Dampak Buruk Menggunakan Dempul Odol Spott Putty

Dampak buruk menggunakan dempul odol spott puty - Hallo dulur ... Proses restorasi merupakan langkah yang bertujuan untuk mengembalikan estetika atau nilai jual sebuah kendaraan. Paling tidak proses pengecatan ulang mobil butuh dua Minggu bahkan sampai satu bulan lebih bila perlu kerok total, Diaman bertujuan agar saat body ketuk-ketuk suaranya terdengar nyaring atau masih kaleng.

Sementara untuk harga tentu bervariasi tergantung tingkat parah tidaknya, namun umumnya berkisar 7 sampai 10 jutaan bila kerok total. Kalau sekedar tambal sulam perpanel bisa 450 ribaun, harga tersebut mungkin bisa lebih tinggi bila perbaikan restorasi dikerjaan di bengkel resmi, bahkan bisa dua kali lipatnya.

Jika ingin dilakukan sendiri sebetulnya proses pengecatan cat mobil bisa dilakukan sendiri dirumah, toh saat ini banyak turtorail spesial body repair mulai dari A hingga tahap akhir proses clear Coat disajikan.

Proses pengecatan ulang mobil sendiri diawali dengan tahap pendempulan, epoxy filler, cat dasar, cat inti dan clear Coat. Sementara untuk bahan bisa pakai jenis NC nitro chelulosa dan PU polyurethane.

Dampak buruk menggunakan dempul odol spott putty

Dalam dunia body repair dempul memiliki fungsi penting yakni untuk meratakan/menghaluskan objek sebelum dicat. Proses pendempulan pun tidak boleh dilakukan secara asal, pasalnya ini menentukan seberapa kuat akan menempel. Yang tak kalah penting adalah saat pencampuran pengering hardener dan dempul, jika pencampuranya kurang rata justru dempul akan menjadi penyebab timbulnya bintik-bintik yang menembus cat. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya


Dalam dunia pengecatan setidaknya terdapat dua tipe dempul yang dapat digunakan, pertama dempul plastik Polyester putty dan dempul odol spott putty. Tentu keduanya memiliki perbedaan fungsi dan cara menggunakanya.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Fungsi dempul plastik adalah untuk mendempul atau meratakan objek yang cukup dalam sehingga sehigga perlu memdempulnya dengan ukuran yang tebal agar kembali rata, dengan mengoleskanya secara tipis-tipis kemudian diulangi kembali setelah kering dan begitu seterusnya.

Sementara fungi dempul spott adalah sebagai pengganti epoxy. Yaa.. Dempul odol ini sangat membantu pekerjaan anda yang dikejar deatline serba cepat. Dimanma setelah diaplikasikan sudah bisa diamplas dengan mengunggu 5 menit dan sudah siap ditimpa cat. Beda dengan epoxy yang perlu menunggu kering berjam jam baru bisa dicat.

Namun tahukah kamu memakai dempul odol spott putty sebagai pengganti epoxy memiliki dampak buruk yang perlu dulur ketahui. Ya.. Jika keliru dalam penggunaan justru menjadi penyebab timbulnyaa bintik-bintik diatas permukaan cat yang akan terlihat dengan jarak dua sampai tiga bulanan. 

Lantas bagaimana cara menggunakan dempul odol yang benar ? Sebetulnya penggunaan dempul odol tidak bisa dilakukan secara tebal ya masbro, jadi penggunaanya hanya untuk menutup pori-pori serta meratakan sambungan dempul dengan cara diaplikasikan secara tipis-tipis. Sementara amplas yang dipakai untuk menghasulkanya adalah ukuran 4000.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Saran saya sebaiknya hindari penggunaan dempul odol sebagai pengganti poxy, karena memiliki efek dikemudian hari. Mungkin kalau buat mobil rental atau kendaraan jual beli tidak begitu masalah, kalau buaat pribadi sebaiknya tidak. Sementara merk spott putty yang bisa dulur pakai diantaranya spot yako dan wanda.

Nah demikianlah penjelasan dampak buruk menggunakan dempul odol spott putty sebagai pengganti epoxy. Jika ada penjelasan yang sekiranya membinggungkan tidak ada salahnya untuk bertanya pada owner kami secara langsung. Terimkasih atas kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas