Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Motor Habis Sebelah


Pernah ngak menemukan hal aneh ban depan motor habis sebelah atau tidak rata ? permasalahan ini juga terjadi pada motor matic yamaha Nmax milik teman saya tepatnya pada bagian belakang. Mungkin karena motor sering dibuat nikung ke kanan ya, jadinya ban yang sebelah kanan bodak duluan atau mungkin matrial ban terlalu jelak.

Menariknya lagi, saat pihak IRC Jepang saat mencoba lihat kontur jalan Indonesia, kalau diperhatikan 90% jalan di tanah air sebelah kirinya lebih terliat miring dari yang tengah. Yang bertujan untuk memperlancar air masuk got agar halan tidak tidak tergenang saat banjir.


Struktur jalan yang kurang rata membuat ban cepat tipis sebelah terutama dibagian kanan, karena posisi miring kekiri jadi ban sebelah kanan selalu menahan beban kendaraan.

Baca juga Tips Aman Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Tanpa Ke Bengkel 

Sebenarnya beberapa pernyataan bila d penyebab lain yang reaipikir logika juga masuk akal. Tapi ada faktor jadi kambing hitam ban motor tipis sebelah. Lantas apa penyebab ? Bagimana cara mengatasi nya ?

Yups penyebabnya adalah adanya ketidak selerasan shockbreaker baik kanan maupun kiri.

Selain sebagai sasis fungsi lain shockbreaker adala sebagai peredam kejutan saat motor melintas dijalan yang kurang rata. Bila tidak dapat berfungsi dengan semestinya bukan hanya ban dek motor pun bisa dibuat kendor bahkan pecah bila terasa keras.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban

Penyebab Ban Cara Mengatasi Motor Depan Habis Sebelah 


  • Shockbreaker Empuk Sebelah 

Penyebab yang jadi biang ban depan motor habis separo adalah shock empuk sebelah. Misalkan jika yang empuk sebelah kiri otomatis ban sebelah kiri terlalu banyak dibebankan jadi cepat tips bakan ban habis bergelombang. Empuknya shock ini terjadi karena ada pengurangan volume oli didalam tabung skok. Oli dapat keluar ketika seal pecah sehingga oli dapat merembes keluar. Anda capat mengecek nya secara langsung dengan cara mengamati apakah dibagian AS terdapat bekas oli atau tidak.

  • Ketidak Senteran Shockbreaker
Pemasangan shockbreaker yang tidak sejajar pun bisa membuat samping ban habis tidak rata. Ini biasanya terjadi saat pemasangan shock yang asal asalan tidak mengukurnya dengan yang satunya. Jika kanan dan kiri tidak rata tentu bagian S roda tidak senter atau miring sebelah yang berimbas putaran roda ikut mirinf meski tidak begitu terasa saat dikendarai.

Baca juga Dampak Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor Ban Tubles Pada Vleg 

  •  Jumlah Oli

Jika dicek tidak ada rembesan oli serta shockbreaker suda senter kumingkinan besar adalah jumla oli didalamtakung antara kira dan kanan ukuranya berbeda. Hal ini bisa saja terjadi saat pengisian oli yangjumlahnya tidak disamakan. Jadi shock yang kanan empuk olinya sedikit sedangkan yang kiri keras karena pengisian oli yang terlalu banyak.


Kesimpulan

Intinya ketidak serasian antara peredam kejutan baik kiri maupun kanan yang jadi faktor roda bodak sebelah. Untuk mengatasinya anda dapat pelakukan pengisian oli kembali dengan takaran yang disamakan serta pemasangan tabung shock kanan dan kiri ukuranya harus sama.

Selain dari suspensi yang kurang pas, laker roda yang sudah tidak senter juga ikut serta membuat ban habis tidak rata. Tentu kita tahu Laker pada As roda ada dua buah pada bagian kanan dan kiri. Jika salah satunya rusak(tidak senter) perputaran roda akan terganggung dan berbuntut pada ban habis separo.

Demikianlah pembahasan penyebab ban depan motor habis sebelah, ban yang tidak rata tentu membuat putaran roda terganggu yang berbuntuk ban kurang mencengkram saat dijalan. Bakhn jika dibuat belok terasa licin terutama sat musim ujan seperti ini. Tetap utamakan safety dalam berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas