[WAJIB TAHU] Dampak Buruk Terlalu Sering Gunakan Standar Samping Pada Motor


Dampak Buruk Sering Gunakan Standar Samping Terlalu Lama  - Umumnya kendaraan bermotor memiliki 2 standar yakni samping dan tengah. Namun berbeda pada jenis Moge atau motor sport yang hanya dilengkapi standar samping yang membuat cukup kesulitan saat mencucinya.

Berbeda dengan yang ditengah penggunan standar samping lebih simpel dan praktis terutama bagi kaum hawa yang tidak mau repot. Meski gampang namun jika sudah menjadi kebiasaan setiap waktu tentu ada efek samping yang cukup merugikan.  Mulai dari motor yang mudah jatuh terutama di jalan yang datar bakan sampi kebocoran oli suspensi.

"Pada motor sport yang tidak memiliki standar tengah kalau parkir didalam dirumah atau tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, baiknya pakai standar paddock yang banyak terjual ditoko aksesoris motor". Tutur rofi'i salah satu mekanik bengkel Honda.


Selain kerusakan pada shockbreaker, terlalu sering memposisikan motor menggunakan standar samping  tanpa kita sadari juga dapat membuat kualitas matrail ban dapat menurun. Khususnya pada sisi bagian kiri yang menjadi pernahan bobot kendaraan.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara Mengatasi Standar Tengah Honda Beat Yang Macet 

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan kami kupas tuntas efek buruk  menggunakan standar samping terlalu lama :

  • Rusak atau Bengkok

Jagrang samping memang didisain untuk menahan bobot motor saat sedang berhenti dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika terlalu sering dipakai baik saat siang maupun malam hari justru dapat membuatnya bengkok. Jika sudah mengkok maka saat digunakan posisi motor akan semakin miring tidak stabil menahan beban motor saat parkir serta dapat membuat motor roboh.

  • Kerusakan Shock Kiri

Kita pasti sudah tahu bahwa beban motor lebih dari 100 kg mungkin bisa lebih jika tergolong jenis MOGE. Tetudengan memparkirkan motor lebih dari 8 jam setiap saat yang hanya ditopang dengan standar tengah serta shockbreaker sebelah kiri. Hal ini dapat membuat usia pakai shock motor kamu tidak terlalu lama. Kerusakan yang dialami jika terlalu sering menggunakan standar samping adalah mempercepat kebocoran sill shock serta dapat membuatnya mati terutama pada sisi kiri.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola 

  • Tekanan Angin Ban Berkurang


Saat anda memparkirkan motor lebih dari satu minggu dengan menggunakan standar samping, tekanan angin akan berkurang secara derastis. Hal ini dapat terjadi karena beban motor yang masih disangga ban sehingga tekanan dari berat motor membuat udara didalam ban cepat menurun terutama pada ban belakang.

Beda lagi jika menggunakan standar tengah, ban belakang tidak tersentu tanah. Yang seluruh berat motor dibebankan oleh standar tengah.


  • Ban Cepat aus


Dampak buruk berikutnya adalah dapat mempercepat proses pengikisan ban. Posisi motor yang selalu miring kekiri tentu tentu menjadikan ban sebagai tumpuan berat kendaraan. Jika prilaku ini berangsur secara lama bukan tidak mungkin ban bagian kiri lampisan ban cepat terkikis ketimbang sisi kanan.

  • Motor Mudah Tergelincir


Saat kamu memparkirkan motor dengan jagrak samping ditempat yang tidak rata kadang motor mudah sekali majumaupun mundur dengan sendirinya. Yang justru membahayakan si motor maupun orang lain. Jika terpaksa memakai standar samping sebaiknya jangan lupa untu menggunci handle(handrem) jika motor memilikinya.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban 

Kesimpulan dari isi artikel ini adalah dampak buruk terlalu sering memakai standar samping saat parkir adalah dapat menimbulkan masala seperti:

  • Membuat jagrak cepat bengkok
  • Kerusakan shock khusunya pada bagian kiri
  • Membuat ban cepat kempes
  •  Ban Cepat AUS 
  • Serta membuat motor mudah tergelincir


Satu lagi posisi motor yang selalu miring dapat membuat rangka kendaraan tidak simetri lagi alhasil motor pun teras tidak seimbang saat berjalan atau terasa berat sebelah saat dikendarai.

Oke dulur demikainlah informasi yang dapat saya rangkum seputar dampak sering gunakan standar samping terlalu lama. Semoga dapat berguna serta bermanfaat bagi anda semua, terimakaksih dan sampai jumppa di tips trik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel