PENYEBAB Motor Nmax Mati Mendadak Saat Jalan

Penyebab motor nmax mati mendadak saat jalan - Hallo dulur - Indonesia merupakan salah satu negara yang dari ketahun ketahun pengguna motor jumlahnya semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari lalu lalang dijalan ibu kota dan komples perdesaan, bukanya tanpa asalan ukuranya yang kecil dengan biaya perawatan yang cukup murah membuatnya bisa diandalkan untuk melibas jalan sempit dan menghindari kemacetan.

Di zaman modern ini banyak bermunculan motor keluaran terbaru yang tersematkan fitur-fitur canggih khususnya pada tipe matic. Tentu ini menambah nilainya kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, beberapa tehnilogi canggih ini sudah melekat padaa Yamaha Nmax ABS maupun non ABS, dengan desain sporty nan mewah membuatnya semakin di incar masyarakat sebagai kendaraan idaman.

Maski dijual dengan harga yang tak murah, tidak menutup kemungkinan motor ini suatu saat mengalapi berbagai kerusakan, muali dari rusak ringan hingga yang cukup parah. Jika berfikir lebih jauh semua kendaraan pun kelak akan menuai berbagai problem meski motor dalam keadaan baru sekalipun.

Dari sekian banyak kerusakan yang terjadi pada motor Namx yang paling jarang ditemui adalah masalah pada sistem kelistrikan. Yaa.. Kerusakan pada komponen kelistrikan memang susah untuk diperbaiki, karena banyaknya kabel yang saling bersangkutan dengan berbagai warna. Untuk menghindari kosleting yang memperparah kerusakan sebaiknya bawalah ke bengkel resmi.

Penyebab motor Namx mati mendadak saat jalan

Bila menemukan semacam motor nmax tiba-tiba tidak bisa distarter saat mati dan sulit untuk menyala, anda tak perlu panik dan khawatir. Cobalah untuk memeriksa beberapa komponen motor, kondisi mesin mati mendadak menandakan terjadi masalah pada bagian kelistrikan dan engine. Berikut adalah beberapa poin penyebabnya.




1. Kerusakan Sekring fuse

Fungsi sekring adalah untuk memutus aliran arus listrik saat terjadi korsleting secara tiba-tiba. Sistem kerja komponen ini akan memutus langsung aliran listrik saat terjadi kelebihan listrik yang melewatinya, jadi bisa disimpulkan fungsi sekring adalah sebagai alat/komponen pengaman.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika tidak ada sekring, maka motor bagaikan kabel yang rentan terbakar. Jadi jika tiba-tiba motor nmax anda mati tidak ada salahnya untuk mengecek bagian box sekring yang posisinya dibawah jok tempak duduk kemudi.

Terdapat beberapa sekring yang wajib anda cek satu persatu, biasanya motor nmax tidak bisa nyala bila ada sekring putus. Jadi agar mesin dapat hidup kembali, segera ganti dengan park yang baru agar kelistrikan berjalan secara normal.

2. Sekring Kemasukan Air 

Saat menuci motor atau melewati jalan yang tergenanag air cukup dalam, terdapat beberapa komponen motor yang sangat fatal apabila terkena/kemasukan air. Terutama pada komponen kelistrikan yang mengalir ke busi memang rentan jika terkena air dengan intensitas banyak, hal inilah yang membuat mesin susah dinyalakan  meski sudah diongkel beberapa kali.

Baca juga [KLIK DISINI] 5 Cri dan Perbedaan Oli Yamalube Asli dan Palsu

Jadi jika hal ini terjadi, cobalah untuk membongkar busi dan keringkan dengan lap atau bisa menjemur dibawah terik matahari langsung.

3. Standar Kotor dan Macet

Khusus motor matic keluaran terbaru saat ini sudah mengadopsi teknologi switch atau saklar on off yang di letakkan pada standar samping. Jadi jika motor anda sudah pakai fitur switch motor tidak akan bisa nyala bila standarnya lupa dinaikan ke atas. Adanya teknologi ini bertujuan agar semakin safety dalam berkendara.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Apabila motor seringkali melewati jalanan yang lumpur dan kotor, usahakan saat mencucinya jangan lupa untuk membersihkan area standar samping terutama pada komponen switch. Pasalnya jika dalam kondisi kotor saklar tidak dapat menutup sempurna, alhasil kendaraan akan susuah dinyalakan meski sudah dicoba berulang.

4. Dinamo Starter Kotor

Keadaan mesin motor yang senang mati mendadak paling banyak terjadi pada jenis matic, karena starter motor yang posisinya ada dibagian depan dan belakang. Keduanya kampang sekali kotor terkana lumpur yang mengakibatkan starter tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Untuk mengatasi masalah ini dan dalam keadaan darurat maka anda dapat mengotak bagian starter motor secara perlahan supaya kotoran yang di dalam starter motor terjatuh. Selanjutnya coba untuk menyalakan motor seperti biasanya.

5. Kehabisan Bensin

Bensin merupakan bahan bakar yang digunakan motor untuk menajalankan proses pembakaran di dalam mesin, sehingga motor akan berjalan sebagai semestinya. Terkadang mesin motor yang mendadak mati disebabkan kehabisan bensi. Hal ini memang sepele, namun sering kali diabaikan pengemudi dengan alasan terburu-buru dan lupa mengecek stok bahan bakar.

Sebaiknya buat motor yang sistem pembakaranya sudah pakai Injeksi, hidari mesin motor mati akibat kehabisan bensin. Karena residu atau kotoran yang ada dibawah tangki akan ikut masuk kedalam mesin, yang mengakibatkan kerusakan injeksi meski tidak bisa di rasakan secara langsung. 

Itulah beberapa point penyebab motor nmax mati mendadak saat jalan dan cara memperbaikinya. Untuk menghindari masalah ini sebaiknya lakukan servis secara berkala terutama saat akan dipakai menempuh jarak yang cukup jauh. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas