Kenali Tiga Penyebab Clear Coat Bolong Bolong

Penyebab dan cara mengatasi clear coat bolong bolong - Sejatinya fungsi pernis adalah mengkilapkan sekaligus melindungi cat dari sinar UV dimana mampu membuat struktur lapisan terdalam cat bisa rusak. Ini bisa dilihat dari memudar warnanya dan ada beberapa keretakan. Fungsi lainya adalah sebagai anti gores mulai dari cakaran kuku atau tersenggol benda lain.

Mengecat ulang kendaraan merupakan langkah akhir yang dapat dipilih untuk mengembalikan nilai estetika sebuah kendaraan yang awalnya kusam dan ada beberapa dempul terkelupas akan diperbaiki agar terlihat mulus kembali. Sebetulnya proses poles dapat dia ambil untuk membuatnya kembali kinclong, hanya saja pada cat yang telah usang dan berumur lebih akan lebih sulit bahkan tidak bisa bila kondisi cat telah rusak.

Proses pengecatan sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalu mesin oven di restorasi bengkel resmi atau dilakukan pada bengke pinggir jalan kaki lima. Tentu untuk soal harga biaya cat ulang body mobil di bengkel resmi jauh lebih mahal bahkan 3 kali lipat lebih ketimbang biasa. Bahkan untuk harga perpanel saja bisa 700 sampai 800 ribu. Belum lagi kita harus antri, bisa satu bulan lebih untuk kelas siram ulang full body.

Namun jangan memandang sebelah mataa bila hasil garapan bengkel pinggir jalan terlihat buruk. Mungkin persepsi ini bisa salah bila bengkel pinggir jalan dikerjakan oleh ahlinya yang sudah memiliki jam tayang lama. Dimana hasil pengecatan kualiastnya dapat disamakan dengan hasil oven, dengan catatan penggunaan bahan harus PU polyurethane baik pemakian cat, clear coat dan thinnernya.  

 3 penyebab dan cara mengatasi clear coat bolong bolong 

Bila pengecatan dilakukan sendiri dirumah atau masih pemula tentu ada beberapa kesalahan demi kesalahan yang ditemukan pada saat proses mengecat berlangsung, mulai dari cat kriting.meleleh atau hasil pengecatan justru muncul lubang kecil diatas permukaan cat dengan jumlah yang banyak.



Beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah munculnya lubang lubang kecil diatas permukaan clear coat. Tentu ini mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan, lantas apa yang menjadi penyebabnyaa ? Setidaknya ada 3 faktor biang penyebabnya.

1. Terkena percikan air

Penyebab paling umum adalah akibat air yang keluar bersamaan cat melalui lubang nozzel. Seperti yang kita tahu cat tidak dapat menempel bila tercampur air.  Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Mengapa air bisa masuk ke lubang spray gun ? Ini sangatlah bisa terjadi bila anda tidak pakai filter air yang dilekatkan dibawah spray gun langsung. Fungsi filter ini adalah untuk meyarimg bila ada air yang bercampur angin dari kompresor. Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Alangkah baiknya kuras kompresor setidaknya seminggu sekali dengan cara membuka baut yang ada dibawah tabung dengan posisi tidak ada angin yang tersimpan pada tabung.

2. Bekas obat pengkilap kit dan sejenisnya

Penyebab adanya bintik bintik pada permukaan clear coat lainya adalah akibat bekas cairan wax/pengkilap seperti kit, turtell wax dan lainya. Sebaiknya sebelum tahap pengecatan dimulai cuci bersih objek tersebut dengan air sabun dibarengi dengan pengamplasan.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Sebelum proses clear coat diaplikasikan tidak ada salahnya anda mengoleskan thiner degreaser diatas permukaan cat. Untuk membersihkan atau mensterilkan cat dari benda/cairan apaun yang menempel. Tak perlu khawatir bro tiner degreaser ini aman buat cat jadi tidak bakalan luntur.

Penggunaan lap juga perlu diperhatikan ya masbro, jangan sampai kain bekas kit, minyak atau oli pada saat repair.

3. Partikel debu yang menempel

Penyebab ketiga ini sering dialami saat pengecatan dilakukan diluar ruangan sehingga partikel debu serta binatang kecil rawan menempel. Untuk meminimalisirnya tidak ada salahnya sebelum mengecat anda bisa meniramkan air disekeliling bengkel dan jangan mengecat saat cuaca mau gelap.

Cara mengatasi dan menghilangkan clear coat bolong bolong

Sebetulnya masih ada cara untuk menghilangkan pernis yang berlubang atau bintik bintik yakni dengan cara mengamplasnya dengan ukuran 2000 hingga permukaanya rata atau halus.

Proses mengamplas pernis juga perlu kehati-hatian ekstra, pasalnya jika bisa membuat pernis habis terkikis habis bilsa diamplas terlalu dalam. Setelah diamplas untuk mengkilapkanya kembali anda bisa mempolesnya dengan kompon putih.

Jika langkah ini gagal jalan terakhir adalah dengen mengecatnya kembali bila clear coat sudah mengering dan lakukan pendempulan untuk meratakanya.

Oke demikian tiga penyebab clear coat bolong bolong beserta cara menghilangkan nya, Jadi intinya sebelum proses reapir dimulai pastikan objek yang akan dicat harus steril dan sebisa mingkin jangan menyentuhnya. Sekian dan terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas