AWAS KELIRU... Warna Dasar Untuk Cat Merah Metalik

Warna dasar untuk cat merah metalik - Hallo dulur... Cat merah ferrari merupakan warna spesial yang sangat elegan bila diaplikasikan pada mobil-mobil sekelas sedan atau sekedar pengecatan ulang body motor. Namun tak sedikit yang kurang puas dengan hasil repairnya dimana warna yang dihasilkan justru cenderung ke hitaman atau tidak sesuai semplenya.

Ya.. Beda dengan mengecat warna lainya, proses pengecatan mobil warna merah metalik dibutuhkan teknik khusus untuk menghasilkan cat yang glosy merata tanpa belang disetiap panelnya. Pasalnya jika dilakukan secara asal, meski memakai cat yang sama terkadang warna yang dihasilkan dari panel satu dan yang lainya warnanya cenderung beda, cenderung gelap atau lebih terang.

Nah agar tidak terjadi kekeliruan atau kegagalan, dibawah ini merupakan proses urutan pengecatan warna merah yang benar dari tahap pengamplasan hingga lapisan coating clear coat yang benar.

Langkah pertama adalah mengamplas cat lama dengan ukuran amplas 400 hingga permukaanya halus dan cuci dengan air sabun untuk menghilangkan sisa minyak atau silicon. Jika ada permukaan yang menyok anda bisa melakukan proses pendempulan untuk meratakanya. Bisa pakai dempul warna hijau dan kuning, menyesuaikan kebutuhan.

Jika sudah bisa niak ke tahap epoxy filler, proses poxy cukup diaplikasikan pada area yang telah di dempul hingga menutupi dempul secara sempurna 2 sampai 3 lapis. Setelah kering bisa di amplas dengan nomor 400 sampai halus. Jika ingin mempersingkat waktu anda bisa pakai dempul odol spot putty sebagai pengganti epoxy.

Warna dasar untuk cat merah metalik 

Langkah ke tiga adalah pemberian waran cat dasar. Yaa.. Pemilihan warna cat dasar ini sangat penting ya masbro, khususnya untuk warna-warna spesial. Khusus untuk cat merah metalik warna dasarnya adalah silver solid.

Namun beda lagi jika merah yang anda pakai cenderung gelap seperti merah maroon maka cat dasarnya adalah hitam doff. Jadi keduanya tidak bisa di samakan, karena jika keliru misal merah metalik terang cat dasarnya hitam maka catnya justru menjadi kehitaman dan begitu sebaliknya.

Sementara untuk merah solid seperti ferrari red, red chili warna dasarnya adalah putih solid.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Seperti yang sudah kami singgung tadi warna merah merupakan tipe cat spesial yang teksturnya bening, jadi jika keliru dalam pemilihan warna dasar, maka cat akan susah bahkan lama nutup dan terlihat transparan.

Untuk cat dasar cukup aplikasikan di atas permukaan poxy atau dempul spott hingga menutup secara sempurna. Agar menghasilkan lapisan cat yang halus dan cepat kering gunakan thinner super sebagai pengencernya.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Selanjutnya setelah cat dasar mengering kita bisa mengamplasnya hingga halus dengan ukuran amplas 400 bekas atau sisa yang sudah kita pakai tadi agar tidak terlalu tajam.

Jika sudah tinggal mengaplikasikan warna merah hingga warna cat dasar tak terlihat, umunya dibutuhkan 3 hingga 4 lapis tertutup sempurna.  Jika sudah menutup sempurna tinggal mengecat satu panel untuk menghindari cat terlihat belang.

Baca juga Perlukah Cat di Amplas Sebelum di clear coat

Langkah terakhir adalah melakukan proses coating clear coat dengan menggunakan thinner PU sebagai campuranya. Untuk menghasilkan cat kilap basah gunakan pernis jenis PU dan daplikasikan 3 sampai 4 lapis dengan jarak spray gun tidak terlalu jauh sekitar 10cm.

Nah demikian tadi merupakaan jenis warna dasar untuk cat merah metalik yang bisa langsung anda jajal sendiri dirumah. Agar hasil pengecatan dpat bertahan lama diperbagai cuaca sebaiknya gunakan cat jenis pu juga, sehinga menghasikan repair yang standar pengecatan pabrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas