Perbedaan Honda PCX ABS dan CBS... Mana yang Unggul

Perbedaan honda pcx abs dan cbs - Dari tahun ke tahun meminat motor matic semakin meningkat, bahkan kaum adam juga senang menungganginya ketimbang tipe sprot dimana lebih ribet terutama saat bawa barang. Bahkan saat ini sudah ada pilihan motor matik ber mesin besar 150 CC, sehingga membuatnya makin lincah dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Salah satu motor matic ber CC besar ada pada Honda PCX dimana awal pertama muncul pada tahun 2017. Dengan dilengkap fitur-fitur canggih, teknologi dan desain yang lebih sporty agar mampu bersaing dengan Yamaha Namx. Tak hanya satu matic PCX terdapat dua varian yakni ABS dan CBS, lantas mana yang lebuh unggul.

Kedua varian motor honda kelas premium dimana sama-sama dilengkapi mesin berkapasitas 150 cc tipe mesin 4 langkah SOHC dengan suplai bahan bagar PGM-FI yang lebih hemat konsumsi bahan bakar. Keduanya juga memiliki kesamaan pada suspensi yakni twin dibagian belakang dan depan teleskopik. 

Meski body PCX ABS dan CBS terlihat sama, namun ke dua tipe matic ini memiliki perbedaan yang signifikan lo. Ya selain beda harga, perbedaan bisa kita lihat dari masing-masing fitur yang tersematkan.

Perbedaan Honda Pcx Abs dan Cbs

Sistem Pengereman

Honda menawarkan PCX dengan sistem pengereman CBS Combo Break System dan PCX ABS Anti-Lock Breaking System. Meski sama-sama dipakai buat sistem keselematan berkendara, namun keduanya memiliki fungsi berbeda. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Pada sistem CBS bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke dua komponen yakni roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker, kemudian piston hidrolik bekerja dengan mengaktifkan rem cakram depan.

Jadi secara otomatis saat kita menekan rem belakang maka rem depan juga akan ikut berfungsi atau mengerem dengan sendirinya.

Sementara sistem pengereman ABS cenderung lebih aman meskipun tuas rem ditekan secara mendapat dalam kecepatan yang cukup tinggi. Ini dikarenakan teknologi ABS sudah memakai sensor yang akan mendeteksi secara otomatis.

Ukuran Kampas Rem

Beda Pcx Abs dan Cbs lainya terletak pada ukuran kampas rem yang dipakai. Dimana pada Pcx Cbs ukuran kampasnya jauh lebih besar ketimbang Abs, baik yang depan maupun belakang. 

Jadi saat melakukan penggatian kampas perlu diperhatikan agar tidak salah dalam pemakian, untuk membedakanya kita bisa melihat kode yang tercetak pada kampas atau kemasanyaa.

Pada kampas pcx abs memakai kode 06455-K84-901, sementara pada cbs 06455-KRE-K01. Jadi sangat sampai keliru saat menggantinya ya masbro.

Striping

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Yang paling menonjol untuk mengetahui beda pcx abs dan cbs adalah pada model stiker yang menempel pada bagaian body. Dimana jika diperhatikan warna stiker silver yang ada pada ABS desainya terlihat lebih mewah dibandingkan dengan variasi cbs.

Moncong Knalpot

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Kemudian perbedaann bisa kita lihat jelas pada bentuk ujung knalpot, dimana pada versi ABS ujung knalpot terbuat dari plastik dan berwarna biru. Sementara CBS juga sama terbuat dari matrial plastik namun warnanya hitam doff yang pekat.

Model Pijakan Kaki

Perbedaan lain yang bisa kita temui adalah pada motif pijakan kaki, pada versi ABS dibuat dengan adanya dek air yang dibuat dari bahan stainlis still anti karat dan terdapat tulsan PCX.

Sementara untuk pilihan warna, baik PCX ABS atau CBS sama-sama memiliki sesamaan warna. Terdapat 5 pilihan yakni Majestic Matte Red, Magnificent Matte Brown, Royal Matte Blue, Glorious Matte Black dan Wonder Full White.

Kedua jenis honda PCX ini juga memiliki perbedaan pada bobot kendaraan, dimana berat pcx abs 132 kg dab cbs 131 kg. Dengan kata lain hanya terpaut 1kg saja.

Nah, diatas merupakan beberapa perbedaan honda pcx abs dan cbs yang bisa kami sampaikan. Jadi selain beda harga dari segi spesifikasi pun tidak ada kesamaan. Sekian dari kami dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas