini ternyata juga ampuh digunakan sebagai pengganti semir ban. Karena dapat dimanfaatkan jadi saat minum softdring jangan dibuang yaa kan mubazir. Berikut uraian cara mengkilapkan ban motor dengan choca cola.

  • Biar warna hitamnya awet steep pertama yang wajib dilakukan adalah dengan cucinya terlebih dahulu mekakai sabun. Khusus pada ban gunakan sabun detergen maupun sabun cukup untuk mempercepat tahap pembersihan.
  •  Selanjutnya anda dapat menunggu sejenak hingga air yang nenempel mulai mengering. Biar cepat kering anda bisa menggunakan kain chamois.
  • Tuangkan minuman bersoda pada wadah kecil atau anda bisa langsung menuangkanya pada spons maupun kain yang bersih secukupnya. Berikutnya tinggal mengoleskan pada pinggir ban secara menyeluruh. Biar semakin sempurna oleskan pada sisi ban juga ya lur. Ngak lucu klan bisa bagian kanan sudah mengkilap sedangkan bagian sisi kiri masih terlihat kusam.
  • Terakir tunggu mengering dan lihatlah hasilnya. Magic pokoknya

 3. Sabun Cuci Piring

Siapa sangka hanya bermodalkan 5rb perak untuk membeli sunlight serta fatao ukuran 250ml ini bisa bikin ban mu kilap kembali. Racikan ini juga banyak digunakan para pengusaha daur ulang ban bekas lho,  karena lebih efisien ketimbang penggunaan semir ban namun serta memiliki daya kilap yang cukup lama.

Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas 

Cara Membuat Ban Motor Menjadi Hitam Kembali Dengan Sunlight


  • Campurkan 1-2 sendok makan sabun cuci piring dengan fanta ukuran 250ml, kemudian aduk sampai mengeluarkan busa. Gunakan mangkuk kecil untuk mencampurkan kedua bahan ini.
  • Sebelum dioleskan pastikan kondisi ban sudah dicuci sampai bersih biar cairan semir ban dalam menempel dalam jangka waktu yang lama.
  • Oleskan  pada permukaan ban yang ingin dihitamkan memakai kuas cart ataupun dengan sikat gigi secara merata.
  • Diamkan beberapa saat agar cairan mengering, setelah kering gunakan kain untuk menggosoknya. 
  •  Bila sudah selesai simpan cairan semir ban buatan sendiri untuk digunakan dikemudian hari dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

4. Oli Bekas



 


Selain banyak dimanfaatkan sebagai pelumas rantai oli bekas atau biasa disebut gemuk juga dapat diamnfaatkan sebagai pengganti semir lo. Bahkan sangat praktis tinggal oles ban pun langsung menghitam kembali. Biar tangan ngak kotor dulur bisa mengolesknya pakai spons atau lap yang kering tinggal celup langsung oles.

Namun dari sisi kelemahan semir ban dari oli bekas ini adalah dapat membuat licin an terutama saat digunakan berbelok. Untu meninimalisir hal ini cukup oleskan oli disekitar pinggir ban saja.


5. Air Gula 



Gula pasir ternyata juga memiliki kemampuan mengkilapkan ban yang kusam loo..Bakahkan semir ban dari air gula ini ngak bikin partikel debu menempel serta tidak mudah hilang meski terkena airhujan sekapun.

Untuk membuatnya pun tidak lah terlalu sulit yaitu dengan menyiapkan air panas setengah gelas kemudian campurkan 3 sendok makan gula pasir dan aduk sampai larut. Semakin banyak takaran gula yang dipakai tentu warna ban akan semakin menghitam.

Cara menggunakanya pun sama dengan beberapa bahan yang lainya, yaitu dengan mencuci ban sampai bersih dan biarkan hingga sisa yang menempel kering.

Setelah kering tingal oleh deh ke seluruh permukaan ban. Setelah air gula mengering anda bisa melihat hasilnya warna ban akan hitam alami.

Seperti pepatah ada gula ada semut, jadi kelemahan semir dari air gula ini adalah jika ada semut tentu akan menempel pada ban.

Oke dulur.. [TIPS AMPUH] Cara Menghitamkan Ban Motor yg Kusam dengan bahan yang sederhana ini bisa jadi langkah alternatif membuat tampilan motor kece dengan budget yang sangat murah. Tentu penggunaan bahan alami lebih aman serta tidak memiliki efek samping dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel