Perbedaan Dempul Warna Hijau dan Kuning.. Mana Yang Paling Kuat

Perbedaan dempul warna hijau dan kuning - Hallo Dulur ... Pendempulan merupakan tahap ke dua dari urutan proses pengecatan ulang mobil dimana bertujuan untuk meratakan beberapa body yang tidak untuh kembali mulus kembali, seperti habis dipakai tabrakan atau sekedar menghilangkan baret-baret saja. Fungsi lainy adalah guna menutupi body yang kropos, sehingga terlihat mulus kembali. Namun ini hanya bersifat sementara, jadi perlu pengelasan terlebih dahulu.

Untuk menghasilkan pendempulan yang rata tidak bergelombang dibutuhkan keahlian khusus, tak heran jika biaya restorasi mobil full body kerok total bisa puluhan juta rupiah. Bahkan harga tersebut bisa leboh bila membawanya ke bengkel resmi.

Jika dipelajari sebetulnya cara mendempul dengan baik dan benar cukuplah gampang, yakni dengan mengaplikaskanya secara tipis-tipis terlebih dahulu dan tunggu hingga mengering. Bila sudah kering tinggal diulangi kembali begitu seterusnya hingga menghasilkan permukaan yang merata. Jika langsung tebal presentasi mengelupas sangat tinggi dan hal yang perlu diperhatikan adalah amplas objek hingga bersih sebelum dempul di oleskan. 

Setelah menghasilkan pendempulan yang merata proses mengamplas dempul dengan baik dan benar juga perlu dipertimbangkan. Pasalnya jika dilakukan secara asal justru permukaan dempul akan bergelombang bahkan bila salah pemakaian grid amplas justru baret bekas amplasan akan jelas terlihat setelah proses finishing nanti clear coat.

Perbedaan dempul mobil warna hijau dan kuning

Untuk mobil setidaknya ada dua tipe dempul yang dapat digunakan, pertama adalah dempul plastik polyerter putty dan dempul odol spot putty

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Tentu keduanya memiliki perbedaan fungsi dan cara menggunakanya. Bisa dikatakan dempol odol sebagai pengganti epoxy  filler, ya fungsi spot putty adalah menghilangkan sambungan dempul serta menutup pori-pori dempul, dengan catatan bidang pendempulan tidak terlalu luas.

Dempul odol sangat cocok dipakai buat yang lagi dikejar deatline seperti pengerjaan mobil rental yang memburu wakru, karena dempul spot sudah siap diamplas dalam waktu 5 menit dan langsung bisa dicat. Ini jelas beda dengan poxy yang butuh waktu 1-2 baru kering.

Hanya saja penggunaan dempul spot yang terlalu tebal memiliki dampak buruk yakni munculnya bintik bintik kecil dengan jumlah banyak pada permukaan cat. Kejadian ini bisa muncul dalam jangka 3-4 bulan.

Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy

Sementara fungsi dempul mobil plastik adalah untuk mendempul objek yang dalam seperti meratakan bidang penyok atau baret dalam dengan mencampurkan hardener sebagai pengering.

Tidak hanya satu dempul plastik memiliki beberapa varian warna diantaranya hijau, kuning dan putih. Nah pada kesempatan kali ini yang pertama akan kami bahas adalah beda dempul mobil plastik hijau dan kuning.

Dempul Plastik Hijau

Ya.. Bisa dikatakan dempul warna hijau ini paling banyak dipakai dibeberapa bengkel restorasi mobil pinggir jalan, tidak menutup kemungkinan digunakan bengkel oven resmi. Bahkan saya sendiri terkadang juga pakai dempul warna hijau dari alfagloss.

Kelebihan dempul warna hijau ini adalah memiliki daya rekat kuat, tidak gampang terkelupas, tidak mudah pecah meski diaplikasikan terlalu tebal. Dapat diapliksikan pada matrial besi dan body plastik, hanya saja perlu dilapisi epoxy terlebih dahulu agar tekstur minyaknya hilang.

Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Sementara untuk kekuranganya adalah teksturnya yang keras saat kering membuatnya butuh tenaga lebih saat mengaplasnya. Namun agar lebih empuk saat di amplas anda bisa mengoleskan sabun colek dan gunakan ukuran amplas 80, 120, 240 terakhir dibilas ukuran 400 agar permukaanya halus.

Dempul Kuning

Semetara kelebihan dempul warna kuning adalah teksturnya lebih empuk sehingga lebih ringan saat diamplas tanpa memakan waktu yang lama. Jadi ukuran amplas yang dipakai bisa langsung 120, 240 dan 400. Untuk pemula mungkin sangat direkomendasikan agar tidak kesusahan saat mengamplasnya. Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Sedangan untuk kekurangan, kalau menurut saya pribadi sesuai fakta lapangan dempul warna kuning ini kurang kuat ya masbro. Sementara untuk penggunaan lebih enak yang kuning karena kadungan minyak yang lebih banyak jadi lebih licin saat diaduk atau diaplikasikan

Sementara untuk harga keduanya tidak ada perbedaan yang cukup signifikat ya, paling selisih 10 sampai 30 ribu dan sama sama menggunakan hardener sebagai pengering atau pengerasnya.

Bagaimana masbro.. Sudah jelas ya perbedaan dempul mobil warna hijau dan kuning untuk pendempulan body mobil, motor atau kayu. Sebetulnya sih semua tergantung pada penggunaan ya masbro. Jadi semua tergantung pada anda, toh keduanya memiliki plus minus masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas