Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Motor Habis Sebelah


Cara mengatasi ban depan motor habis sebelah - Pernah ngak menemukan hal aneh ban kendaraan habis sebelah atau tidak rata ? permasalahan ini juga terjadi pada motor matic yamaha Nmax milik teman saya tepatnya pada bagian belakang. Mungkin karena motor sering dibuat nikung ke kanan ya, jadinya ban yang sebelah kanan bodak duluan atau mungkin matrial ban terlalu jelak.

Menariknya lagi, saat pihak IRC Jepang saat mencoba lihat kontur jalan Indonesia, kalau diperhatikan 90% jalan di tanah air sebelah kirinya lebih terlihat miring dari yang tengah. Yang bertujuan untuk memperlancar air masuk got agar jalan tidak tidak tergenang saat air terjadi banjir.


Struktur jalan yang kurang rata membuat ban cepat tipis sebelah terutama dibagian kanan, karena posisi miring kekiri jadi ban sebelah kanan selalu menahan beban kendaraan.

Sebenarnya beberapa pernyataan bila difikir logika juga masuk akal. Tapi ada faktor lain jadi kambing hitam ban motor tipis sebelah. Lantas apa penyebab ? Bagimana cara penangananya nya ?

Yups penyebabnya adalah adanya ketidak selerasan shockbreaker baik kanan maupun kiri. Selain sebagai sasis fungsi lain shockbreaker adala sebagai peredam kejutan saat motor melintas dijalan yang kurang rata. Bila tidak dapat berfungsi dengan semestinya bukan hanya ban dek motor pun bisa dibuat kendor bahkan pecah bila terasa keras.

Penyebab Ban Cara Mengatasi Motor Depan Habis Sebelah 

  • Shockbreaker Empuk Sebelah 

Penyebab yang jadi biang ban depan motor habis separo adalah shock empuk sebelah. Misalkan jika yang empuk sebelah kiri otomatis ban sebelah kiri terlalu banyak dibebankan jadi cepat tips bakan ban habis bergelombang. Empuknya shock ini terjadi karena ada pengurangan volume oli didalam tabung skok. Oli dapat keluar ketika seal pecah sehingga oli dapat merembes keluar. Anda capat mengecek nya secara langsung dengan cara mengamati apakah dibagian AS terdapat bekas oli atau tidak.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

  • Ketidak Senteran Shockbreaker
Pemasangan shockbreaker yang tidak sejajar pun bisa membuat samping ban habis tidak rata. Ini biasanya terjadi saat pemasangan shock yang asal asalan tidak mengukurnya dengan yang satunya. Jika kanan dan kiri tidak rata tentu bagian AS roda tidak senter atau miring sebelah yang berimbas putaran roda ikut miring meski tidak begitu terasa saat dikendarai.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu
Jika dicek tidak ada rembesan oli serta shockbreaker suda senter kumingkinan besar adalah jumla oli di dalam tabung antara kiri dan kanan ukuranya berbeda. Hal ini bisa saja terjadi saat pengisian oli yang jumlahnya tidak disamakan. Jadi shock yang kanan empuk jumlah olinya terlalu sedikit sedangkan yang kiri keras karena pengisian oli yang terlalu banyak.

Kesimpulan


Intinya ketidak serasian antara peredam kejutan baik kiri maupun kanan yang jadi faktor roda ban makan sebelah. Untuk mengatasinya anda dapat pelakukan pengisian oli kembali dengan takaran yang disamakan serta pemasangan tabung shock kanan dan kiri ukuranya harus sama.

Selain dari suspensi yang kurang pas, laker roda yang sudah tidak senter juga ikut serta membuat ban habis tidak rata. Tentu kita tahu laker pada As roda ada dua buah pada bagian kanan dan kiri. Jika salah satunya rusak(tidak senter) perputaran roda akan terganggung dan berbuntut pada ban habis separo.

Demikianlah pembahasan penyebab ban depan motor habis sebelah beserta cara penangananya. Karena memiliki fungsi vital keamanan dan kenyaman dalam berkendara. Penting untuk mengkontrol seluruh komponen yang melekan pada kendaraan anda. Sekian dan terimakasih kunjunganya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas